Spons

Spons ini biasanya digunakan untuk menge-blend foundation ataupun concealer agar kita tidak mengaplikasikannya secara langsung dengan tangan, karena tangan dapat menjadi media transfer bakteri. Namun, tidak menutup kemungkinan spons ini juga dapat menjadi sarang bakteri jika terlalu lama digunakan.

source: http://www.whitewithstyle.com/product-p/3blend.htm

Bakteri yang mengendap dari produk kosmetik jika tidak dibersihkan dapat menyebabkan masalah kulit pada wajah. Untuk itu, ganti spons makeup setiap satu bulan sekali. Selain itu, untuk menjaga kebersihan spons ini sendiri kamu juga harus rajin membersihkannya dengan cairan khusus, ya!

Sisir

Tak hanya wajah, alat yang digunakan pada rambut pun juga harus diperhatikan masa kadaluarsanya. Tanpa kita sadari saat kita menyisir rambut, kuman tak kasat mata dari rambut akan menempel di sela-sela sisir dan semakin lama semakin terakumulasi. Jika tidak sering dibersihkan, sisir akan menjadi bumerang bagi rambut sehatmu karena kuman pada sisir akan menempel di kulit kepala sehingga menyebabkan gatal bahkan ketombe.

source: http://www.newstube24.com/4-natural-ways-stop-hair-loss/

Terlebih, jika kotoran pada sela sisir sudah mulai susah untuk dibersihkan maka sebaiknya kamu segera mengganti sisirmu. Gantilah sisir setiap 3 tahun sekali dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan rambut agar tidak lepek, karena rambut yang lepek membuat sisir lebih rentan kotor.

Kuas Makeup

Tak hanya spons, kuas makeup juga bisa menajdi media penyebaran kuman dan bakteri, lho! Bersihkan kuas 2 minggu sekali dengan sabun batangan yang melembapkan dan di air yang mengalir. Selain itu, jika bulu kuas mulai rontok sebaiknya segera ganti dengan yang baru. Tak hanya menjadi sarang kuman dan bakteri, kaus yang sudah terlalu lama digunakan akan mengurangi kualitasnya sehingga pemakain makeup menjadi tidak maksimal.
source: http://makeup.vidalondon.net/makeup-brushes/

Flat Iron

Apakah kamu salah satu yang suka memakai alat catok ini? Flat iron memiliki lapisan pelindung khusus untuk melindungi rambutmu agar panas dari alat tidak langsung mengenai rambutmu. Namun, semakin lama lapisan ini akan semakin menipis sehingga tidak mampu lagi menahan panas yang dari alat. Jika sudah seperti ini, sebaiknya segera diganti karena jika tidak maka justru dapat menyebabkan kerusakan pada rambutmu.

source: http://hair.stylizr.com/flat-iron-hair-how-to/

Sebaiknya ganti alat catokmu setelah 4 tahun. Jangan lupa juga untuk memilih yang berkualitas, ya!