3 - 4 Bulan

Beberapa produk skincare dan makeup yang masih aman untuk dipakai dalam jangka waktu ini antara lain maskara, masker, dan loofah. Loofah merupakan serat dari tumbuhan yang biasa digunakan untuk membersihkan sel-sel kulit mati dari tubuh. Meskipun kamu sudah membilasnya dengan bersih, namun bakteri tak asat mata masih ada dan menempel serta terakumulasi setiap kali kamu memakai loofah untuk membersihkan tubuhmu. Jadi, sebaiknya ganti loofah kamu setiap 3 bulan sekali untuk menjaga kebersihan kulit secara maksimal.

source: http://www.shopclues.com/organic-loofah-loofah-sponge-bath-loofah-loofah-back-scrubber-10-pieces.html

Selain itu, ada juga produk untuk mengatasi jerawat dan terutama anti-aging yang sebaiknya tidak dipakai jika melewati usia 3 bulan. Produk anti-aging dan anti jerawat mengandung bahan antioksidan yang mudah teroksidasi sejak kali pertama kemasan dibuka. Apalagi jika warnanya telah berubah dibanding sejak pertama kali membeli.

source: http://health.howstuffworks.com/wellness/aging/anti-aging-tips/anti-aging-cream1.htm

6 Bulan - 1 Tahun

Yang termasuk dalam kategori ini juga lumayan banyak dan merupakan produk yang sering dipakai, antara lain: 

  • liquid eyeliner
  • liquid foundation
  • concealer
  • acne cream
  • face wash
  • serum
Produk-produk tersebut mudah sekali terkontaminasi, apalagi jika kita mengaplikasikannya dengan menggunakan jari tangan. Jadi, sebaiknya ganti setiap 8-9 bulan sekali untuk mencegah terjadinya infeksi atau gangguan pada kulit.
source: http://www.cards-candles-and-karma.co.uk/tag/acne-cream/

1 - 2 Tahun

Sunscreen, lip gloss, bath oli, dan nail polish bisa kamu gunakan untuk jangka waktu yang lumayan lama. Jadi, jika kamu sudah mulai merasa bosan dan ingin beralih ke produk baru, kamu tak perlu risau nail polish atau lip gloss yang kamu miliki akan kadaluarsa, karena kamu masih bisa memakainya di lain hari. Namun jangan lupa, perhatikan juga tanggal kadaluarsanya.

source: https://juliasallure.com/2015/04/18/anastasia-beverly-hills-entire-lipgloss-collection-review-and-swatches/

Untuk sunscreen, kamu juga tidak perlu khawatir, bukan? Produk skincare yang satu ini adalah item yang wajib dipakai setiap hari sehingga kemungkinan besar akan habis sebelum satu tahun.

source: http://kimberlysnyder.com/blog/2013/10/16/how-to-protect-yourself-from-the-sun/

Lebih dari 2 Tahun

Nah, produk-produk yang tahan lama yang bisa kamu gunakan bahkan hingga 2 tahun misalnya body lotion, khususnya yang dikemas dalam botol pump karena telah didesain sedemikian rupa agar kedap udara. Jadi, jika kamu memiliki body lotion dengan kemasan botol jumbo ber-pump, tidak perlu terburu-buru untuk menghabiskannya.

source: http://nopainallgain247.weebly.com/uploads/2/8/8/6/28864309/s534765680350022942_p4_i1_w1200.jpeg

Produk haircare seperti sampo dan kondisioner, produk bodycare seperti scrub, shower gel, dan body soap juga dapat bertahan untuk jangka waktu yang lama. Jika kamu memiliki parfum juga tidak perlu khawatir menyimpannya karena bisa bertahan bahkan lebih dari 3 tahun. 

Selain itu, ada lipstick. Wah, lipstick! Bukanlah hal yang aneh jika seorang wanita menyimpan lebih dari 10 shade lipstick untuk makeup-nya. Pastinya, semua shade ini tidak digunakan setiap hari, bukan? Jadi tenang saja, lipstick tidak harus habis dalam waktu singkat karena memiliki usia yang cukup lama.

source: http://www.mynewestaddiction.com/2016/01/balanced-beauty-burts-bees-lipstick.html

Produk makeup lainnya yang bisa kamu gunakan hingga 2 tahun yaitu powder foundation, blush, lip pencil, powder eyeshadow, dan powder foundation. 

Nah, jika kamu memiliki beberapa produk yang telah disebutkan di atas dan jarang memakainya, mulai sekarang coba ingat-ingat kapan terakhir kamu membelinya. Apakah masih aman dipakai?

Semoga bermanfaat!