Yogyakarta, Surga Spa yang Sudah Terkenal Hingga ke Mancanegara

source: https://www.pegipegi.com/hotel/jogja/the_atrium_hotel_and_resort_yogyakarta_961796/

Tempat tujuan wisata terkenal di Yogyakarta kini bukan lagi hanya terbatas pada Malioboro, Keraton, Candi Prambanan, atau pun Candi Borobudur, namun juga pada wisata spa nya. Ya, sejak bulan Januari 2012 silam, Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta memang sudah mulai mengampanyekan Yogyakarta sebagai kota wisata spa. Tidak heran memang, apalagi jika melihat potensi sumber daya manusia dan juga fasilitas yang begitu memadai di Yogyakarta. 

Nah, jika kamu berkunjung ke Yogyakarta, kini hampir selurh hotel berbintang yang ada di sana sudah memiliki fasilitas spa profesional sehingga kamu bisa liburan sambil berelaksasi dan mempercantik kulit tubuhmu. 

Rekomendasi tempat: Kirana Health Club dan Sekar Arum Spa, Hotel Grand Aston, Hotel All Season, Hotel Jayakarta, The Cangkringan Jogja Villas & Spa. 

Lombok, Tempat Spa dengan Pemandangan Pantai yang Indah

source: http://www.cocotinos-sekotong.com/facilities/laleina-spa/

Rekomendasi lokasi kedua yang patut kamu kunjungi adalah Lombok. Yap, siapa sih yang tidak mengenali keindahan pantai-pantai di Lombok? Demi meningkatkan potensi wisata pantai di pulau eksotis ini, banyak resort atau hotel yang juga menyediakan fasilitas spa. Yang keren dari spa di Lombok adalah kamu bisa sekaligus menikmati keindahan alam pantainya. Wow, sungguh pengalaman yang menakjubkan bukan? 

Rekomendasi tempat: Birumeno Beach Bungalow, Gili Air Lagoon Resort, Hotal Vila Ombak, Jeeva Klui Resort.
 

baca juga

Sumatera, Pulau yang Kaya Akan Spa Tradisional Unik

source: http://www.pasbana.com/2016/06/batangeh-great-of-minangkabau-spa.html

Indonesia memang sangat kaya akan keunikan budayanya, termasuk spa. Di Sumatera, metode spa yang paling terkenal diantaranya adalah "Oukup" dari Sumatera Utara dan "Batangeh" dari Minangkabau. Oukup adalah metode spa dengan cara penguapan dan pengasapan dengan uap dari rebusan air rempah. Oukup bermanfaat untuk menurunkan panas badan atau demam, meredakan sakit kepala, serta mengeluarkan toksin dari dalam tubuh. Sementara batangeh atau bertangas, adalah metode spa dengan cara mandi uap. Fungsinya adalah untuk perawatan kulit sekaligus pengobatan penyakit yang ada di dalam tubuh. Kamu bisa mencoba metode spa ini di gerai-gerai spa yang ada di seluruh pulau Sumatera.


Nah Ladies, itu tadi tiga rekomendasi tempat wisata yang bisa kamu coba menjelang akhir tahun ini. Yuk, nikmati liburan akhir tahunmu dengan perawatan spa tradisional Indonesia yang tidak hanya memberikan manfaat refreshing, tetapi juga mempercantik kulitmu. Selamat merencanakan liburanmu!