SK II FTE vs Secret Key STE


 
source: http://www.tiananana.com/2016/01/skincare-secret-key-ste-vs-sk-ii-fte.html


SK II Facial Treatment Essence sudah banyak dipuja-puja wanita karena formulanya yang dapat memperbaiki tekstur kulit, menghilangkan jerawat dan mencerahkan kulit. Jangan ditanya lagi berapa banyak review positif yang didapatkan SK II FTE ini, kamu bisa langsung google dan akan ada ratusan review muncul tentang produk ini. 

Bagi kamu para newbie dalam masalah skincare, SK II Facial Treatment Essence merupakan essence yang diformulasikan dari Pitera, fermentasi ragi yang menyimpan banyak manfaat baik bagi kecantikan dan kesehatan kulit. Fermentasi ragi ini dipercaya dapat memperbaiki kulit yang rusak akibat jerawat dan paparan zat lain, melindungi kulit dengan kandungan antioksidan, dan juga membuatnya lebih muda.

Nah, ternyata ada skincare dari Korea yang juga menggunakan hasil fermentasi ragi pada essence-nya. Produknya tidak lain adalah Secret Key Starting Treatment Essence yang banyak dibilang dupe dari SK II FTE karena kandungannya yang sama. Tapi menariknya, kedua produk ini memiliki perbandingan harga yang jauh, lho. Secret Key STE dibandrol dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan SK II FTE yang sangat menguras kantong. Jadi makin penasaran kan dengan perbedaan kedua essence ini? 
 

Perbandingan SK II FTE dan Secret Key STE


 

source: http://www.impiccha.com/2016/04/review-secret-key-starting-treatment.html

Kalau kamu perhatikan tabel diatas, SK II FTE dan Secret Key STE memiliki banyak perbedaan dari mulai segi harga, bahan aktif yang digunakan, sertifikasi, bahkan hingga kandungan zat berbahaya. Tapi mereka memiliki beberapa persamaan dalam hal bahan aktif. 

Similarities:
Salah satu persamaannya terletak pada kandungan essence ragi atau Galactomyces Ferment Filtrate yang terdapat dalam formulanya. Bedanya, SK II sudah mematenkan bahan aktif tersebut dengan nama Pitera. Lalu, kedua produk ini juga menggunakan bahan anti iritan yang sama yaitu Butylene Glycol. Jadi bisa dibilang kedua produk ini memiliki manfaat yang sama untuk kulit mengingat keduanya sama-sama menggunakan essence ragi sebagai bahan aktif utamanya. Selain kedua kandungan itu, SK II FTE dan Secret Key STE tidak memiliki kesamaan lainnya.

Differences: 
Let's move on to the important part. Kamu pasti notice bahwa Secret Key STE terbukti bebas dari 7 kandungan berbahaya seperti Paraben, Mineral Oil, Benzophenone, Alcohol, Animal Oil, olor, Spice sementara SK II FTE tidak. This is the highlight of the day. Ternyata produk holy grail sejuta umat SK II FTE masih mengandung turunan zat-zat berbahaya seperti paraben meskipun masih dalam batas wajar. Untuk itu, bisa dikatakan bahwa Secret Key STE lebih aman untuk digunakan dibandingkan SK II FTE.

Perbedaan kedua yang juga menarik untuk dibahas adalah sertifikasi claim yang didapatkan dari Korean Food and Drug Administration (KFDA). Secret Key sudah mendapatkan sertifikasi sebagai essence yang memiliki dua fungsi sebagai whitening dan mengatasi kerutan pada wajah. Sementara, SK II FTE belum mendapatkannya. 

Terakhir, perbedaan yang paling mencolok dan paling mendasar dari kedua produk perawatan kulit ini adalah harganya. Yes, price is everything for women. Siapa sih yang rela hati untuk mengeluarkan uang banyak? Sepertinya memang tidak ada ya. Nah kedua produk ini tapi dibandrol dengan perbandingan harga yang cukup jauh. Kalau di pasaran, produk Secret Key STE dijual dengan harga sekitar Rp300.000-an untuk ukuran 155 ml sementara SK II FTE dijual dengan harga sekitar Rp650.000-an untuk yang ukuran 75 ml. Jauh sekali ya perbedaan harganya, Beautynesian?

 

source: https://3.bp.blogspot.com/-Dq9fgM6EePo/Vv6beFyEr_I/AAAAAAAAEE4/jeLmkXojWy0Esm-cKxEisCZgBFOpE03Mw/s1600/sk-ii-fte-vs--Secret-Key-Starting-Treatment-Essence.png


Texture and Scent

Untuk masalah tekstur, kedua produk ini sama- sama memiliki tekstur liquid yang mudah menyerap pada kulit wajah. Namun untuk masalah aroma, kedua produk ini memiliki perbedaan. SK II FTE memang terkenal dengan baunya yang menyengat dan agak apek ketika digunakan. Tapi, Secret Key memiliki bau yang hampir mirip (mungkin karena kandungan fermentasi ragi) tapi lebih tolerable.


Conclusion

To wrap this battle, ini adalah kesimpulan yang Beautynesia buat untuk kamu pertimbangkan:

SK II FTE 
+ Menormalkan kulit, memperbaiki kulit, meremajakan kulit dengan kandungan fermentasi ragi
+ Bisa menenangkan kulit yang iritasi
+ Bisa menghilangkan jerawat
- Harganya lebih mahal
- Baunya tidak enak
- Masih mengandung zat berbahaya walaupun masih dalam kadar normal


Secret Key STE
+ Menormalkan kulit, memperbaiki kulit, meremajakan kulit dengan kandungan fermentasi ragi
+ Bisa menenangkan kulit yang iritasi
+ Bisa menghilangkan jerawat
+ Harga lebih terjangkau
+ Bebas dari 7 zat berbahaya
+ Memiliki bau yang lebih tolerable
-  Lebih sulit ditemukan karena belum banyak yang menjual
 

Nah itu dia review dan perbandingan dari skincare Jepang dan Korea ini. Di sini Beautynesia tidak akan memilih pemenangnya, melainkan kamu bisa memilih sendiri siapa juaranya. Produk mana menurut kamu yang worth to buy? Yuk, tinggalkan komentar kamu di bawah ini!