1. Teh Hijau

Selama ini kamu pastinya sudah banyak mendengar tentang khasiat teh hijau yang banyak dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional. Teh ini mengandung antioksidan kuat, epigallocatechin-3-gallate atau ECGC yang bersifat anti inflamasi dan anti bakteri. Kandungan zat tersebut yang membantu sistem tubuh tetap bersih dan juga berfungsi sebagai detoksifikasi. Selain itu kandungan tersebut juga berperan dalam mengatasi masalah peradangan jerawat. Namun, kamu disarankan mengonsumsi teh hijau satu cangkir saja dalam sehari ya.

source: http://hariansehat.com/manfaat-dan-khasiat-teh-hijau-untuk-kesehatan-tubuh/

2. Minyak Zaitun

Sama halnya dengan teh hijau minyak zaitun dikenal baik untuk mengatasi permasalahan kulit. Banyak produk kosmetik yang juga mengandalkan khasiat minyak zaitun sebagai bahan baku atau digunakan langsung. Minyak zaitun mengandung antioksidan seperti polifenol yang bisa membersihkan racun dari dalam tubuh. Coba konsumsi minyak zaitun sebagai dressing untuk salad sayuran. 
 

source: http://www.minyakzaitunasli.com/2015/06/keutamaan-minyak-zaitun-dari-segi-medis.html

3. Mentimun

Sayuran yang satu ini dikenal memiliki kandungan air tinggi yang baik untuk mengatasi jerawat. Kandungan air inilah yang bisa membuang racun-racun terutama yang menyumbat di pori-pori. Timun juga memiliki sifat astrigen yang dapat menyejukkan kulit. Kandungan airnya juga efektif meredakan iritasi dan kemerahan pada jerawat. Jangan lupa untuk menambahkan mentimun dalam menu lalapanmu ya.  
 

source: http://www.medicalnewstoday.com/articles/283006.php

4. Salmon

Salmon memiliki banyak khasiat penting pada tubuh. Salmon kaya akan omega 3 yang juga mampu membantu menghilangkan jerawat. Selain itu diperkaya juga dengan protein yang dapat memproduksi kolagen sehingga membantu mengurangi penuaan. Mengonsumsi ikan salmon dapat memenuhi kebutuhan vitamin D yang baik untuk otak, kesehatan jantung dan tulang. 
 

source: http://gizmodo.com/you-think-you-like-salmon-because-of-a-fish-industry-li-1739196060

5. Dark Chocolate

Daripada memilih permen yang memiliki kandungan gula tinggi sebaiknya kamu memilih dark chocolate. Dark chcocolate mengandung kokoa 50-70 persen serta mengandung antioksidan. Kandungannya mampu menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh. Selain itu, lemak dan flavanol membantu membuat kulitmu jadi lebih cerah. 
 

source: http://www.fitday.com/fitness-articles/nutrition/healthy-eating/6-health-benefits-of-dark-chocolate.html

6. Sayuran Hijau

Segala jenis sayuran memang harus ada dalam setiap hidangan. Sayuran hijau memiliki kandungan vitamin A tinggi berupa beta karoten. Beta karoten ini berperan sebagai antioksidan yang membantu menghaluskan wajah sekaligus membantu mengatasi masalah jerawat. Selain dikonsumsi secara langsung kamu juga bisa membuat smoothie yang terdiri dari beberapa sayuran. 
 

source: http://www.boldsky.com/health/diet-fitness/2013/healthy-green-vegetables-diet-032657.html

7. Yoghurt

Yoghurt banyak dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan kulit yang digunakan sebagai masker wajah. Yoghurt dapat bekerja dengan cara mencegah bakteri jahat yang bisa menyebabkan jerawat. Setidaknya kamu bisa mengonsumsi yoghurt satu kali sehari. Bila ingin lebih bervariasi coba tambahkan toping seperti seperti strawberry, pisang ataupun kismis. 
 

source: http://durablehealth.net/food-nutrition/lactose-sugar-gluten-fat-gmo-free-plain-greek-yogurt-brands/

Itulah beberapa makanan yang bisa kamu coba untuk membantu mengatasi masalah jerawat. Cobalah imbangi perawatan kulit untuk mencegah jerawat baik dari dalam maupun dari luar tubuh agar hasilnya lebih maksimal. Perhatikan juga bahwa makanan yang tidak sehat juga berdampak pada kecantikan kulit. Selamat mencoba.