Yuk, Biasakan Pola Makan Bersih Mulai dari Sekarang!

"You are what you eat" sudah menjadi kata-kata yang lazim didengar. Namun, untuk eksekusinya nampaknya memang cukup sulit untuk diaplikasikan ke dalam kehidupan. Apalagi kalau sudah menyangkut perubahan pola makan. Wah, tidak sedikit yang menyerah deh. Padahal, pola makan yang bersih tidak hanya berpengaruh bagi kesehatan tubuh, namun juga untuk kecantikan kulit kita lho. 

Lalu, apa sih pola makan yang bersih itu?

Pola makan bersih yang dimaksud di sini adalah, menjaga keseimbangan asupan buah dan sayuran di dalam tubuh. Dengan membiasakan konsumsi buah dan sayuran yang cukup setiap harinya, rasanya kamu tidak perlu mengeluarkan uang yang lebih banyak lagi untuk produk perawatan kulit cerah. Karena, selain bisa membersihkan tubuh dari zat-zat yang tidak diperlukan dalam tubuh, buah dan sayuran juga sangat ampuh untuk membersihkan kulitmu lho!

Nah, kali ini Beautynesia punya tips simple yang sangat mudah untuk dilakukan bagi para Beautynesian yang memiliki kulit kusam. Tidak perlu merubah pola makanmu secara berlebihan, kamu cukup mengonsumsi buah atau sayuran berikut ini setiap harinya. 
 

LEMON


 

source: http://drmeelainling.com/lemon-juice-acidic-alkaline-or-both/

Mengkonsumsi perasan lemon yang dicampur dengan air putih secara rutin setiap malam bisa membantu mempercepat proses pencerahan kulit. Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon akan membantu mencerahkan sekaligus meratakan warna kulit dari dalam. Caranya, cukup dengan memeras setengah buah lemon dan mencampurkannya dengan air ke dalam satu porsi gelas kecil saja. Lalu kamu bisa mengonsumsinya sebelum tidur. 
 

JERUK


 
source: http://www.tabletmag.com/scroll/200001/the-orange-a-symbol-of-inclusivity-belongs-on-the-seder-plate

Jika kamu merasa lemon terlalu asam atau tidak cocok dengan lambungmu, kamu bisa mengonsumsi sumber vitamin C alami lain dengan versi yang lebih manis seperti buah jeruk. Konsumsilah buah jeruk setiap hari, baik sebagai asupan buah harian maupun sebagai snack. Psst! Konsumsi jeruk juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan membuatmu semakin aktif di dalam setiap aktivitasmu lho.
 

TOMAT


 

source: http://food.detik.com/read/2016/01/03/121511/3109511/297/jus-tomat-dan-mint-bisa-jadi-toner-alami-untuk-kulit-berminyak

Tahukah kamu bahwa tomat merupakan strong bleaching agent yang bisa mengembalikan warna kulit yang gosong karena paparan sinar matahari? Yup, kandungan vitamin C yang tinggi pada tomat mampu mencerahkan sekaligus menghaluskan kulit. Selain dijadikan jus, kamu juga bisa mengonsusmi tomat dengan cara lain. Seperti misalnya memotong dadu tomat dan mencampurkannya dengan sedikit gula, lalu diamkan di dalam kulkas selama beberapa menit untuk memberikan efek segar ketika dikonsumsi.
 

KETIMUN


 

source: http://www.womenshealth.co.id/article/ketimun--khasiatnya-setara-dengan-energy-drink

Ketimun? Yup, ketimun. Siapa yang menyangka kalau ternyata ketimun bisa dimanfaatkan untuk merawat kulit cerah? Ternyata, ketimun mengandung cooling property yang bisa mengikat collagen pada lapisan kulit dalam. Dengan terjaganya collagen, maka kekencangan serta kecerahan warna kullitmu pun akan lebih terjaga. Selain itu, kandungan air yang sangat tinggi pada ketimun juga mampu menghidrasi kulit sehingga kulit menjadi halus dan terbebas dari dehidrasi.