Serba Serbi Sulam Alis

Beberapa tahun ini, sulam alis menjadi salah satu trend kecantikan yang digemari para wanita. Sulam alis menawarkan kemudahan, karena alis kamu akan digambar dengan menggunakan pena yang ujungnya berbentuk silet kecil dan bertinta. Tinta bersifat permanen selama beberapa tahun dan kamu tidak perlu lagi untuk menggambar alis setiap kali berdandan. 

Lalu apa bedanya sulam alis dengan tatto alis?
  • Tatto alis :
  1. Bulu alis dicukur habis 
  2. Tinta menembus ke lapisan kulit ke 4
  3. Bentuk yang dihasilkan kaku, karena menggunakan teknik blocking ( seperti mewarnai gambar dengan menggunakan crayon)
  4. menggunakan jarum runcing (mesin bermotor)
  • Sulam alis :
  1. Bulu alis tidak dicukur habis, namun hanya di rapihkan saja sesuai bentuk yang diinginkan
  2. Warna bersifat semi permanen
  3. Tinta menembus lapisan ke 2 kulit
  4. Bentuk yang dihasilkan natural seperti bulu alis, bulu di gambar satu persatu hingga sesuai dengan bentuk alis yang diinginkan. 
  5. Menggunakan pena dengan ujung seperti silet yang di goreskan pada alis
source: http://halosehat.com/gaya-hidup/gaya-hidup-buruk/10-efek-samping-sulam-alis-yang-mematikan

Proses yang Menyakitkan

Penggambaran dilakukan dengan membuat sayatan tipis dengan menggunakan pen dengan ujung pisau kecil yang sudah diolesi tinta. Dalam standart melakukan sulam alis, memang akan di berikan anestesi untuk memberikan rasa kebal  pemberian krim anestesi juga harus dilakukan oleh profesional yang sudah mendapatkan pelatihan sebelumnya tentang pengetahuan anestesi.

Meskipun sudah diberi krim anestesi namun pada beberapa orang, tetap dapat merasakan sakit. Nah! kebayang kan apa jadinya kalau kamu melakukan sulam alis sembarangan? Mungkin saja krim anestesi yang diberikan tidak cukup untuk membuat kulit kamu kebal atau bahkan kamu tidak diberikan krim anestesi sama sekali. Sebaiknya proses sulam alis jangan dilakukan saat kamu sedang mengalami menstruasi karena kulit menjadi sangat sensitif.
 
source: http://www.agnesoryza.com/2013/05/sulam-alis-by-brow-studio.html
baca juga

Merusak Kulit Epidermis

Seperti yang telah dijelaskan, tinta pada sulam alis menembus lapisan ke 2 pada kulit, memang tidak separah tatto yang menembus lapisan ke 4 kulit, tapi tetap saja ada benda asing yang masuk ke dalam pori-pori kulit. 

Sulam alis menggunakan pen yang pada ujungnya terdapat pisau kecil dari logam, dengan proses sulam alis yang menggambar dengan membuat sayatan/goresan pada kulit yang dapat merusak lapiran epidermis kulit. Efek samping lain yang timbul adalah sayatan yang di lakukan beresiko merusak saraf kulit sehingga menyebabkan peredaran darah menjadi tidak lancar. 
 

source: http://www.purecollagen.co.id/about-pure-collagen

Pertumbuhan Rambut Menjadi Alis Terganggu

Lapisan epidermis kulit yang terluka akibat sayatan jarum sulam akan mempengaruhi kondisi rambut alis & akarnya. Lama-lama rambut alis akan rontok, meskipun tidak menjadikan alis kamu menjadi botak, namun pertumbuhan rambut alis akan terganggu. Rambut alis tidak akan tumbuh subur seperti sebelum melakukan treatment sulam alis. 

source: http://www.gadis.co.id/cantik/two+tone+eyebrows
baca juga

Bisa Menyebabkan Iritasi pada Kulit Sensitif

Kamu yang memiliki kulit sensitif tidak disarankan melakukan treatment sulam alis. Kulit sensitif bisanya akan mudah bereaksi terhadap luka goresan & benda asing yang masuk ke dalam lapisan kulit. Reaksi iritasi berbeda-beda pada setiap orang, pada umumnya akna muncul bercak merah pada daerah yang di sulam, bengkak, rasa panas & perih. 

Tinta yang baik pada sulam alis adalah yang berasal dari sari tumbuhan, kenali keadaan kulit kamu apakah termasuk kulit sensitif atau kulit normal & tanyakan jenis tinta apa yang digunakan oleh jasa penyulam alis kamu. Konsultasikan kepada jasa penyulam alis & beritahu jika kamu memiliki kondisi kulit sensitif untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. 

source: http://www.caracantikalami.web.id/11-efek-bahaya-mematikan-sulam-alis-dr-oz-bag-2.html

Ketergantungan Pada Sulam Alis

Biasanya tinta sulam alis akan bertahan 1-3 tahun, setelahnya alis akan memudar. Bulu alis yang sudah di sulam tidak akan tumbuh normal seperti sedia kala karena ada kerusakan pada lapisan epidermis kulit.

Warna alis yang memudar membuat wanita tidak percaya diri dan melakukan sulam alis lagi. Hal ini akan terjadi berulang-ulang dan pada akhirnya timbunan zat kimia pada alis kamu akan semakin banyak. Sampai saat ini belum diketahui apa efek samping dari menggunakan tinta sulam alis dalam jangka panjang.
 

source: http://fonitongegonoton.blogspot.co.id/2015/04/blog-post_567.html