1. Menyisir Ketika Rambut Masih Basah

Banyak orang yang suka menyisir rambut mereka sehabis keramas atau ketika rambut masih dalam keadaan basah, hal itu justru dapat membuat rambut kamu rontok. Ketika rambut basah, pori-pori pada kulit kepala membuka dan akar rambut tidak kuat menahan tarikan rambut yang basah ketika kita sedang menyisir. 

Selain itu, rambut yang rapuh karena catok, blow atau diwarnai akan semakin ringkih ketika kita keramas, karena pergerakan tangan yang memijat kulit kepala. Akar rambut yang ringkih tidak akan mempu menahan beban ketika kita sedang menyisir rambut.

Disarankan untuk menyisir terlebih dahulu sebelum keramas, setelah keramas keringkan terlebih dahulu rambut dengan menggunakan handuk dan diangin-anginkan hingga kering baru disisir. Kamu juga bisa menambahkan vitamin rambut saat rambut kamu setengah kering untuk memperkuat batang rambut & memberikan pelumas pada rambutmu agar lebih mudah di sisir. 
source: http://indahmurahmudah.blogspot.co.id/2014/02/tips-menyisir-rambut-yang-baik-dan-benar.html

2. Salah Memilih Sisir untuk Rambut

Sisir memiliki banyak bentuk dan kegunaan sesuai dengan jenis rambut dan kebutuhan kamu. Kalau banyak rambut kamu yang rontok saat menyisir bisa jadi dalah satu faktornya adalah jenis sisir yang kamu pakai tidak cocok dengan tipe rambut yang kmau miliki.

Jika kamu memiliki rambut keriting, sebaiknya pilih sisir yang bergigi jarang, untuk kamu yang memiliki rambut tipis, sebaiknya gunakan sisir yang memiliki bantalan lembut untuk meredam tekanan pada kulit kepala & akar rambut. Sedangkan kamu yang memiliki rambut panjang, gunakan sisir yang pipih dan panjang untuk mengatasi kekusutan & merapikan rambut kamu. Untuk rambut tebal dan panjang, sebaiknya rambut di bagi menjadi beberapa bagian agar tidak kesulitan dalam menyisir.

 
source: http://rambutinfo.blogspot.co.id/2013/01/cara-menyisir-rambut-yang-tepat.html

3. Menyisir dari Akar Rambut dengan Kasar

Menyisir dari akar hingga ke ujung rambut adalah cara salah yang dapat merontokan rambut, apalagi jika dilakukan dengan kasar. Untuk menghindari kerontokan pada rambut, sebaiknya mulai menyisir beberapa inci dari akar rambut secara perlahan

Jika kamu memiliki rambut panjang, sebaiknya jika sisir sudah berada pada bagian bahu, peganglah bagian atas rambut agar mengurangi tekanan pada akar rambut.
source: https://loop.co.id/articles/030f824e-1908-4175-8aff-1517a0a66c98

4. Menggunakan Sisir Berbahan Plastik

Menggunakan sisir plastik dapat menimbulkan listrik statis pada rambut kita, efek sampingnya adalah rambut kita menjadi kasar. Sisir yang terbaik adalah sisir yang terbuat dari bahan kayu meskipun pada saat ini sisir kayu sangat sulit di dapatkan dan harganya mahal. Untuk mengakali kondisi ini, kamu dapat melakukan perawatan rambut secara rutin untuk mengembalikan kelembaban pada rambut. 

source: http://www.qcsupply.com/51116-plastic-mane-tail-comb.html

5. Terlalu Sering Menyisir Membuat Rambutmu Kusam

Apakah kamu termasuk tipe wanita yang tidak suka rambut berantakan walaupun hanya sedikit dan pada akhirnya menjadi terlalu sering menyisir? Sebaiknya mulai sekarang hindari kebiasaan itu, terlalu sering menyisir dapat membuat rambut kusam, membuat akar rambut rapuh dan bahkan menimbulkan kerontokan pada rambut. 

Solusi terbaik untuk mengurai rambut yang kusut adalah dengan menggunakan jari tangan. Rapihkan dan atur posisi rambut dengan menggunakan jari sehingga menggurangi efek listrik statis yang dihasilkan sisir plastik.
source: http://www.newhealthguide.org/Benefits-Of-Brushing-Hair.html