Salah satu manfaat utama dari alpukat berasal dari tingginya asam oleat yang terkandung di dalamnya. Asam lemak tak jenuh tunggal ini dapat mempertahankan kelembaban di lapisan epidermis kulit, membuatnya lembut dan terhidarasi dengan baik.

Asam oleat atau yang bisa disebut dengan asam lemak omega-9 ini juga berperan dalam proses regenerasi sel-sel kulit yang rusak dan mengurangi kemerahan serta iritasi pada kulit. Kandungan ini juga aman bagi kulit sensitif dan dapat meredakan peradangan dengan cepat. 

source: http://weheartit.com/entry/262303332/search?context_type=search&context_user=LoveSickWildBeast&query=avocado

Selain dengan mengonsumsinya secara rutin, manfaat baik alpukat untuk kulit juga bisa kamu dapatkan dengan cara menggunakannya sebagai bahan masker. DIY mask yang berbahan dasar alpukat dinilai efektif untuk membuat kulit lebih lembut dan juga glowy. Berikut beberapa resep masker alpukat yang bisa kamu coba.

baca juga

Revitalizing

Kandungan asam laktat di sebagian besar produk olahan susu, seperti yogurt, berperan sebagai eksfoliant yang lembut, memberikan tampilan kulit yang cerah berseri tanpa menimbulkan iritasi. Sedangkan madu, berperan sebagai pelembab alami untuk membantu meningkatkan kelembapan kulit.
source: http://theeverygirl.com/at-home-avocado-honey-yogurt-face-mask

Bahan:

  • 1/2 buah alpukat
  • 1 sdm madu
  • 1 sdm plain yogurt

Tumbuk buah alpukat, tambahkan madu dan yogurt, kemudian aduk hingga halus dan merata. Aplikasikan masker ke seluruh permukaan wajah, diamkan sekitar 10-15 menit. Bersihkan masker menggunakan handuk hangat, lalu bilas menggunakan air. Kamu bisa gunakan masker ini 2-3 kali dalam seminggu.

Antibacterial

Masker satu ini direkomendasikan untuk mereka yang memiliki jenis kulit kombinasi atau berjerawat ringan. Kamu bisa dapatkan hydrating effect dari alpukat, serta antibacterial dan soothing effect dari coconut oil dan aloe vera.

Bahan:

  • 1/2 buah alpukat, ditumbuk
  • 1 sdt coconut oil
  • 1 sdt aloe vera

Campur seluruh bahan dalam mangkuk, aduk hingga tekstur lembut. Aplikasikan pada wajah dan diamkan kurang lebih selama 10 menit. Bersihkan dengan handuk hangat, lalu bilas dengan air.

baca juga

Moisturizing

Asam lemak omega-3 dan vitamin B dalam buah alpukat dapat membantu mengembalikan kelembapan kullit yang super kering. Sedangkan, buah mangga dapat membantu membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat, serta kandungan vitamin C-nya yang mampu memberikan brightening effect.

source: http://www.lamodastylist.com/blog/lets-get-beautiful-natural-face-mask

Bahan:

  • 2 sdm madu
  • 2 sdm alpukat yang telah ditumbuk
  • 2 sdm olive oil
  • 1 buah mangga, ditumbuk
Campur seluruh bahan, aduk hingga campuran memiliki tekstur yang lembut. Aplikasikan masker dan diamkan kurang lebih selama 15-20 menit. Bilas dengan air lalu keringkan wajah menggunakan handuk.

Brightening

Masker satu ini tidak hanya bisa kamu gunakan untuk wajah, tapi kamu juga bisa mengaplikasikannya sebagai scrub badan. Kandungan matcha dalam masker ini berperan sebagai antioksidan yang kuat, sedangkan madu dan alpukat memberikan kelembapan pada kulit, dan brown sugar membantu proses eksfoliasi dengan lembut.

Bahan:
1 sdt bubuk matcha
1/4 buah alpukat, ditumbuk
3 sdm brown sugar
1 sdm madu

Campur seluruh bahan ke dalam sebuah mangkuk. Aplikasikan masker secara tipis pada wajah (atau badan), gosok secara perlahan dengan gerakan memutar dan hindari area sekitar mata. Biarkan selama kurang lebih 10 menit, lalu bersihkan dengan handuk hangat.

Selamat mencoba dan say hello to glowing skin!