Setiap makeup artist pro terkadang memiliki cara atau teknik tersendiri untuk mempermudah pengaplikasian serta memaksimalkan hasil makeup. Dilansir dari MarieClaire.com, beberapa ahli makeup berikut berbagi beauty secret andalan mereka untuk lip makeup. 
source: http://mac.h-cdn.co/assets/16/36/768x511/gallery-1473361999-gettyimages-512194378.jpg

James Vincent, Celebrity Makeup Artist & Director of Artistry for Ardency Inn

Menurut James Vincent, untuk menentukan warna lipstik merah yang sesuai bisa dilakukan dengan memperhatikan undertone kulit. Cobalah untuk mengaplikasikan warna lipstik merah yang memiliki undertone yang sama dengan warna kulitmu di seluruh permukaan bibir. Lalu gunakan lipstik dengan warna yang memiliki undertone yang bertolak belakang pada bagian tengah bibir untuk memberikan kesan fuller lips.

Petra Strand, Creator of Pixi by Petra

Color corrector dapat kamu gunakan sebagai base sebelum pengaplikasian lipstik. Petra Strand menyaranakan untuk mengoleskan color corrector di seluruh permukaan bibir untuk menetralkan warna bibir, sehingga warna lipstik yang diaplikasikan akan terlihat lebih 'hidup'.

NYX Color Correcting Palette
Tarte Color Correcting Palette

Trik lain dari Petra Strand adalah menggunakan flesh-tone atau nude eyeliner untuk membuat outline bibir. Eyeliner dengan warna kulit atau nude ini dapat digunakan sebagai pengganti lip liner untuk mencegah terjadinya feathering.  

NYX Wonder Pencil
Stila Kajal Eye Liner - Topaz

Kerry Cole, Style Director of Becca Cosmetics

Mungkin cara yang paling sering kita temui untuk melihat warna lipstik yang pas adalah dengan mengoleskannya terlebih dahulu pada punggung tangan. Namun, menurut Kerry Cole tempat yang paling pas untuk mengetes warna lipstik adalah bagian dalam ujung jari. Hal ini dikarenakan warna kulit pada permukaan ujung jari paling menyerupai warna bibir. 

source: http://www.refinery29.com/makeup-swatches-guide#slide-1

"The pad of your finger closely resembles your own lip color, so see which one looks best there, then move to the lips."

Niki Metz, Director of Artistry for Jouer

Untuk memberikan kesan fuller lips, Niki Metz menggunakan concealer di sudut luar bibir.

"Apply concealer to the outer corners of your lips to give your lips a lift."

source: http://tamilbeautytips.com/english/1565

Maggie Ford Danielson, Benefit Global Beauty Authority

Maggie Ford Danielson punya cara lain untuk menentukan warna yang pas untuk bibir. Menurut Maggie kita bisa memilih warna lipstik dengan melihat bagian dalam bibir bawah. Kamu bisa memilih warna yang lebih muda ataupun tua, namun tetap senada dengan warna bagian dalam bibir.

source: http://weheartit.com/entry/98544423/search?context_type=search&context_user=mrsarkhipenko&page=2&query=choose+lipstick