Sekilas tentang daun kemangi

Tanaman kemangi dikenal dengan tumbuhan terna dengan daun kecil dan bunga berwarna putih. Bagian yang sering dimakan adalah bagian daun. Daun kemangi sering dipotong bersama dengan rantingnya. Kemangi  dalam bahasa ilmiah memiliki nama citriodorum ocimum dari keluarga lamiaceae. Kemangi tidak hanya tumbuh di Indonesia tapi juga di beberapa negara Asia.

Baunya yang harum dan khas menjadikan kemangi sebagai salah satu daun wajib dalam kuliner. Namun, ternyata manfaat kecantikan dan kesehatan dapat ditemukan dalam daun kemangi. Meski kecil dan sering dikenal sebagai penambah selera dan bumbu masakan diketahui cukup mujarab digunakan dalam mencegah jerawat. 
 

source: http://www.absolutethai.com/healthy-eating-in-thailand/

Manfaat daun kemangi untuk mencegah jerawat bagi kulit sensitif

Daun kemangi dikenal ampuh sebagai herbal untuk mencegah dan mengobati kulit yang sensitif dengan gangguan seperti jerawat dan komedo.  Penggunaan daun kemangi secara turun temurun tentu bukan tanpa alasan. Terdapat khasiat tersembunyi dan telah terbukti dari daun yang satu ini. 

source: http://tipsandbeauty.com/how-to-treat-acne-and-pimples-on-the-face/ 
 

Dikutip dari womenhealthypedia, daun kemangi dapat mencegah jerawat yang membandel. Berikut penjelasan lebih lengkap bagaimana daun kemangi bekerja efektif untuk mengusir jerawat :

  1. Memurnikan darah.  Kandungan di dalam daun kemangi ternyata memiliki kegunaan untuk membersihkan darah dengan cara membuang racun. Sebagaimana diketahui, darah yang kotor seringkali memicu tumbuhnya jerawat. Jika darah bersih dan tidak ada racun yang mengendap, dimungkinkan jerawat dapat dicegah. 
  2. Anti bakteri dan jamur. Tak sedikit pakar kesehatan dan kecantikan yang menjelaskan korelasi antara bakteri dan jamur terhadap masalah kulit. Baik bakteri maupun jamur menyumbang dalam pertumbuhan jerawat, komedo dan masalah kulit lainnya. Sifat anti bakteri dan anti jamur dalam kandungan daun kemangi akan bekerja untuk mengusir bakteri dan jamur yang merusak kulit.
  3. Mencegah peradangan. Saat zat anti bakteri dan anti jamur bekerja dari daun kemangi bekerja dengan baik pada kulit, kulit akan dilindungi dari peradangan. Umumnya, meradang seperti gatal dan merah merupakan reaksi karena ada jamur dan bakteri yang menempel di kulit. 

Secara umum tiga poin tersebut merupakan kinerja utama daun kemangi untuk menjaga kulit agar bebas dari jerawat. Namun, selain  beberapa manfaat di atas, daun kemangi juga mengandung vitamin A,B dan C yang turut memberikan sumbangsih dalam mendapatkan kulit wajah yang sehat, bersih dan mulus. Selain jerawat hilang, kulit juga akan lebih cantik berkat manfaat daun kemangi.
 

Cara penggunaan daun kemangi untuk mencegah jerawat bagi kulit sensitif

source: http://www.girlscosmo.com/5-amazing-basil-leaves-face-packs/
 

Untuk mendapatkan khasiat daun kemangi ini adalah dengan cara mengolahnya menjadi pasta. Langkahnya sangat sederhana yaitu :

  • Petiklah beberapa lembar daun kemangi segar dari batangnya. Cuci daun kemangi. 
  • Tumbuk daun kemangi hingga halus. Bisa juga dengan menggunakan blender yang ditambahkan dengan sedikit air.
  • Tambahkan sedikit madu jika ada. 
  • Balurkan pada wajah terutama yang berjerawat, diamkan sekitar 15 menit. Kemudian cuci wajah dengan air bersih. 
  • Lakukan sekitar 1-2 kali dalam seminggu secara rutin. 

Meskipun daun kemangi telah digunakan secara luas dan memiliki manfaat yang bagus, bukan berarti penggunaan daun kemangi untuk kulit sensitif boleh secara bebas. Gunakanlah daun kemangi dalam batas yang wajar karena segala sesuatu yang berlebihan bukan lebih cepat menyembuhkan tapi seringkali malah menimbulkan kerusakan lain.

Daun kemangi dalam batas wajar secara umum tidak menimbulkan efek buruk. Namun, jika terjadi reaksi yang berbeda dan tidak normal, sebaiknya kamu konsultasikan dengan ahli.