Cuka Apel, Satu Bahan yang Kaya Manfaat Buat Rambutmu

Jika kamu suka beraktivitas di dapur, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan bahan makanan berbau menyengat yang satu ini. Secara umum cuka apel memang digunakan sebagai bahan makanan seperti misalnya salad dressing. Namun, jika kita memperhatikan kembali bahan-bahan yang terdapat di dalam cuka apel, ternyata cuka apel mengandung banyak sekali bahan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan rambut kita lho! Apalagi, cuka apel ini cocok digunakan untuk semua jenis dan masalah rambut. Lalu, apa saja manfaatnya? Berikut ini Beautynesia akan merangkumkannya ke dalam 3 point manfaat cuka apel.

1. Ampuh Sebagai Anti Ketombe dan Penyeimbang pH Kulit Kepala

source: http://simplixie.com/page/2/


Cuka apel mengandung bahan bernama asam asetat, bahan ampuh pembunuh bakteri dan jamur yang menjadi penyebab utama munculnya ketombe di kulit kepala kita. Selain itu, cuka apel juga mengandung level pH yang hampir sama dengan level pH yang terkandung pada sebum di kulit kepala kita. FYI, sebum merupakan bagian dari kulit kepala yang mengatur pertumbuhan serta minyak alami rambut. Sebum memiliki pH antara 4.5 hingga 5.5. 

Dalam kondisi pH tersebut, kulit kepala akan selalu terlindungi dari pertumbuhan bakteri dan jamur. Kulit kepala dan rambut pun akan selalu terjaga kesehatan dan kecantikannya. Namun, sayangnya produk sampo yang sering kita gunakan sehari-hari dapat menyebabkan rusaknya pH kulit kepala kita akibat bahan kimia yang terkandung di dalamnya. 

Nah, dengan cuka apel kamu bisa mengembalikan pH kulit kepalamu dan terhindar dari bakteri dan jamur penyebab ketombe. Kamu bisa menggunakan perawatan bahan cuka apel ini sebagai perawatan kulit kepalamu yang berketombe dengan menggunakannya setiap satu kali seminggu. Cukup dengan mengaplikasikannya pada seluruh kulit kepalamu dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas rambutmu dengan air bersih dan tanpa menggunakan shampoo. Cobalah lakukan perawatan seperti ini setiap satu kali seminggu untuk kulit kepala yang lebih sehat. Kulit kepala sehat, awal dari rambut cantikmu.   

 

2. Membuat Rambut Berkilau dan Tidak Kaku

source: http://naturalremedyideas.com/apple-cider-vinegar-for-hair/


Rambut kaku dan kusam disebabkan oleh kutikula rambut yang terbuka, retak, atau bahkan pecah. Penyebab utama dari rusaknya kutikula rambut ini adalah penataan rambut sehari-hari, seperti hair dryer, catokan, cat rambut, bleaching, dan lain sebagainya. Penataan rambut yang dilakukan memang mampu menampilkan tatanan rambut yang rapih, namun perlu dicatat bahwa itu cuma sesaat. Setelahnya, rambutmu menjadi rusak dan kadangkala sulit untuk mengembalikan kondisi alami rambut jika sudah kecanduan. 

Salah satu cara alami yang paling ampuh untuk mengembalikan kesehatan kutikula rambut adalah cuka apel. Yup, cuka apel mampu menutup kembali kutikula rambut yang terbuka, retak, atau bahkan pecah menjadi halus kembali. Gunakanlah secara rutin cuka apel mulai dari akar hingga ujung rambut setiap dua kali dalam seminggu, maka kamu akan mendapatkan rambut berkilau seperti dari salon. 

 

3. Menstimulasi Pertumbuhan Rambut dan Menghindari Kerontokan Rambut

source: http://www.crownclinic.com.au/womens-hair-loss-about-you


Bagi kebanyakan perempuan, rambut adalah mahkotanya. Jadi, tidak heran jika kerontokan rambut dapat membuatnya stres yang dapat memicu kerontokan rambut lebih parah. Untuk mendapatkan rambut yang lebat, tidak jarang jika kamu harus menggunakan serum penumbuh rambut dengan harga yang relatif mahal. 

Namun, sekarang kamu bisa berhemat dengan menggunakan cuka apel sebagai pengganti serum penumbuh rambutmu. Dengan penggunaan secara teratur setiap minggunya sebanyak 2 hingga 3 kali, maka kamu akan mendapatkan rambut yang lebat dan lebih sehat tentunya. Kini, rambut tebal bukan impian lagi. 


Nah Beautynesian, itu tadi adalah beragam manfaat dari cuka apel untuk rambutmu. Mulai dari sekarang, kamu bisa mengganti beberapa produk perawatan rambut kamu dengan bahan yang lebih alami dan aman tentunya. Oh iya, perlu dicatat kalau cuka apel yang asli dan bagus memiliki warna cokelat yang bening dan bau yang cukup menyengat, tapi jika dibilas dengan air, baunya bisa hilang kok. Bagaimana Beautynesian? Berani mencobanya?