1. Cleansing Oil

Cleansing oil menjadi alternatif pembersih makeup karena kandungan minyak yang tinggi dapat membersihkan makeup denga baik, bahkan makeup waterproof sekalipun. Cara penggunaan cleansing oil lebih praktis daripada make up remover, karena cleansing oil tidak memerlukan kapas, cukup dengan menggunakan tangan saja & makeup akan terangkat.

Pump secukupnya cleansing oil lalu oleskan pada wajah, pijat lembut & diamkan selama beberapa menit, kemudian pijat lagi. Fokuskan pembersihkan pada bagian wajah yang menggunakan makeup waterproof. Bilas wajah dengan air secara bertahap hingga lapisan minyaknya hilang. 
source: http://a1grade.com/free-shu-uemura-cleansing-oil/

2. Facial Foam

Setelah menggunakan cleansing oil untuk menghapus makeup & mengangkat kotoran, bersihkan wajah sekali lagi dengan facial foam untuk mengangkat sisa kotoran atau minyak yang masih menempel pada wajah. Pilih pembersih muka yang berbahan organik & sesuai dengan kondisi kulit kamu.

source: http://www.innisfreeworld.com/product/productView.do?prdSeq=10211

3. Facial Scrub

Penyebab dari kulit kering & kusam pada wajah adalah adanya timbunan kulit mati, sehingga menjadika kulit wajah terlihat kasar & kusam. Cara untuk mengatasi kulit mati adalah menggunakan facial scrub yang dapat mengangkat kulit mati & kotoran yang menempel di dalam sela-sela kulit.

Facial scrub sebaiknya dilakukan 3 hari sekali untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah, mencerahkan, menghaluskan & mengencangkan kulit. Basuh muka lebih dulu dengan air hangat untuk membuka pori-pori wajah, ambil facial scrub secukupnya lalu pijat dan gosok lembut dengan gerakan memutar pada wajah setelah itu basuh kembali dengan air hangat dan akhiri dengan air dingin untuk menutup pori-pori wajah. 

source: http://thesensiblemom.com/2013/07/homemade-sugar-scrub-for-your-face/

4. Toner

Langkah selanjutnya adalah menggunakan toner, berikut ini adalah beberapa manfaat dari penggunaan toner :
  • Sebagai penyegar wajah
Toner memberikan efek kesegaran pada kulit wajah. Pemakaian toner yang rutin dapat mengencangkan kulit wajah.
  • Pembersih wajah
Sisa kotoran yang masih menempel pada kulit wajah daat terangkat oleh toner, kotoran akan menempel pada kapas sehingga wajah menjadi bersih maksimal.
  • Beberapa kandungan toner dapat memberikan perawatan ekstra pada wajah
Beberapa toner memiliki kandungan ekstra yang ditambahkan oleh produsen kosmetik untuk memberikan manfaat lebih pada kulit wajah. Biasanya merek toner tertentu menjanjikan produknya dapat mengatasi komedo, mencerahkan kulit & melembabkan kulit.
  • Membantu cream cepat menyerap
Toner dapat membantu wajah kamu menyerap cream lebih baik dibanding tanpa menggunakan toner. Disarankan untuk menggunakan toner pada wajah sebelum menggunakan berbagai produk yang berbentuk cream.
source: http://www.soompi.com/2016/02/29/12-must-have-products-from-korean-beauty-brands/

5. Essence Wajah

Essence  wajah adalah produk perawatan wajah berbentuk cairan yang mengandung bahan-bahan tertentu untuk menangani masalah kulit tertentu. Essence biasanya berupa cairan bening yang memiliki tekstur lembut, mengandung nutrisi dan kelembaban untuk kulit.

Essence wajah biasanya memiliki beberaa jenis, misalnya essence untuk mencerahkan kulit, pore control essence untuk mengecilkan pori-pori wajah, dsb. Karena bentuknya seperti air, essence mudah menyerap kedalam kulit. kebanyakan essence wajah mengandung zat asam organik yang berfungsi memperbaharui sel-sel kulit agar wajah lebih cerah, kenyal dan segar
source: http://www.bhinneka.com/products/sku02115526/sk-ii_facial_treatment_essence_10_ml__3_botol_.aspx

6. Mask Sheet

Orang Korea baik wanita maupun pria sangat gemar melakukan kegiatan masker wajah. Banyak produsen kosmetik korea yang berlomba-lomba mengeluarkan berbagai macam varian masker yang menarik, dari mulai packaging, formula masker yang tidak biasanya, hingga bentuk masker yang menarik. 

Kamu juga bisa menggunakan masker wajah alami untuk menutrisi kulit wajah, karena masker wajah yang alami lebih murah dan biasanya bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat masker wajah alami tidak sulit untuk didapatkan. Jika kamu tidak mau repot, kamu bisa membeli mask sheet yang tersedia di pasaran sesuai dengan kondisi & kebutuhan kulit kamu.

Lakukan kegiatan masker 1 minggu sekali untuk memberikan kelembapan, relaksasi dan supply vitamin pada wajah kamu. Kamu juga bisa memanfaatkan moment masker kamu bersama dengan pasangan, sehingga kegiatan masker wajah kamu tidak membosankan! 

youtube:ByxZN38FIMk
source: https://www.youtube.com/watch?v=ByxZN38FIMk
Character Sheet Mask Try On! ❤︎ 15 CUTE Sheet Masks from Skin 18

7. Eye Cream

Kulit di area sekitar mata merupakan area yang paling halus & rentan terhadap tanda-tanda penuaan dini, kerutan dan mata panda membuat wajah terlihat lesu, tidak bergairah dan mungkin terlihat lebih tua dari umur kamu sebenarnya. 

Gunakan eye cream secara rutin untuk merawat kulit disekitar mata kamu & mengurangi efek mata panda pada wajah. Jangan terlalu sering tidur larut malam, jangan terlalu sering menggunakan makeup pada bagian mata & istirahatkan mata setelah seharian bekerja di depan komputer untuk membantu proses perawatan kulit mata kamu.
source: http://optimizing-adsense.eu/cyze/eye-products-bih.php

8. Night Cream

Langkah terakhir dari perawatan wajah ala wanita Korea adalah menggunakan night cream. Night cream adalah salah satu kosmetik yang khusus di gunakan pada malam hari, sebelum tidur. Penggunaan night cream sebelum tidur bertujuan untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan menangkal penuaan dini pada wajah.

Karena khusus untuk malam hari, night cream tidak mengandung SPF seperti day cream. Night cream mengandung bahan aktif yang dapat melembabkan kulit wajah dengan konsentrasi tinggi & mengandung formula anti aging yang bekerja memperbaiki kerusakan kulit pada saat kulit sedang beristirahat.
source: http://www.olay.com/en-us/skin-care-products/age-defying-anti-wrinkle-night-cream