1. Pilih Makeup Yang Ingin Dibawa

First of all, pilih makeup dan peralatan skin care yang ingin kamu bawa. Kamu tidak perlu membawa semua alat makeup-mu karena hanya akan memenuhi tas makeup. Pilih saja produk yang paling penting dan kamu butuhkan saat berlibur. Kalau bisa, produknya memiliki travel size jadi tidak akan memakan banyak tempat. Kamu tidak perlu membawa peralatan seperti sabun, shampoo, atau conditioner karena pasti dijual di tempat tujuanmu sehingga barang bawaanmu tidak banyak.
 

source: http://carolinapage.eu/en/my-travel-makeup-kit/


 

2. Pisahkan Sesuai Jenis

Kamu bisa memisahkan produk kecantikan bawaanmu sesuai dengan jenisnya sehingga kamu bisa menemukannya dengan mudah. Misalnya kamu bisa menyimpan cream wajah, serum, toner dalam satu tas dan peralatan makeup pada tas yang lain. 

source: http://michellephan.com/quick-tip-packing-makeup-travel/


 

baca juga

3. Simpan Produk ke Dalam Botol Plastik Kecil

Kalau kamu tidak bisa menemukan travel size dari produk yang ingin kamu bawa, kamu bisa menyimpan produknya di dalam botol plastik atau jar kecil. Misalnya hairstyling cream atau moisturizer kamu yang memiliki kemasan besar bisa kamu pindahkan ke dalam jar kecil. Botol plastik dan jar kecil ini bisa dengan mudah kamu temukan di supermarket. Cara ini bisa menghemat ruang dengan sangat efektif sehingga tas kamu bisa diisi dengan barang lain.
 

source: http://www.thebellevoyage.com/2014/07/packing-beauty-products/


 

4. Letakkan Makeup Yang Paling Sering Digunakan di Dalam Carry-On Pouch

Kamu pasti memiliki makeup yang paling sering digunakan kan? Nah, kamu bisa menyimpan makeup yang selalu kamu pakai seperti suncreen, bedak, mascara, eyeliner, dan lipstick di dalam carry-on pouch yang bisa selalu kamu bawa di tas. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot membuka koper untuk mencari makeup yang ingin kamu gunakan.
source: http://lionesse.net/tips-for-packing-the-perfect-makeup-case/


 

baca juga

5. Simpan Botol Yang Mudah Pecah di Dalam Lipatan Baju

Parfum atau foundation biasanya disimpan dalam kemasan botol yang mudah pecah. Untuk itu, kamu perlu ekstra hati-hati untuk menyimpannya. Kamu bisa menyimpan barang yang mudah pecah ke dalam lipatan baju atau sneakers yang kamu bawa di koper. Trick ini bisa menjaga botol agar tidak pecah selama perjalanan. 
 

source: https://www.bustle.com/articles/113078-how-to-pack-makeup-when-traveling-with-9-simple-tips


 

6. Gunakan Ziploc Bag Untuk Menyimpan Barang Berbentuk Cair

Prevent the leaking with ziploc bag! Kamu pasti tidak mau kan menemukan isi kopermu basah karena parfum atau facial wash kamu bocor? Nah, untuk itu kamu harus menyimpan semua produk kecantikanmu yang berbentuk cair di dalam ziplock bag. Ziplock bag ini bisa mengunci cairan dan mencegahnya agar tidak bocor. Kamu bisa menemukan Ziplock bag di deparement store besar yang ada di pusat perbelanjaan. 
 
source: http://www.lahorehouse.com/product/zip-lock-bags/


 

8. Masukkan Semua Tas Berisi Peralatan Kecantikan Ke Dalam Koper

Jika kamu sudah memasukkan semua makeup dan skin care-mu di dalam ziplock bag atau makeup pouch, simpan semua makeup kecuali carry-on pouch ke dalam koper. You are now good to go! 
 

source: http://opentravel.com/explore/travel-luggage-carry-on/