1. Pilih Sepatu yang Nyaman

Sepatu menjadi hal utama yang harus kamu perhatikan. Kenyamanan sepatu akan mempengaruhi gerakan saat berlari seperti dari segi bentuk dan pastikan sepatu ringan saat digunakan. Pilih juga jenis sepatu olahraga untuk berlari yang sesuai dengan ukuran kaki. Bila ukurannya terlalu sempit ataupun terlalu besar justru membuatmu tidak nyaman saat berlari. Ingat kenyamanan sangat mempengaruhi saat berlari jadi bukan sekedar modelnya yang bagus ya.
 

source: http://www.shoebuy.com/

2. Minum Air Putih Secukupnya

Pakar fisiologi olahraga menyebutkan bahwa sebaiknya minum secukupnya atau secara bertahap. Tidak sekaligus banyak saat olahraga untuk menghindari dehidrasi ataupun overdehidrasi. Minum air putih dapat menghindari dehidrasi saat berlari. Ion-ion tubuh kita akan mudah tergantikan dengan air putih. Namun, sebaiknya hindari minum air putih dalam jumlah banyak mendekati waktu jogging. Hindari juga mengonsumsi teh, kopi atupun minuman bersoda untuk mencegah tubuh semakin kehausan.
 

source: http://my.lumitylife.com/category/nutrition/
baca juga

3. Pemanasan

Pemanasan sebelum jogging sangat penting dilakukan untuk meningkatkan denyut jantung. Dengan begitu tubuh akan mulai terkondisi dengan baik dan tidak terkejut saat melakukan gerakan yang berat. Kamu bisa melakukan pemanasan dengan berjalan perlahan ataupun jalan cepat. Setelah jogging kemudian lanjutkan dengan melakukan pendinginan untuk menurunkan detak jantung dan tekanan darah secara bertahap. Sama halnya dengan olahraga lain yang harus dimulai dengan pemanasan terlebih dahulu. 
 

source: http://infoklasika.print.kompas.com/pentingnya-melakukan-pemanasan-sebelum-berolahraga/

4. Mulai Perlahan

Bila kamu baru pertama kali melakukan jogging sebaiknya lakukan secara perlahan dan tidak terburu-buru dengan melakukan lari secara cepat. Hal ini untik membiasakan tubuh terkondisi dengan baik dan tidak terkejut. Mulailah dengan jarak pendek terlebih dahulu misalnya 100 meter. Kemudian seiring berjalannya waktu jarak tempuh bisa ditambah. Bila tubuh sudah mulai kelelahan sebaiknya tak perlu dipaksakan. Berhenti sejenak atau bisa melakukan jalan santai.
 

source: http://wtmx.com/healthy-with-hart/
baca juga

5. Konsumsi Makanan Sehat

Pastikan kamu juga mengonsumsi makanan sehat karena olahraga saja tidak cukup untuk mendapatkan tubuh bugar setiap hari. Imbangi juga dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi seperti buah dan sayuran. Saat jogging tubuh bekerja lebih keras sehingga tubuh juga membutuhkan asupan makanan yang baik. Hindari makanan berlemak tinggi seperti junk food maupun makanan olahan.
 

source: http://www.vemale.com/topik/diet-dan-fitness/28871-kebiasaan-kebiasaan-baik-ketika-makan.html

6. Kombinasikan dengan Latihan olahraga Lain

Lari dalam waktu konstan memang tidak mudah bagi pemula. Kendala yang sering terjadi biasanya mudah sekali bosan. Kamu bisa mengimbangi jogging dengan latihan lain seperti bersepeda ataupun jalan santai. Lakukan secara berselang-seling agar tidak mudah bosan. 
 

source: http://www.vemale.com/topik/perawatan-tubuh/63932-cara-membentuk-tubuh-dengan-bersepeda.html

Tak perlu menyediakan banyak waktu untuk jogging. Faktanya sekecil apapun bentuk olahraga yang kita lakukan tentunya akan mendorong untuk mempertahankan dan menambah waktu untuk berolahraga. Bila kamu melakukan jogging secara taratur selama 20 menit lebih bermanfaat daripada olahraga dalam waktu lama namun tidak teratur.