Scrub Alami dengan Gula Pasir

Gula pasir memiliki bentuk yang berbutir. Inilah yang memberikan efek scrub pada hidung sehingga sel kulit mati, termasuk komedo terangkat. Kandungan glukosa melembutkan dan menghaluskan kulit. Cara penggunaannya cukup mudah. Ambil satu sendok makan gula pasir, campurkan dengan beberapa tetes air. Minyak zaitun atau madu dapat menjadi pengganti air yang lebih ampuh. Cuci wajah dengan facial foam favoritmu. Gunakan gula pasir sebagai scrub di area hidung. Diamkan hingga 10 menit sehingga nutrisi dalam gula meresap ke kulit. Terakhir, bersihkan hidung menggunakan air mengalir. Aplikasikan setiap seminggu dua kali untuk menghilangkan komedomu.

source: http://www.carahidupsehatalami.info/8-manfaat-gula-pasir-yang-perlu-anda-tahu/

Mineral Peeling dengan Garam

Garam juga memiliki tekstur kristal yang baik untuk scrub wajah, terutama di area hidung. Garam cenderung memiliki efek yang lebih keras terhadap kulit. Hasilnya, hidung yang berkomedo, maupun jerawat yang meradang dapat segera diatasi dengan sekali usapan. Sebelum menggunakan garam sebagai scrub, bersihkan seluruh area wajah menggunakan facial foam. Campurkan satu sendok teh garam dapur bubuk dengan satu sendok makan air. Usapkan ke seluruh area hidung yang bermasalah dengan komedo secara perlahan. Bilas dengan air bersih. Sebaiknya, tempelkan es atau kompres air es setelah melakukan scrub. Untuk pemakaian pertama kali, antisipasi rasa perih dengan campuran air yang lebih banyak sebelum penggunaan.

source: http://www.bintang.com/style/read/2335798/4-manfaat-garam-ini-bikin-kamu-makin-cantik

Pore Pack Alami dengan Putih Telur

Putih telur telah lama dikenal sebagai bahan yang ampuh untuk mengenyahkan komedo. Nutrisi di dalam telur juga melembutkan dan menghambat penuaan kulit. Sebelum mencuci muka, usapkan putih telur di atas kapas, lalu tempelkan di area hidung. Angkat setelah 15 menit, cuci area hidung dengan air hangat kemudian air dingin. Selain cara tersebut, oleskan putih telur ke seluruh wajah dan tunggu hingga terasa keras. Angkat masker putih telur secara perlahan. Bila kesulitan, gunakan air untuk membersihkan sisa putih telur di kulit. Komedo yang tersebar di seluruh permukaan wajah akan terangkat sempurna. Wajah juga semakin halus dan awet muda. 

source: http://www.duniainformasikesehatan.com/2014/09/10-manfaat-putih-telur-untuk-kecantikan.html

Scrub Alami dengan Ampas Kopi

Ampas kopi mengandung kafein yang baik untuk peremajaan kulit. Butiran kopi bermanfaat juga dalam mengangkat komedo. Jangan buang ampas kopi kamu, namun diamkan hingga semalam. Setelah membersihkan wajah menggunakan facial foam, usapkan ampas kopi di area hidung. Gosokkan perlahan hingga butirannya masuk ke pori-pori kulit dan mengangkat komedo. Cuci area hidung dengan air bersih. Hidungmu akan terasa sehat, lembut, juga glowing.

source: https://en.wikipedia.org/wiki/Coffee

Masker Hidung dengan Oatmeal

Oatmeal dapat melepaskan sel kulit mati, meremajakan kulit, mengurangi noda, serta melancarkan aliran darah. Gunakan oatmeal sebagai masker pengganti porepack-mu. Pertama, ambil satu sendok teh oatmeal, lumatkan dengan ulekan atau blender. Campurkan oatmeal dengan air secukupnya hingga berbentuk bubur. Usapkan oatmeal ke seluruh area hidung atau area wajah lain yang berkomedo. Diamkan sekitar 10 menit, lalu pijat area yang berkomedo perlahan. Bersihkan residu oatmeal, gunakan facial foam untuk meringkas. Aplikasikan toner setelah penggunaan. Untuk hasil lebih baik, gunakan yoghurt atau susu sebagai pengganti air.

source: https://en.wikipedia.org/wiki/Oatmeal