1. Mesin Jahit!


Ini adalah benda wajib pertama yang harus dimiliki untuk memulai semuanya. Kini mesin jahit menjadi lebih praktis karena menggunakan daya listrik dengan model portable yang mudah dibawa kemana-mana. Kamu bisa pilih sesuai kebutuhan menjahitmu. Untuk pemula, sebaiknya kamu pilih mesin jahit dengan beberapa pola jahitan standar.
source: http://www.lazada.co.id/singer-start-1306-putih-gratis-walking-foot-jarum-509863.html

2. Cutting Mat dan Penggaris


Cutting mat adalah alas untuk memotong bahan seperti kain dan kertas. Biasanya cutting mat ini digunakan untuk hobi crafting atau kerajinan tangan.
source: http://yubikin.com/product-detail.asp?id=186
Lengkapi dengan quilting ruler atau penggaris khusus yang memiliki ukuran yang telah disesuaikan dengan cutting mat ini. Tapi kamu juga bisa pakai penggaris biasa kok! Pilih yang agak tebal supaya memudahkan membentuk pola ya.
source: http://www.lovesewing.com/magazine/quilting-rulers/10291/

3. Perlengkapan Jahit


Benda-benda seperti jarum jahit, jarum pentul, benang, gunting kain, kapur jahit untuk membentuk pola, beragam sepatu jahit untuk mesin jahit, pengurai jahitan, dan lain sebagainya harus kamu punya sebelum memulai menjahit.
source: http://www.lipton.co.id/articles/view/benda-benda-penyelamat-darurat-di-kantor
Memang terlihat banyak dan merepotkan, tapi kamu hanya perlu membeli satu kali untuk benda yang tak habis pakai, kok. Selanjutnya hanya perlu perawatan yang baik agar tidak mudah rusak.
source: http://www.sewingmachinesplus.com/sewing-machines-singer_cg590.php

4. Setrika


Kamu butuh setrika untuk memudahkan membentuk lipatan yang rapi sebelum menjahit. Setrika dibutuhkan terutama saat kamu ingin menjahit bagian bawah rok, baju, dan semacamnya. Terkadang untuk beberapa jenis kain, tak cukup hanya dengan membentuk lipatan dengan jarum pentul saja.
source: http://seakettle.com/?p=3872

5. Wonder Clips


Wonder clips adalah klip kecil yang biasanya memang digunakan untuk keperluan jahit menjahit. Fungsinya sama seperti jarum pentul, membantumu membuat lipatan agar terlipat dengan rapi.
source: http://www.lazygirldesigns.com/notions/product-review-and-giveaway-wonder-clips-from-clover
Kelebihan wonder clips ini, kalian tidak perlu khawatir risiko tertusuk jarum saat membuat lipatan.
source: http://www.lazygirldesigns.com/notions/product-review-and-giveaway-wonder-clips-from-clover

6. Perlengkapan untuk Pola Jahitan


Untuk membuat pola jahitan kamu perlu alat tulis seperti kertas pola, pensil, gunting kertas, penggaris, cutter, dan lain sebagainya.
source: http://www.craftbymood.com/menjahit/
Jika kamu membuatnya pada kertas yang lebih tebal seperti karton, maka kamu bisa menyimpan pola jahitanmu lebih lama karena cenderung lebih awet.
source: http://commons.wikimedia.org/wiki/File:The_Shirt_System_sewing_pattern.svg

7. Lampu Meja


Benda yang satu ini memang tidak bersifat urgensi, tapi kamu akan sangat membutuhkannya. Bukan hanya dibutuhkan saat kamu menjahit di malam hari, namun lampu meja membantumu melihat lebih jelas untuk beberapa bagian detil yang perlu dijahit atau membantumu melihat jahitan pada kain yang berwarna gelap.
source: http://www.qualitysewing.com/stella-led-sewing-craft-desk-light.html

8. Berbagai Macam Kain


Kain adalah bahan utama yang kalian butuhkan. Terdapat berbagai macam jenis kain yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Untuk pemula, biasanya kamu butuh kain seperti katun yang mudah dibentuk dan dijahit. Sebelum memilih kain, tentukan apa yang ingin kamu buat dulu, ya.
source: http://id.aliexpress.com/w/wholesale-blue-drop-cloth.html
Sudah punya semua? Kalau sudah, berarti kamu sudah siap untuk mulai menjahit!