1. Big Round Hair Brush

Bila kamu ingin memiliki rambut mengembang yang bervolume, kamu dapat menggunakan sisir ini. Big round hair brush memiliki bentuk silinder yang besar dengan susunan gigi sikat halus yang memenuhi seluruh silindernya. 

Fungsi sisir ini adalah memberikan volume pada rambut, rambut yang ikal atau bergelombang. Daripada menggunakan sisir pipih biasa, kamu yang memiliki rambut panjang dan ingin membuat ujung rambut melengkung atau bergelombang, big round hair brush + hair dryer adalah solusinya. 

source: http://www.bestproducts.com/beauty/g350/round-hair-brushes-for-volume/

2. Vented Hair Brush

Kamu pasti pernah melihat sisir ini, atau mungkin sisir inilah yang kamu gunakan sehari-hari. Vented hair brush memiliki ventilasi / lubang pada batang sisirnya & susunan sikat yang renggang. Lubang ini berfungsi sebagai sirkulasi udara agar rambut menjadi cepat kering sedangkan susunan sikat yang jarang membuat rambut lebih mudah diatur.

Fungsi vented hair brush adalah memberikan sirkulasi udara pada sela-sela rambut kamu, apalagi ketika kamu menggunakan hair dryer. Fungsi lainnya adalah memberikan volume pada rambut karena kepala sisirnya dibuat agak melengkung.

source: http://www.folica.com/tools/brushes/denman-hyflex-vent-brush

3. Paddle Hair Brush

Dinamai paddle hair brush karena bentuknya yang mirip seperti dayung. Sisir dayung ini memiliki bantalan karet pada dasar sikatnya, dengan susunan sikat yang jarang. Kamu yang memiliki rambut lurus panjang, paddle brush ini dapat menjadi andalan untuk menyisir rambut. Sisir ini melembutkan rambut dan memberikan kesan rambut yang tertata rapih.

Sebelum mencatok rambut, sisir dahulu rambut dengan paddle brush dan setelahnya sisir kembali untuk sekedar merapihkan posisi rambut, efek yang didapatkan adalah rambut lurus panjang yang natural dan tertata rapih. Silakan dicoba!

source: http://saudibeautyblog.com/which-hairbrush-is-best-for-your-hair/

4. Tail Comb

Sesuai namanya, tail comb adalah sisir yang memiliki buntut & oleh kebanyakan orang disebut sisir sasak. Sisir ini berbentuk pipih dengan gigi sisir yang rapat &  salah satu ujungnya yang berbentuk sedikit runcing (bahkan ada yang terbuat dari bahan metal). 

Tail comb memiliki 2 kegunaan yaitu bagian sisirnya digunakan untuk sasak rambut (memberikan volume pada rambut) & bagian ekornya berfungsi untuk merapihkan rambut yang telah disasak, mengambil beberapa bagian rambut yang akan dikepang, membuat layer pada rambut & membuat belahan pada rambut. 

Sisir ini tidak dianjurkan untuk digunakan setiap hari, karena susunan gigi sisir yang rapat dapat membuat beban tarikan pada akar rambut, melukai kulit rambut dan membuat rambut menjadi rapuh dan mudah patah. 

source: https://www.amazon.com/Scalpmaste-Nano-Rat-Tail-Comb/dp/B000VD8TMW

5. Wide Tooth Comb atau Sisir Bergerigi

Sisir jenis ini memiliki susunan gigi yang jarang & lebar dengan bentuk pipih yang tipis, menjadikan sisir ini favorit oleh semua orang karena mudah dibawa kemana saja.

Fungsinya adalah memisahkan helain rambut dan menghasilkan tatanan rambut yang rapih, khususnya untuk orang yang memiliki rambut pendek yang lurus. Wide tooth comb biasa dipakai pada saat keadaan rambut setengah basah ataupun kering. Hindari penggunaan sisir jenis ini saat rambut sedang kusut, karena dapat memperparah kondisi rambut yang kusut.

source: http://www.naturallycurly.com/curltalk/general-discussion-about-curly-hair/38551-wide-tooth-combs.html

6. Small Rounded Hair Brush

Sisir ini adalah sisir dengan versi yang lebih mini daripada big rounded hair brush namun memiliki fungsi yang hampir sama dengan big rounded hair brush. Diameter sisirnya lebih kecil dan memiliki gerigi yang lebih panjang.

Fungsi small rounded hair brush adalah dapat memberikan volume dan memberikan efek ikal / keriting yang lebih kecil pada rambut. Untuk kamu yang memiliki rambut pendek, sebaiknya gunakan sisir ini ketimbang menggunakan big rounded hair brush karena ukurannya yang kecil dapat menjangkau seluruh bagian rambut.

source: https://www.aliexpress.com/item/free-shipping-extra-small-round-hair-brush-boar-bristles-wood-barrel-handle-4pcs-lot/577420091.html?

7. Pick Comb

Sisir ini memilik gerigi yang jarang berbentuk pipih menyerupai garpu. Pemilik rambut keriting, bergelombang, ikal baik yang panjang maupun yang pendek, disarankan menggunakan pick comb. Pick comb berfungsi memisahkan rambut keriting yang kusut.

source: http://www.donsautobody1.com/page_not_found.html

8. Boar Bristle Brush

Boar bristle brush merupakan sisir favorit para putri di negeri dongeng. Sisir ini berbentuk seperti sikat, bulu sikatnya halus dan padat, boar bristle brush biasanya disebut grooming brush dan merupakan sisir yang cocok untuk orang yang memiliki rambut lurus.

Fungsi boar bristle brush adalah merapikan & meluruskan rambut, memberikan volume pada rambut, bulu sikatnya memberikan efek relaksasi & melancarkan peredaran darah pada kulit kepala. Menyisir rambut dengan boar bristle brush sebelum tidur dapat meredakan stress, tidur menjadi lebih nyenyak & melancarkan peredaran darah di kepala. 
source: http://www.hammacher.com/Product/Default.aspx?sku=77629

Tips Memilih Sisir

Berikut ini adalah beberapa Tips mengenai jenis sisir yang cocok dengan tipe rambut & efek yang diinginkan pada rambut.. 
  • Sisir bergerigi renggang seperti pick comb & wide tooth comb  sangat disarankan untuk kamu yang memiliki rambut bergelombang, keriting & ikal. Jika sangat diperlukan, sebaiknya gunakan sisir bergerigi renggang saat menyisir rambut yang basah.
  • Kamu yang memiliki rambut tipis, pilihlah paddle hair brush karena memiliki bantalan lembut yang berguna untuk meredam tekanan pada saat menyisir rambut. 
  • Memberikan volume pada rambut dapat menggunakan big round hair brush, small rounded hair brush & vented hair brush.
  • Sasak rambut sendiri di rumah bisa menggunakan Tail Comb atau sisir yang bergerigi rapat.
  • Tail Comb juga digunakan saat memotong rambut, berfungsi untuk menyapu seluruh bagian rambut yang akan dipotong atau membagi rambut menjadi beberapa bagian dengan menggunakan ujungnya yang runcing.
source: http://bmodish.blogspot.co.id/2012/10/cari-tahu-yuk-jenis-sisir-apa-yang.html