Color Correcting Berbeda dengan Concealing

Mungkin produk color correcting sering juga disebut sebagai concealer. Namun sebenarnya concealing dan color correcting merupakan dua hal yang berbeda. Meskipun kedua metode ini memiliki tujuan yang sama, menciptakan tampilan kulit yang flawless, tapi target yang dituju berbeda.

source: http://www.seventeen.com/beauty/makeup-skincare/news/a37461/multi-color-correcting-makeup-is-basically-the-new-contouring/

Concealer
Concealer biasanya digunakan untuk menyamarkan jerawat-jerawat kecil, noda atau bintik hitam, lingkaran hitam di sekitar mata, dan juga untuk memberikan hihglight di beberapa area wajah yang ingin kamu tonjolkan. 

Color Corrector
Color corrector ditujukan untuk permasalahan kulit yang lebih serius, seperti melasma, rosacea atau bekas jerawat. Jika biasanya concealer tersedia dalam berbagai macam warna yang menyerupai warna kulit, color corrector hadir dalam pilihan warna yang lebih bervariasi. Pada dasarnya color corrector terdiri dari warna hijau, ungu, pink, kuning, dan orange. Setiap warna memiliki peran tersendiri dalam menyamarkan permasalahan kulit. Lalu, warna apa yang cocok untukmu?

baca juga

Hijau

Warna hijau dapat menetralkan warna merah, sehingga sering digunakan untuk menyamarkan kemerahan pada kulit wajah. Kamu bisa gunakan color correcting bewarna hijau untuk menyamarkan jerawat atau bekas jerawat yang mengganggu. Jika kamu memiliki kemerahan di sebagian besar area wajah (seperti rosacea, windburn, atau sunburn), color correcting green primer bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengurangi kemerahan dan memberikan base yang baik agar pengaplikasian foundation lebih flawless.

Make Up For Ever Primer - Green
Urban Decay Color Correcting Fluid - Green
Becca Backlight Targeted Colour Corrector

Ungu

Warna ungu sangat cocok digunakan untuk menyamarkan warna kuning yang tidak diinginkan pada kulit wajah. Bagi mereka yang cenderung memiliki warna kulit pucat dan sedikit kusam, color correcting ungu dapat memberikan efek glowy yang cantik pada kulit wajah. 

Urban Decay Color Correcting Fluid - Lavender
Make Up For Ever Primer - Mauve
YSL Primer - Lavender

baca juga

Pink

Warna pink atau peach sangat ideal digunakan untuk mencerahkan area di sekitar mata dan menutupi tanda-tanda kelelahan pada wajah. Pada dasarnya warna ini merupakan kombinasi dari merah, orange, dan kuning yang letaknya berseberangan dengan warna biru, ungu, dan hijau dalam lingkaran warna. Oleh karena itu, warna pink atau peach menjadi warna terbaik untuk mengatasi mata panda.

Make Up For Ever Primer - Cool Pink
Lancome CC Primer - Pinky Peach
Urban Decay Color Correcting Fluid - Pink

Kuning

Warna kuning dapat digunakan untuk menyamarkan rona memar biru keunguan, warna urat pembuluh darah yang tampak di permukaan kulit, ataupun di area bawah mata yang terkadang terlihat kebiru-biruan ataupun ungu. Color corrector bewarna kuning cenderung paling umum digunakan, dan sangat baik untuk meratakan warna kulit, menciptakan base yang cerah sebelum pengaplikasian foundation. Warna kuning juga bisa digunakan sebagai eye shadow base untuk beberapa warna kulit tertentu.

Make Up For Ever Primer - Yellow
Urban Decay Color Correcting Fluid - Yellow
Lancome CC Primer - Yellow

Orange

Warna orange sangat direkomendasikan bagi mereka yang memiliki warna kulit cenderung gelap untuk menyamarkan lingkaran hitam di sekitar mata. Untuk mereka yang memiliki warna kulit terang, sebaiknya hindari warna ini, keculai digunakan sebagai alternatif untuk bronzer saat melakukan contouring.

Smashbox Photo Finish Color Correcting Foundation Primer - Apricot
Make Up For Ever Primer - Caramel
Urban Decay Color Correcting Fluid - Peach

Cara Menggunkan Color Corrector

Sir John, seorang makeup artist pro yang juga brand ambassador dari L'Oreal, berbagi beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan dalam penggunaan color correcting. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah, tentukan 3 poin utama berikut:

  1. Bagian mana yang memerlukan correcting? (di bawah mata, sekitar hidung atau mata)
  2. Permasalahan kulit apa yang membutuhkan correcting? (lingkaran hitam, kemerahan, atau rona kuning pada wajah)
  3. Warna yang tepat untuk correcting.

Cara Mengaplikasikan Color Corrector
Saran Sir John, gunakan foundation atau tinted moisturizer terlebih dahulu agar kita tidak terlalu banyak menggunakan color corrector. Aplikasikan produk menggunakan jari tangan, karena suhu di jari tangan yang hangat dapat membuat produk membaur dengan sempurna pada kulit. Dan pastikan juga nuansa warna color corrector yang kamu pilih sesuai dengan skin tone-mu.

source: http://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/a56511/how-to-color-correct/

Fair Skin: warna yang paling pucat atau pastel dari rangkaian warna pink, kuning, hijau, atau ungu.
Medium-Olive Skin: warna yang setingkat lebih gelap dari warna-warna pastel untuk warna kulit terang.
Dark Skin: jika pemilik kulit pucat menggunakan warna pink untuk menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata, maka pemilik kulit gelap disarankan untuk memilih warna yang lebih cenderung orangey peach. Hal ini juga berlaku untuk warna hijau, kuning, atau ungu.

Selamat bereksperimen dengan color corrector!