Spa Oukup / Martup dari Sumatera Utara

Suku Batak dan Karo sudah mengenal spa tradisional ini sejak ratusan tahun yang lalu. Spa ini telah menjadi rahasia badan langsing dan wangi wanita Tapanuli, Sibolga, dan Simalungun. Spa Oukup atau yang juga dikenal dengan spa martup mampu memperlancar peredaran darah, menghilangkan lemak, dan bau badan. Tidak hanya itu, spa Oukup juga dipercaya sebagai cara jitu untuk membersihkan tubuh setelah melahirkan. 

Spa Oukup juga ternyata dilakukan dengan cara unik, lho. Para wanita akan dibalut dengan kain ulos yang menjadi ikon suku Batak dan akan diuap seperti halnya di sauna. Uapnya ini berasal dari rebusan air dan rempah-rempah seperti sereh, akar-akaran, dan banyak rempah lainnya. Jadi Oukup menggunakan 100% bahan rempah herbal yang memiliki khasiat bagus untuk kesehatan dan kecantikan. 

Setelah selesai diuap, para wanita akan dipijat menggunakan teknik khusus dari bagian kepala, tangan, dan tubuh. Pastinya tubuh akan terasa ringan dan rileks setelah selesai dipijat dengan teknik Oukup. 
 

source: http://bisniswisata.co.id/memanjakan-tubuh-dengan-spa-martup-dari-tanah-batak-di-gaya-spa-wellness/


 

Spa Batangeh dari Minangkabau

Spa dari daerah Minangkabau ini dilakukan dengan cara penguapan setelah sebelumnya badan wanita dipijat dan dilemaskan terlebih dahulu. Uap spa Batangeh berasal dari rebusan bunga dan rempah-rempah khas Sumatera Barat seperti rimpang (akar), kulit kayu, biji-bijian yang mengandung minyak atsiri, pandan, sirih, bunga kenanga, dan gambelu. Batangeh banyak dilakukan oleh wanita yang ingin menikah untuk mendapatkan tubuh yang segar dengan aroma bunga yang harum.

source: http://www.beritasatu.com/destinasi/183216-indonesia-cetak-rekor-dunia-pijat-terapis-terbanyak.html


 

Spa Tangas dari Betawi

Apakah kamu wanita Betawi asli? Kalau gitu kamu pasti tahu tentang spa Tangas. Spa ini telah lama dilakukan oleh para calon pengantin wanita sebelum menikah sebagai salah satu ritual budaya pernikahan. Tangas diawali dengan Sembe Ta’zim atau pelenturan otot tubuh yang baru dilanjutkan oleh proses penguapan. Bahan-bahan rebusan yang digunakan untuk penguapan ini menggunakan berbagai macam rempah-rempah yang bisa membuat badan wangi dan bersih.  

source: http://dmalikahomespa.blogspot.co.id/p/kelebihan-bertangas-tangas-kering.html


 

Spa Boreh dari Bali

Treatment kecantikan asal pulau Dewata ini sudah dikenal ratusan tahun untuk mempercantk kulit dan menyehatkan tubuh. Yang membuat Boreh unik adalah metode spa yang menggunakan bahan-bahan dan rempah yang bisa meningkatkan suhu tubuh menjadi panas. Bahan-bahan tersebut antara lain Cendana, Cengkeh, Jahe, Kayu manis, Ketumbar, Kunyit, Pala, dan Tepung Beras. Bahan-bahan ini bisa memberikanmu efek panas yang efektif bagi penyembuhan penyakit seperti masuk angin, memperlancar peredaran darah, dan menghilangkan pegal-pegal.

source: http://beauty.grivy.com/h/i/104864560-ini-dia-spa-tradisional-indonesia-yang-digemari-oleh-orang-asing


 

Spa Batimung dari Banjar

Perawatan spa Batimung ini sering digunakan masyarakat Banjar sebagai perawatan sebelum menikah untuk calon pengantin pria dan wanita. Batimung dilakukan dengan cara melumurkan bedak dingin yang berasal dari campuran ketan hitam ke seluruh tubuh dan membungkusnya dengan kain tebal. Setelah itu, calon pengantin akan diuapi dengan air rebusan campuran daun jeruk purut, minyak serai, kenanga, akar wangi, bunga melati, dan pandan. Proses penguapan dilakukan dengan cara calon pengantin akan duduk di bangku yang dibawahnya telah diletakkan rebusan ramuan tradisional tersebut. 
 

source: http://www.korantangsel.com/2013/06/batimung-spa-ritual-detoks-ala-banjar.html


 

Bagaimana Beautynesian, apakah kamu tertarik untuk mencoba kelima treatment spa unik ini? Kalau kamu tertarik untuk mencobanya, kamu tidak perlu jauh-jauh menghampiri daerahnya masing-masing karena sudah banyak tempat spa di Jakarta yang menyediakan treatment-treatment ini. Selamat mencoba, Beautynesian!