1. Ganti Sarung Bantal dan Handuk Secara Rutin

source: http://www.dailymail.co.uk/health/article-2718834/How-replace-pillow-Every-SIX-MONTHS-Old-bedding-cause-acne-allergies-sleep-expert-warns.html

Tahukah kamu bahwa sarung bantal dan handuk merupakan salah satu sumber utama kuman dan bakteri penyebab munculnya jerawat di wajahmu? Setiap hari kamu mandi dengan menggunakan handuk yang sama dan tidur dengan bantal yang sama. Meskipun kedua benda tersebut hanya kamu gunakan di dalam rumah, tetapi jumlah bakteri dan kuman yang ditransfer dari lingkungan tidak sedikit jumlahnya.

Jika kamu terus menggunakan handuk dan sarung bantal yang sama selama berbulan-bulan, hal ini akan sangat berdampak buruk untuk kebersihan wajah kamu. Gantilah handuk dan sarung bantal maksimal dua minggu sekali, atau setiap kali handuk dan bantal sudah tampak lusuh. Hal tersebut akan meminimalisir jumlah kuman dan bakteri yang menempel di kulit wajahmu. 

 

2. Hindari Menyentuh Kulit Wajahmu

source: https://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&ved=0ahUKEwiPmYTZ68_PAhUGRo8KHXxUCiYQjxwIAw&url=http%3A%2F%2Fsyndicate.details.com%2Fpost%2F7-habits-that-are-secretly-sabotaging-your-grooming-routine&bvm=bv.135258522,d.cGc&psig=AFQjCNGLg0XMdCM_p-c-IYZNPBm0S7iyqw&ust=1476175305052660

Ketika kamu sedang beraktivitas, terutama di luar rumah, hindari untuk menyentuh kulit wajah dengan tanganmu. Kuman dan bakteri akan banyak bersarang di tanganmu ketika kamu sedang beraktivitas. Jika kamu selalu menyentuh kulit wajahmu, maka kuman dan bakteri yang terdapat pada tangan akan berpindah ke kulit wajahmu. 

Untuk menghindarinya, selalu lakukan kebiasaan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, ketika ke kamar kecil, dan ketika kamu sampai di rumah atau tempat kamu beraktivitas. Menjaga kebersihan tangan bukan hanya menghindarimu dari masalah pencernaan, namun juga masalah kulit. Jadi, jangan malas untuk cuci tangan ya. 

 

3. Selalu Perhatikan Makananmu

Your skin is what you eat. Yup! Apa yang kamu makan setiap hari sangat berpengaruh pada tubuhmu, salah satunya kulitmu. Maka dari itu, memerhatikan apa yang masuk ke dalam tubuhmu itu sangatlah penting jika kamu mengidamkan kulit yang sehat dan bersih dari jerawat. Berikut ini adalah daftar makanan yang harus kamu makan dan hindari untuk mencapai target kulit bersihmu:
source: http://www.ladylux.com/articles/best-and-worst-foods-for-clear-skin/
source: http://www.ladylux.com/articles/best-and-worst-foods-for-clear-skin/


Nah Beautynesian, itu tadi tiga hal basic yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari supaya kulitmu sehat dan bersih dari jerawat. Hanya dengan melakukan hal-hal simple tersebut, kamu bisa mendapatkan kulit bersih dan menghemat budget untuk skin care. Jadi cantik nggak harus mahal kok, karena yang paling mendasar adalah dengan menjaga kebersihan dan merawat tubuhmu.