Wanita Jepang Selalu Percaya Dengan Bahan dari Alam

Dalam dunia kecantikan, wanita Jepang selalu mendapatkan sorotan dalam hal kecantikan kulit. Yup, wanita Jepang memang sangat khas dengan kulit putih berserinya yang halus. Kepopulerannya bahkan membuat banyak brand produk kecantikan dari berbagai negara untuk menciptakan produk yang terinspirasi dari bahan-bahan alami yang biasa digunakan oleh wanita Jepang.

Para wanita dari negeri sakura ini memang percaya bahwa bahan-bahan unik yang terdapat di alam mampu merawat kecantikan dan kesehatan kulit mereka. Bahan-bahan alami nan unik tersebut memang kerap menjadi tradisi yang digunakan oleh para wanita di Jepang sejak jaman dahulu, bahkan sejak sebelum kemunculan brand produk kosmetik seperti sekarang ini, lho! Lalu apa saja sih bahan alam yang menjadi tradisi para wanita di jepang ini?
 

1. Wakame Kelp

source: http://thescienceofeating.com/vegetables/seaweed-kelp/

Wakame kelp merupakan sejenis tumbuhan laut atau ganggang yang banyak ditemukan di perairan Jepang. Wakame kelp dipercaya mampu melindungi kulit dari sinar UV dan juga polusi. Selain itu, tumbuhan laut ini juga seringkali digunakan wanita Jepang untuk menghilangkan dark circle pada mata.

 

2. Azuki

source: http://www.stylecraze.com/articles/best-kept-japanese-beauty-secrets/
Azuki atau kacang merah merupakan salah satu bahan makanan yang paling erat dengan budaya Jepang. Namun tidak hanya digunakan sebagai bahan makanan, azuki ini juga kerap digunakan oleh para wanita Jepang sebagai lulur wajah. Mereka menggunakannya dengan cara menghaluskannya terlebih dahulu, barulah kemudian memijatkannya ke wajah mereka. Azuki ini dipercaya dapat menghaluskan wajah dan menghilangkan blemish pada wajah.

 

3. Komenuka Rice Bran

source: http://dir.indiamart.com/impcat/rice-bran.html?biz=20
Komenuka atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai bekatul merupakan salah satu bahan yang populer digunakan wanita Jepang untuk perawatan kulit mereka. Komenuka atau bekatul dari Jepang ini memang diakui mengandung nutrisi yang baik untuk kulit, salah satunya adalah antioksidan. Wanita jepang menggunakan komenuka untuk menghilangkan dark circle di bawah mata serta mendapatkan kulit wajah yang flawless.

 

4. Ikan

source: https://shizuokagourmet.com/2012/04/28/japanese-fish-species-13-mackerel-saba-%E9%AF%96/

Orang Jepang memang terkenal sangat menggemari makanan yang berasal dari laut, salah satunya ikan. Kegemaran mereka mengonsumsi ikan pun ternyata juga turut berpengaruh untuk kulit cerah mereka, lho. Selain baik untuk otak, kandungan omega 3 yang tinggi pada ikan dapat membuat kulit sehat dan cerah. Yuk, jangan malas makan ikan!

 

5. Minyak Alami

source: http://life.viva.co.id/news/read/434066-enam-manfaat-tersembunyi-minyak-wijen

Wanita di Jepang suka menggunakan minyak alami untuk mencuci dan membersihkan wajah mereka. Di dalam kandungan minyak alami biasanya terdapat antibakteri alami yang mampu membunuh kuman dan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, minyak alami juga ampuh untuk melembabkan kulit. Minyak alami ini bisa berupa minyak kelapa, minyak zaitun, minyak alpukat, dan sebagainya.

 

6. Herbs

source: http://www.nutritious-food.com/culinary-herbs/

Herbs atau daun-daunan juga kerap menjadi bahan makanan favorit perempuan Jepang, lho! Yup, tidak hanya orang Sunda saja ternyata yang suka mengkonsumsi daun-daunan sebagai lalapan, tapi orang Jepang juga. Pantas saja ya orang Sunda memiliki kulit cerah dan halus seperti orang Jepang. 

 

7. Vitamin C

source: http://www.newkidscenter.com/Vitamin-C-And-Pregnancy.html

Perempuan Jepang selalu menyempatkan diri untuk memenuhi kebutuhan vitamin C melalui pola makan mereka, baik itu makanan berupa buah-buahan atau minuman dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Ini lah yang menjadi rahasia kulit cerah mereka. Selain itu, vitamin C juga membantu menghilangkan bercak hitam meratakan warna kulit. 

 

8. Teh Hijau

source: http://www.lifehack.org/389778/is-drinking-green-tea-an-effective-way-for-weight-loss
Minum teh hijau sudah merupakan budaya yang dilakukan oleh orang Jepang setiap harinya. Tidak heran jika setiap restaurant Jepang yang kamu kunjungi pasti selalu menyediakan pilihan teh hijau pada menu minumannya. Teh yang melalui proses oksidasi enzimatis ini mampu memperlambat proses penuaan kulit, sehingga kulit selalu tampak muda dan kencang. 

 

9. Rumput Laut

source: https://www.youtube.com/watch?v=EWK0AIPrVSc

Bicara soal makanan laut dan Jepang memang tidak ada habisnya! Siapa yang tidak kenal nori? rumput laut kering olahan yang dipopulerkan oleh Jepang. Orang Jepang memang suka sekali menambahkan nori atau bahan rumput laut lainnya ke dalam makanan mereka. Dan ternyata, inilah yang membuat kulit mereka tampak bersih dan berpori-pori kecil. 

 

10. Kotoran Burung

source: http://plaza.rakuten.co.jp/greenfesta06/18001/

Kotoran burung? Yup, tidak salah lagi, perempuan Jepang percaya kalau kotoran burung bisa bermanfaat untuk kulit. Kotoran burung yang digunakan adalah kotoran dari uguisu, burung berukuran kecil yang lebih sering terdengar suaranya daripada penampakannya di udara. Kotoran uguisu ini biasanya digunakan dalam bentuk powder atau bedak. Dan ternyata, kotoran dari uguisu ini mengandung enzim yang bisa mencerahkan kulit serta menghilangkan kerutan pada wajah. Apa kamu mau mencobanya? 

 

Nah, itu dia 10 bahan alami di balik kecantikan kulit para wanita Jepang. Unik dan alami banget bukan? Nggak heran kalau kulit mereka tampak selalu cantik dan sehat meskipun sudah berusia tua. Yuk, tiru gaya kecantikan alami seperi wanita Jepang. Karena selain aman, manfaatnya juga akan terasa hingga kita berusia tua nanti.