Fajar Penyogastar: Sebaiknya Yogis Mengikuti Kelas Yoga Reguler Terlebih Dahulu Sebelum Acroyoga

Gerakan acroyoga yang tergolong sulit memang tidak bisa dilakukan oleh seseorang yang tidak memiliki basic yoga sebelumnya. Jika seseorang tanpa basic yoga dan tidak memiliki badan yang lentur memaksakan untuk tetap melakukan acroyoga, maka akan besar peluang untuk mengalami cidera ketika latihan. Untuk itu, Fajar Penyogastar menyarankan kepada para yogis yang ingin memulai kelas acroyoga sebaiknya mempelajari dasar-dasar gerakan yoga terlebih dahulu agar lebih terbiasa dengan yoga dan bisa mempelajari istilah-istilah pada yoga.

Fajar biasanya menyarankan murid-muridnya untuk mengambil kelas yoga reguler terlebih dahulu seperti Hatha Yoga dan Vinyasa Yoga yang mengajarkan gerakan dasar yoga. Jika para yogis sudah terbiasa dengan gerakan yoga, maka kedepannya akan lebih mudah untuknya mempelajari dan mempraktikkan gerakan-gerakan acroyoga. Remember ladies, know the basic first is very important!


"Biasanya untuk para pemula, saya sarankan untuk beryoga terlebih dahulu. Para yogis bisa mengikuti kelas yoga reguler terlebih dulu seperti Hatha Yoga, Vinyasa Yoga, dan lalu baru masuk kelas Acroyoga. Hal ini dikarenakan akan jauh lebih mudah untuknya melakukan gerakan-gerakan acroyoga yang sulit nantinya."

source: http://femaledaily.com/blog/2015/01/08/asyiknya-berlatih-yoga-bersama-yogi-ternama-langganan-selebriti/

Konsultasikan Masalah Kesehatan Terlebih Dahulu Kepada Instruktur Sebelum Mulai Acroyoga

Beautynesian, ternyata kamu perlu mengonsultasikan masalah kesehatan kamu dengan instruktur yoga sebelum memulai acroyoga, lho. Konsultasi ini sangat penting agar instruktur yoga mengetahui tentang kondisi tubuh dan penyakit yang kamu alami sehingga ia bisa memilihkan gerakan yang tidak membahayakan kesehatanmu. Sebagai instruktur acroyoga, Fajar Penyogastar mengatakan bahwa ada beberapa penyakit yang memang perlu diwaspadai ketika ingin memulai acroyoga. 

"Sebaiknya para yogis sharing tentang masalah kesehatannya sebelum memulai acroyoga kepada instrukturnya. Misalnya sang yogis yang memiliki penyakit skoliosis (kelainan pada tulang belakang), syaraf kejepit, atau penyakit jantung sebaiknya berkonsultasi kepada instruktur acroyoga yang bersertifikat yang memang tahu gerakan mana yang aman untuk dilakukan. Karena beberapa gerakan acroyoga bisa sangat berbahaya untuk penyakit-penyakit itu." 
 

source: http://www.bintang.com/celeb/read/2309725/10-selebriti-indonesia-yang-gemar-acroyoga

Tips Dari Fajar Penyogastar Untuk Pemula Acroyoga

Selain memberikan pencerahan mengenai apa yang harus dilakukan para pemula sebelum acroyoga, Fajar Penyogastar juga berbagi tips menarik, lho, untuk kamu yang ingin memulai acroyoga. Pada interview kemarin dengan tim Beautynesia, Fajar membagikan tips bagaimana cara menggenggam yang benar bagi para pemula. Genggaman tangan yang dilakukan dengan benar memang merupakan kunci penting keberhasilan acroyoga mengingat kebanyakan gerakannya dilakukan berpasangan dan membutuhkan cengkraman tangan yang kuat. Posisi four fingers atau genggaman empat jari menurut Fajar menjadi gerakan awal latihan yang baik untuk pemula. 


"Banyak pemula yang takut jatuh dan cidera ketika acroyoga. Jadi, sebaiknya para pemula menggunakan posisi four fingers  atau gengaman dengan empat jari. Dalam posisi four fingers ini nantinya tangan flyer dan base akan menyatu kecuali ibu jari. Dengan posisi ini, tangan base berada ke arah luar, dan flyer berada ke arah dalam. Tujuan gerakan ini untuk mengamankan tangan pemula dari cidera, karena biasanya pemula sering sekali genggamannya goyah dan bergetar. Jika nantinya para yogis sudah masuk pada level lanjut atau advance, mereka bisa mulai bisa menggunakan genggaman lima jari atau bahkan bisa tidak menggunakan sama sekali."
 

source: http://m.log.viva.co.id/frame/read/aHR0cDovL3NlbGVidXBkYXRlLmNvbS9ob2JpLW1hcnNoYW5kYS8=

Wah ternyata ada banyak sekali ya yang harus dipersiapkan dan diperhatikan sebelum acroyoga. Untuk kamu yang ingin memulai acroyoga, kamu bisa mengikuti saran dari Fajar Penyogastar ini. Jika kamu masih penasaran dengan acroyoga dan ingin mencoba gerakan basic acroyoga, kamu bisa menonton video dari Fajar Penyogastar berikut ini tentang gerakan yoga yang cocok untuk para pemula. Selamat menyaksikan, Beautynesian!

youtube:QN6u_15fpkg
source: https://www.youtube.com/watch?v=QN6u_15fpkg
Belajar Acro Yoga bersama Fajar Putra