Membersihkan Brush Dengan Baby Shampoo

Ternyata baby shampoo bisa digunakan untuk membersihkan bristle brush, lho. Baby shampoo yang memiliki formula ringan dan lembut sangat aman digunakan sebagai pembersih brush. Selain mendapatkan brush yang bersih dengan baby shampoo, bristle kuas makeup kamu juga bisa tetap lembut dan tidak berubah menjadi keras. Jadi, kamu tidak perlu khawatir bulu brush kamu menjadi keras dan kaku setelah dibersihkan. Berikut langkah-langkah mudah membersihkan kuas dengan baby shampoo.

source: https://intothegloss.com/2015/04/how-to-clean-makeup-brushes/
source: http://thebeautydepartment.com/2012/09/how-to-properly-wash-your-brushes/
  1. Tuang 1 sdm baby shampoo ke dalam mangkuk kecil.
  2. Masukkan air hangat secukupnya ke dalam mangkuk berisi baby shampoo agar busa shampoo-nya keluar.
  3. Celupkan bagian bristle brush ke dalam air shampoo tersebut dan buat gerakan memutar dengan kuas secara lembut. Pastikan bulu kuasnya menyentuh bagian ujung mangkuk ya agar sisa-sisa makeup pada kuas kamu bisa langsung rontok.
  4. Setelah selesai membersihkan bulu kuas, rendam sebentar kuasnya selama 5-10 detik di dalam air. No more and no less agar bristle-nya tidak rusak.
  5. Angkat brush yang sudah bersih dan celupkan atau bilas dengan air dingin. Selagi membilas brush, kamu bisa memegangi bulu brush-nya untuk menjaga bulu brush tidak rontok and keep in shape.
  6. Reshape the bristle dengan menekan-nekan bulu brush menggunakan jari hingga bentuknya kembali seperti semula.
  7. Untuk mengeringkannya, kamu bisa menggunakan handuk kecil. Eits, tapi kamu jangan semata-mata mengelap brush kamu dengan handuk ya, bisa-bisa bristle-nya rontok semua. Kamu hanya perlu meletakkan brush yang basah di atas handuk kering yang sudah diberikan penyangga di bawahnya. Pastikan bristle yang basah menghadap ke bagian bawah agar air yang tersisa di brush nya bisa mengalir dan kering dengan cepat.    

Membersihkan Brush Dengan Professional Cleaner

Cleaning brush has never been easier with professional cleaner. Jika kamu memiliki budget yang lebih, kamu bisa menggunakan produk professional cleaner untuk membersihkan brush kamu lebih mudah dan cepat. Biasanya produknya hadir dalam bentuk water spray yang bisa dengan cepat melunturkan kotoran pada bristle. Produk profesional ini memang lebih direkomendasikan untuk membersihkan brush karena formula khususnya yang bisa membersihkan sisa makeup dengan cepat. Produk professional cleansing spray ini bisa dengan mudah kamu temukan di supermarket atau drugstore di pusat perbelanjaan. Inilah langkah-langkah mudah membersihkan brush dengan professional cleaning spray.

source: http://www.theblackpearlblog.com/2013/12/brand-spotlight-crown-brush.html
source: http://thebeautydepartment.com/2012/09/how-to-properly-wash-your-brushes/
  1. Semprotkan professional cleaner spray pada bristle brush yang kotor hingga seluruh bulunya basah.
  2. Gosokkan secara lembut bristle brush di atas handuk bersih yang kering hingga sisa-sisa makeupnya berpindah ke permukaan handuk. Kamu bisa menggosokkannya ke arah depan dan belakang secara berulang-ulang hingga tidak ada lagi kotoran makeup yang keluar dari brush.
  3. Setelah memastikan brush kamu bersih, diamkan brush selama beberapa menit dan voila! Kamu sudah mendapatkan brush yang bersih in a minute.

Nah, itulah 2 cara mudah untuk membersihkan brush kamu dari sisa-sisa makeup yang menempel. Kamu bisa bebas memilih metode mana yang paling mudah untuk kamu lakukan. Yuk, coba sendiri tips membersihkan brush yang mudah ini untuk brush yang lebih bersih dan sehat!