1. Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah memang terkesan sederhana. Tapi, bila kamu lupa keesokan hari wajah akan semakin berminyak dan muncul jerawat. Makeup yang masih tersisa di wajah tak hanya menimbulkan jerawat tapi juga membuat pori-pori terlihat membesar. Bersihkan wajah menggunakan double cleansing agar benar-benar bersih hingga ke bagian pori-pori terdalam. 
 

source: http://caramembersihkanwajah.com/cara-membersihkan-wajah-yang-benar/

2. Gunakan Sunscreen

Jangan lupa menggunakan sunscreen saat ke luar rumah. Sinar matahari diatas jam 09.00 dapat membahayakan kulit. Paparan sinar matahari secara terus-menerus dan tanpa perlindungan dapat mengikis kolagen dan elastin. Pori-pori yang tampak membesar bisa diakibatkan karena hilangnya elastisitas kulit.
 

source: http://www.sociolla.com/journal/ask-the-expert/mitos-dan-fakta-sunscreen
baca juga

3. Perawatan di Klinik Kecantikan dengan Prosedur yang Tepat

Perawatan facial di klinik kecantikan boleh saja dilakukan. Facial dapat membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat. Namun sebaiknya pilih klinik kecantikan yang sudah terpercaya dan melakukan prosedur facial yang benar. Bila facial dilakukan dengan cara yang tidak sesuai justru menimbulkan trauma dan luka pada kulit. Hal inilah yang semakin membuat pori-pori wajah tampak membesar. Pastikan klinik kecantikan membersihkan pori-pori wajah yang kotor bukan yang bersih. Bila pori-pori yang bersih tetap difacial pori-pori akan tampak membesar. 
 

4. Pakai Makeup Secukupnya

Makeup yang terlalu tebal membuat pori-pori tersumbat dan semakin memperparah kompleksi kulit.  Pilih makeup yang ringan terutama untuk kegiatan sehari-hari seperti memilih tint moisturizer daripada foundation. Bila memang harus menghadiri acara khusus gunakan primer terlebih dahulu sebelum foundation. Hal ini agar foundation tidak mengenai wajah langsung dan mampu menyamarkan pori-pori. 
 

source: http://deboranogueira.com.br/tag/dicas-de-beleza/
baca juga

5. Eksfoliasi

Proses eksfoliasi dengan face scrub mampu mengangkat sel-sel kulit mati, kotoran serta minyak yang terjebak di pori-pori wajah. Pori-pori yang tersumbat tentu akan semakin terlihat membesar. Pilih face scrub yang butirannya halus dan nyaman agar tidak melukai kulit. Kamu bisa melakukan proses eksfoliating satu minggu sekali. 
 

source: http://news.lewatmana.com/8-cara-mudah-merawat-kesehatan-kulit-wajah/

6. Kurangi Konsumi Lemak dan Kalori Tinggi

Perawatan kulit tak hanya bisa dilakukan dari luar tubuh tapi juga dari dalam. Hindari mengkonsumsi lemak tinggi seperti susu full krim serta makanan kalori tinggi. Kandungan lemak dan kalori tinggi bisa menimbulkan jerawat. Tentunya masalah jerawat sangat berkaitan dengan pori-pori wajah.
 
 

Perhatikan perawatan yang akan kamu lakukan termasuk dalam hal yang sangat sederhana seperti membersihkan wajah. Jangan lupa untuk tetap mengimbangi perawatan kulit baik dari dalam maupun dari luar tubuh ya.