1. Mata

Bagian ini memang sangat sensitif sehingga perlu hati-hati saat membersihkannya. Apalagi daerah sekitar mata memiliki jaringan kulit yang lebih tipis dari bagian kulit lainnya. Bila terlalu keras menggosoknya maka daerah sekitar mata akan mudah iritasi, memerah dan akan muncul lingakaran hitam. 
 

source: http://acuaiss.com/towelettes/

Cara membersihkan daerah mata yang benar yaitu tuangkan dua sampai tiga tetes makeup remover pada kapas. Kemudian letakkan kapas pada mata selama 20 sampai 30 detik agar makeup lunak sehingga mudah dibersihkan. Kemudian usap kapas keatas secara perlahan sampai bersih. Kamu bisa memilih makeup remover yang memiliki kandungan ringan atau yang bebas parfum dan non alkohol terutama untuk membersihkan mata. 
 

2. Wajah

Banyak wanita memilih foundation yang lebih tahan lama atau tidak mudah luntur saat berkeringat. Untuk itu kamu membutuhkan makeup remover yang memiliki konsistensi yang tepat utuk mengangkat makeup sampai bersih. Makeup remover yang berbasis minyak bisa menjadi pilihan terbaik. Tuangkan secukupnya pada telapak tangan kemudian aplikasikan pada wajah secara merata. Kemudian letakkan kain basah hangat pada wajah selama beberapa menit. Lalu angkat dan bersihkan dengan kapas. Lanjutkan proses membersihkan wajah menggunakan facial foam
 

source: https://www.pinterest.com/abbyhazelwood13/how-to-clean-your-face-properly/
baca juga

3. Pipi

Hati-hati lupa membersihkan daerah pipi setelah memakai blush on bisa menimbulkan masalah jerawat. Terutama saat memakai blush on jenis krim yang warnanya lebih pekat. Cara Membersihkannya, tuang makeup remover pada kapas kemudian usapkan secara perlahan pada daerah pipi. Lakukan gerakan memutar keatas sampai melewati bagian telinga. 

source: http://komedo.info/c/cara-menghilangkan-komedo-di-pipi.html

4. Bibir

Lipstik berwarna merah atau jenis lipstik matte terkadang masih meninggalkan bekas terutama di bagian garis bibir sehingga mudah terlihat. Untuk membersihkannya kamu bisa mengandalkan minyak zaitun. Minyak yang satu ini dapat bekerja dengan cara melarutkan minyak, makeup serta sisa kotoran yang masih tertinggal. Tuang beberapa tetes minyak zaitun pada bibir. Kemudian gosokkan secara perlahan hingga sisa lipstik terangkat. 
 

source: http://www.obatherbalkankerkelenjargetahbening.com/makanan-yang-sehat-dikonsumsi-penderita-batu-empedu/
baca juga

5. Toner

Setelah membersihkan semua makeup kemudian cuci wajah menggunakan facial foam. Kembalikan kesegaran wajah menggunakan penyegar atau toner. Toner akan berfungsi untuk menyempurnakan pembersihan wajah sehingga residu makeup yang masih tertinggal dapat terangkat sempurna. Untuk kulit berminyak kamu bisa memilih toner dengan kandungan tea tree oil. Sedangkan untuk kulit kering bisa menggunakan toner yang mengandung chamomile.
 

source: https://www.blibli.com/sensatia-botanicals-natural-chamomile-tea-facial-toner-normal-to-sensitive-skin-GRP.13878.00094.html

Sudah tahu kan cara membersihkan wajah yang benar. Jadi tidak ada alasan lagi buat kamu mengabaikan sisa makeup yang masih tertinggal di wajah. Setidaknya mulailah dengan hal yang sederhana seperti membersihkan wajah untuk merawat kecantikan kulit. Selamat mencoba.