Ketahui Cara Melakukan Lulur yang Tepat untuk Kulitmu

Halo Beautynesian! Apakah kamu termasuk yang suka melakukan lulur di rumah? Jika iya, apakah kamu sudah tahu cara yang benar untuk melakukan lulur agar kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal untuk kulitmu? Karena ternyata untuk melakukan lulur itu ada langkah-langkah yang perlu diperhatikan lho! Kamu tidak mau kan lulur yang kamu beli selama ini terbuang sia-sia begitu saja hanya karena cara lulur kamu yang salah selama ini? Tenang, belum terlambat kok! Just keep on reading this article to keep your beauty!

Step 1: Mandilah Dengan Sabun Antiseptik

source: http://www.girlslife.com/post/26381/what-time-should-you-take-a-shower

Sebelum kamu berlulur, pastikan tubuh kamu sudah bersih dari kotoran dan keringat yang menempel di tubuhmu. Mandilah dengan menggunakan sabun antiseptik, karena sabun antiseptik dapat melunturkan kuman dan bakteri yang menempel di kulitmu. Bersihkan tubuh kamu dengan seksama agar kotoran yang berada di dalam pori-pori kulitmu juga ikut terangkat. Tahap pertama ini penting untuk kamu lakukan sebelum berlulur agar nantinya lulur yang diaplikasikan ke tubuhmu dapat meresap ke dalam lapisan kulitmu dengan sempurna. Setelah mandi, jangan lupa keringkan tubuh kamu dengan menggunakan handuk bersih. 
 

Step 2: Aplikasikan Body Oil Sebelum Lulur

source: http://lifestyle.howstuffworks.com/style/body-scents-fragrances/5-benefits-of-body-oils.htm

Setelah tubuhmu kering, oleskan body oil atau minyak untuk tubuh ke seluruh bagian tubuh kamu. Di sini, Beautynesia merekomendasikan minyak zaitun untuk diaplikasikan ke kulitmu. Mengoleskan minyak zaitun sebelum kamu berlulur ini dapat membantu melembapkan kulitmu serta memudahkan proses pengangkatan kotoran dan kulit mati pada saat kamu berlulur. Sambil mengoleskannya di tubuh kamu, kamu bisa melakukan pijatan ringan agar tubuh kamu rileks.
 

Step 3: Oleskan Lulur dan Diamkan Sejenak

source: https://www.medibank.com.au/bemagazine/post/wellbeing/the-new-inventors/

Setelah kamu mengoleskan minyak, aplikasikan lulur ke seluruh kulit tubuh kamu secara merata. Gunakanlah lulur yang mengandung scrub karena scrub sangat efektif untuk membantu pengangkatan sel-sel kulit mati dari kulitmu. Setelah itu, diamkanlah sejenak lulur yang sudah teroles rata pada tubuhmu hingga setengah kering. Jangan lupa untuk meraih seluruh bagian lipatan tubuh seperti lipatan ketiak, siku tangan, kaki, selangkangan dan bagian leher.
 

Step 4: Lakukan Exfoliating dengan Gerakan Pemijitan

source: http://www.stationhealth.com/natural-body-scrub-sea-salt/

Ketika lulur di tubuhmu sudah setengah kering, lakukanlah exfoliating dengan gerakan tangan memutar untuk meluruhkan scrub dari kulitmu. Lakukanlah gerakan pijitan yang sama untuk membersihkan lulur dari kulitmu. Jika kamu pernah melakukan lulur di salon kecantikan, mungkin kamu akan memahami sedikit banyak mengenai teknik pemijitan ini ketika kamu sedang berlulur. Gerakan memijit ini tidak hanya dapat membantu melancarkan peredaran darah di bawah lapisan kulitmu, tetapi juga membantu penyerapan nutrisi dari lulur ke kullitmu.
 

Step 5: Biarkan Selama Beberapa Saat Sebelum Akhirnya Dibersihkan

source: http://www.womenshealthmag.co.uk/beauty-style/skin/3376/coffee-tea-body-scrubs-skincare-frank-dirtea/

Setelah kamu selesai meluruhkan seluruh scrub lulur dari tubuhmu, biarkan tubuhmu melakukan penyerapan sisa lulur yang masih menempel di kulit selama kurang lebih 10 hingga 15 menit. Kemudian, bersihkan sisa lulur di kulitmu dengan cara membilasnya dengan air. Kamu tidak perlu lagi menggunakan sabun untuk membersihkan sisa lulur. Bilaslah kulitmu secara menyeluruh sehingga tidak ada lagi bahan lulur yang tersisa di kulitmu. Setelah kamu memastikan kalau kulitmu sudah bersih sepenuhnya, barulah keringkan dengan menggunakan handuk bersih.
 

Nah, itu tadi adalah cara melakukan lulur yang tepat. Jika kamu melakukan kelima langkah di atas, dijamin manfaatnya akan lebih terasa setelah kamu berlulur. Lakukanlah lulur dengan cara-cara di atas secara rutin satu minggu sekali untuk mendapatkan hasil cepat yang efektif dan maksimal. Selamat mencoba dan sayangi selalu kulit cantikmu ya, Beautynesian!