1. Mengurangi Intensitas Cahaya Monitor


Jika kecerahan layar monitor terlalu tinggi, maka radiasi gelombang elektromagnetik yang dihasilkan akan semakin tinggi dan tentunya hal ini tidak baik untuk kesehatan mata.
source: http://www.inside.com.tw/2014/12/24/why-programmers-work-at-night
Jadi, aturlah tingkat kecerahan senyaman mungkin untuk mata Minasan.
source: http://www.wa-toolkit.info/wa13118E.asp

2. Menggunakan Kacamata Anti Radiasi


Gunakanlah kacamata anti radiasi untuk mengurangi paparan intensitas cahaya monitor yang masuk ke mata.
source: http://www.offerany.com/p-15770475927-Unisex-models-anti-radiation-radiation-glasses-computer-mirror-plain-glass-spectacles-anti-fatigue-goggles.html

3. Atur Jarak Pandang terhadap Layar


Jangan meletakkan layar monitor terlalu dekat dengan mata, aturlah jarak pandang minimal 45 cm.
source: http://ciricara.com/2012/10/17/ciricara-cara-aman-berada-di-depan-monitor/

4. Mengalihkan Pandangan


Alihkan pandangan ke benda yang berada jauh dari mata Minasan atau melihat pemandangan di luar. Hal ini untuk mengistirahatkan otot mata yang tegang.
source: http://blogs.rochester.edu/thegreendandelion/2010/10/daylight-harvesting-to-the-rescue-how-to-save-energy-and-increase-office-productivity/

5. Konsumsi Buah dan Sayur


Makanlah buah dan sayur setiap hari untuk menjaga kesehatan mata, terutama tomat dan wortel.
source: http://www.buyfruit.com.au/cherry-tomatoes
Wortel memiliki kandungan vitamin A yang sangat kaya sehingga baik untuk menjaga kesehatan Minasan. Minasan dapat mengkonsumsinya secara langsung maupun dalam bentuk jus.
source: http://hydro-veggies.net/2013/07/30/carrot-juice-smoothie/

6. Istirahat yang Cukup


Manfaatkan waktu istirahat di rumah sebaik mungkin. Berusahalah untuk tidak kembali menatap layar komputer ketika sudah berada di rumah. Jika tidak, hal ini akan membuat mata Minasan bekerja lebih keras.
source: http://www.fitbie.com/2013/09/27/health-headlines
Tidurlah dalam keadaan ruangan yang gelap untuk membantu mata beristirahat secara maksimal.
source: http://www.urbanewomen.com/not-sleeping-well-at-night-here-are-7-tips-to-help-you-sleep-soundly-tonight-guaranteed.html