1. Tidak Memiliki Nomor Resmi dari BPOM

Setiap produk kosmetik resmi pasti memiliki surat ijin edar dari BPOM. Kamu tentu patut curiga bila dalam kemasan tersebut tidak tertera nomor resmi. Bila sudah tertera kemudian cek keasliannya. Saat ini banyak kosmetik palsu yang mencantumkan nomor edar namun ternyata nomor tersebut hanya fiktif atau tidak terdaftar. Caranya dengan memasukkan nomor tersebut pada situs resmi BPOM. Kamu perlu waspada bahwa produk kosmetik bisa dikatakan illegal bila tidak memiliki nomor edar, masa produk sudah habis atau nomor registrasi tidak terdaftar. 

source: http://kesehatan-kulit.info/cara-mudah-untuk-mengetahui-kosmetik-berijin-resmi-bpom/

2. Warna Krim Mengkilap

Banyak produk kosmetik yang beredar di pasaran sehingga pilihanpun akan semakin beragam. Krim wajah misalnya yang saat ini banyak menggunakan bahan-bahan berbahaya. Perhatikan warnanya apakah memiliki warna yang mencolok atau tidak. Bila ya berarti kamu patut curiga bahwa krim tersebut mengandung bahan merkuri. Produsen kosmetik abal-abal biasanya memasukkan pewarna tekstil sehingga warnanya cerah sedangkan krim putih akan mengkilap seperti mutiara. 

source: http://www.sheknows.com/beauty-and-style/articles/950335/get-a-spa-experience-for-less

3. Tekstur Krim Tidak Menyatu

Krim yang berbahaya memiliki tekstur yang tidak rata dan cenderung kasar. Bila didiamkan dalam waktu lama, minyak dan krimnya akan terpisah dan tampak tidak menyatu dalam wadah. Selain itu teksturnya juga lengket karena biasanya produsen kosmetik akan mencampurkan merkuri dengan bedak dingin atau bedak jerawat. 
 

"Biasanya sebagian produsen kosmetik mencampurkan merkuri dengan bedak dingin atau bedak jerawat, agar tampak lebih encer," ujar Lani Hastiningtyas pemilik klinik kecantikan dan brand kosmetik berbahan alami LH care of Beauty yang dilansir dari wolipop.detik.com
source: http://wolipop.detik.com/read/2014/04/28/162042/2567778/234/ini-cara-kenali-produk-kosmetik-yang-mengandung-zat-berbahaya-merkuri

4. Baunya Menyengat

Krim yang mengandung merkuri memiliki bau logam. Untuk itu saat membeli krim coba cium aromanya terlebih dahulu. Biasanya krim aba-abal akan memberikan parfum dengan aroma tajam untuk menghilangkan bau yang menyengat. 
 

source: http://www.wisegeek.org/what-is-beeswax-used-for.htm

5. Warna Putih Tidak Alami dan Hasil yang Singkat

Hasil yang didapat dengan menggunakan krim yang aman dan berbahaya tentu berbeda. Krim wajah yang berbahaya cenderung memiliki warna putih yang tidak alami seperti putih pucat atau keabu-abuan. Selain itu bila krim wajah memiliki hasil yang cepat dalam waktu singkat tentu kamu patut curiga. Krim kosmetik yang aman pastinya membutuhkan waktu untuk memperbaiki kondisi kulit. Hidrokinon atau merkuri dapat memberikan hasil dalam hitungan hari atau minggu. 
 

source: http://www.liputan6.com/tag/pemutih-wajah

Teliti Sebelum Memakai

Kulit cantik dan sehat tentunya menjadi aset penting bagi seorang wanita. Untuk itu pastikan bahwa produk kosmetik yang dipilih aman digunakan untuk kulit. Bahaya akan kesehatan kulit menjadi hal pertama yang harus kamu pertimbangkan. Perlu kamu ketahui bahwa produk kosmetik terutama krim wajah membutuhkan waktu untuk bekerja secara maksimal. Jadi tidak ada hasil yang instan ya.