source: http://olvista.com/bagaimana-menghabiskan-8-gelas-air-sehari/

Pernah mendengar anjuran bahwa kita harus minum air putih minimal 8 gelas per hari? Ternyata anjuran itu tidak hanya bertujuan untuk menghindarkan kita dari dehidrasi cairan saja loh namun juga memberikan banyak manfaat positif lain untuk tubuh kita termasuk untuk kulit wajah. Mau tahu seperti apa manfaatnya? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Melembabkan kulit

Kulit wajah yang kering bisa saja terjadi karena tubuh mengalami dehidrasi. Dengan banyak mengkonsumsi air putih setiap hari tentu akan menghindarkan tubuh dari dehidrasi sehingga kulit akan selalu lembab. Harus diakui bahwa kulit terdiri dari 64 persen air sehingga peran air terhadap kelembaban kulit sangat besar. Sebuah studi dilakukan pada tahun 2007 oleh International Journal od Cosmetics Science dan menemukan fakta bahwa dengan meminum 2,25 liter air atau setara dengan 9,5 gelas setiap harinya selama empat minggu akan meningkatkan ketebalan dan kepadatan kulit.

 

source: http://cuakep.com/4-tips-agar-kulit-tetap-lembab-selama-menjalani-puasa/
baca juga

2. Mengurangi timbulnya jerawat

Pernah mengalami kulit berjerawat secara terus menerus padahal sudah mencoba banyak produk skin care  mulai  dari produk drugstore hingga yang high end? Bisa jadi permasalahan tersebut memang terjadi karena permasalah dari dalam tubuh sehingga pengobatan dari dalam tubuh pun perlu dilakukan.
source: http://tabloidnova.com/Mode-Dan-Kecantikan/Kecantikan/Seberapa-Efektif-Manfaat-Minum-Air-Putih-Untuk-Kecantikan-Kulit
"Saya pernah menemukan pasien yang mengeluhkan masalah timbulnya jerawat ketika kulit mereka dehidrasi. Perubahan kecil memang bisa dibantu dengan memberi sabun dan produk mengandung sebum, tapi penyebab utamanya dipicu kekurangan asupan air untuk kondisi kulit," Julius Few, Direktur The Few Institute dan professor klinis bedah plastik dari Universitas of Chicago.
source: http://tabloidnova.com/Mode-Dan-Kecantikan/Kecantikan/Seberapa-Efektif-Manfaat-Minum-Air-Putih-Untuk-Kecantikan-Kulit

Air memang bisa mengontrol penurunan kadar konsentrasi minyak alami pada kulit. Air juga bisa menyeimbangkan kadar minyak alami pada permukaan kulit. Jika kulit dipenuhi minyak maka air secara relatif akan membantu mengecilkan pori-pori serta bekas jerawat dan noda pada wajah. Dengan pori - pori yang mengecil maka kotoran penyebab jerawat pun tidak akan mudah mengendap di kulit. Meskipun begitu, meminum air setiap hari tidak berarti akan membuat tampilan kulit lebih baik secara instan.

3. Mencegah penuaan dini

Banyak produk anti aging yang bisa kita gunakan untuk mencegah penuaan dini. Namun sayangnya kebanyakan produk tersebut memiliki harga yang cukup mahal. Tapi tahukah kalian bahwa air yang kita minum sehari - hari dapat membuat kita terhindar dari penuaan dini?

source: http://tabloidnova.com/Mode-Dan-Kecantikan/Kecantikan/Seberapa-Efektif-Manfaat-Minum-Air-Putih-Untuk-Kecantikan-Kulit
"Hidrasi kulit berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Tidak minum air putih bisa memicu datangnya gejala penuaan dini.", Julius Few, Direktur The Few Institute dan professor klinis bedah plastik dari Universitas of Chicago.
source: http://tabloidnova.com/Mode-Dan-Kecantikan/Kecantikan/Seberapa-Efektif-Manfaat-Minum-Air-Putih-Untuk-Kecantikan-Kulit

Kulit yang mengalami dehidrasi cenderung akan terlihat kering dan kusut. Begitu juga sebaliknya, jika kulit mendapatkan asupan cairan yang cukup maka kulit akan terlihat lebih kencang dan sehat. Selain itu, air juga dapat berfungsi untuk mengeluarkan racun dalam tubuh yang dihasilkan dari sisa metabolisme tubuh. Racun dalam tubuh perlu dikeluarkan karena dapat mengakibatkan kulit lebih mudah keriput. Itulah mengapa minum air dalam jumlah cukup setiap harinya dapat menghindarkan kulit dari penuaan dini.

baca juga
Bagus sekali bukan manfaat air putih untuk kulit wajah kita? Yuk mulai sekarang biasakan merawat kulit dari dalam tubuh terlebih dahulu sebelum kita mencoba banyak produk kosmetik yang terbuat dari bahan kimia dan memiliki harga yang cukup mahal.