Banyak brand kecantikan yang berlomba-lomba menciptakan produk berbahan natural yang ramah lingkungan. Keunggulannya menggunakan bahan alami yang tentunya tidak berdampak buruk pada lingkungan. Selain itu, mereka juga tidak mengujikan produk tersebut terhadap hewan atau no animal testing. Beberapa produk juga akan menyertakan dimana dan bagaimana bahan-bahan tersebut didapat serta memiliki sertifikasi organik pada kemasan. Dari sisi packaging beberapa produk bahkan sudah mengganti plastik dengan kemasan yang lebih ramah lingkungan seperti kayu atau kertas bahkan tanpa packaging sama sekali. Berikut beberapa pilihan produk yang bisa kamu coba. 

1. The Body Shop Nutriganics Smoothing Day Cream

Salah satu produk perawatan kecantikan The Body Shop memang sudah lama menggunakan bahan alami dan melakukan kampanye against animal testing sejak pertama kali diluncurkan. Produk kecantikan yang juga menjadi pelopor produk kosmetik dan perawatan tubuh alami ini juga mendukung perdagangan yang mendukung komunitas petani dan gerakan penyelamat bumi. Salah satu produk yang bisa kamu coba yaitu Nutriganics Smoothing Day Cream. Produk pelembab wajah ini memiliki tekstur lembut sehingga mudah menyerap di kulit. Kandungannya dapat menghilangkan garis halus dan meningkatkan elastisitas kulit. Krim ini juga mampu melindungi wajah kamu dari sinar matahari. 
 

source: https://www.makeupalley.com/product/showreview.asp/ItemId=139222/Nutriganics-Smoothing-Day-Cream/The-Body-Shop/Moisturizers
baca juga

2. L’occitane Angelica Face Shop

Sama halnya dengan The Body Shop, Brand asal Perancis ini mengandalkan bahan alami ramah lingkungan serta tidak menggunakan paraben. Mencari pembersih wajah yang lembut kamu bisa mencoba Angelica Face Shop. L'Occitane memilih angelica yang berkhasiat untuk proses penyembuhan. Kandungannya diperkaya dengan glycerin yang bisa menjaga keseimbangan alami kulit. Selain itu, dapat membantu melembabkan sekaligus menyegarkan kulit karena dilengkapi dengan angelica esensial oil dan air angelica organik. 
 

source: http://id.loccitane.com/angelica-face-soap,41,2,14378,426353.htm

3. Wangsa Jelita Lotion Green Tea

Produk lokal yang satu ini memang banyak mengandalkan bahan-bahan alami yang juga concern terhadap Community Fair Trade. Wangsa Jelita meluncurkan lotion mengandung green tea yang cocok digunakan untuk kulit normal cenderung kering. Mengandung antioksidan yang juga bisa untuk menghidrasi kulit. Bila kamu menyukai aroma green tea, lotion ini bisa menjadi pilihan menarik karena aroma green teanya sangat terasa namun tetap lembut di kulit. Kemasannya didesain agar lebih mudah dibawa kemana saja. Teksturnya juga cepat menyerap pada kulit. 
 

source: http://www.wangsajelita.com/id/product/body-lotion/green-tea-lotion
baca juga

4. Avalon Organics Daily Moisturizer

Avalon Natural Produk ini juga telah mendapat sertifikat organik. Avalon Organics Daily Moisturizer merupakan pelembab yang mengandung lavender. Kandungannya dapat membuat wajah lebih cerah berseri dan membuatnya lebih lembab. Produk asal Amerika ini cocok digunakan untuk kamu memiliki kulit sensitif karena memiliki kandungan yang aman digunakan untuk kulit. 
 

source: http://www.biggreensmile.com/products/avalon-organics-brilliant-balance-daily-moisturiser/aolavmoist.aspx?productid=aolavmoist

5. Nu Skin Epoch Glacial Marine Mud

Epoch Glacial Marine menggunakan bahan lumpur untuk masker wajah. Khasiat lumpur sendiri diklaim dapat membuat wajah tampak lebih halus, lembut dan meratakan rona wajah. Sedangkan kandungan marine dapat membersihkan wajah sampai ke pori-pori terdalam. Meskipun harganya tergolong mahal namun hasilnya mampu mangurangi produksi minyak yang berlebihan pada wajah karena memiliki kandungan oil control yang baik. 
 

source: https://www.amazon.co.uk/Skin-Epoch-Glacial-Marine-Mud/dp/B003XPXIHQ

6. Davines Love Smoothing Shampoo for Hars & Frizzy Hair

Punya rambut susah diatur dan kusam coba gunakan Davines Love Smoothing Shampo. Cocok digunakan terutama setelah smoothing sehingga membuat rambut lurus lebih tahan lama. Kandungannya diperkaya dengan bahan alami aktif seperti olive ampohiacetate, olive oil peg-7 ester, rice proteins serta formula anti aging. Kemasannya juga terbuat dari grade plastic tertentu yang juga ramah lingkungan. 
 

source: https://beauty-andthe-brain.com/category/educational/page/2/

Kosmetik ramah lingkungan memang bisa menjadi pilihan menarik yang patut kamu pertimbangkan. Namun, banyak juga produk kosmetik yang memanfaatkan kesempatan dengan hanya menyertakan label namun tidak disertai dengan kandungan yang tepat. Sebaiknya, cari tahu terlebih dahulu komposisi bahan yang terdapat dalam produk kecantikan tersebut sebelum membeli agar tidak terjebak pada produk yang salah ya.