Jadikan Sebagai Masker

Masker merupakan salah satu kebutuhan wajah agar kulit wajah terawat. Kamu bisa beli masker jenis apapun dipasaran. Namun bagi yang memiliki kulit sensitif, tidak semua masker bisa dipakai. Untuk menghindari efek buruk dari penggunaan masker instan, lebih baik kamu coba masker daun kemangi yang memiliki manfaat sebagai pencegah jerawat dan komedo. Kemangi mengandung antiseptik untuk melawan bakteri jerawat dan dilengkapi dengan berbagai kandungan vitamin A, C, dan B yang baik untuk kecantikan kulit. 
 

source: http://bisikan.com/atasi-komedo-dengan-daun-kemangi

Caranya kamu tinggal siapkan daun kemangi (secukupnya), lalu tumbuk sampai benar-benar halus. Aplikasikan pada wajah secara merata, tunggu sampai kering setelah itu bilas dengan air biasa. Gunakan ramuan ini seminggu tiga kali untuk hasil yang maksimal.
 

Jadikan Sebagai Toner

Toner berfungsi untuk menyeimbangkan kandungan ph di wajah. Memakai toner secara rutin dapat membuat wajah terlihat lebih sehat. Kamu bisa coba toner dari daun kemangi. Kandungan vitamin di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan alami yang mampu melindungi tubuh dan kulit wajah. Selain itu, kandungan antiseptik dalam daun kemangi mampu menyembuhkan jerawat dengan cepat. Antiseptik di dalam daun kemangi juga mampu membunuh bakteri serta melancarkan peredaran darah di kulit.
 

source: http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/19355-toner-kemangi-ampuh-obati-jerawat-bandel.html


Bahan yang diperlukan:
1. 100 gram daun kemangi (ditumbuk)
2. 100 ml air bersih

Cara membuatnya:
Didihkan air, setelah itu masukkan daun kemangi. Tunggu sampai airnya dingin, kemudian peras sampai sari dari daun kemangi keluar. Masukkan ke dalam botol lalu simpan di kulkas. Kamu bisa mengaplikasikannya dengan kapas. Gunakan setiap hari sebelum tidur agar penyerapan toner ke dalam kulit wajah meresap sempurna. 
 

baca juga

Jadikan Sebagai Jus

Selain digunakan sebagai masker dan toner, daun kemangi juga bisa dijadikan sebagai jus. Kamu mungkin sedikit mengerutkan dahi karena rasanya yang lumayan kuat. Namun, kamu bisa merasakan khasiat yang didapat jika meminum jus daun kemangi seperti wajah berjerawat lebih terawat, dan membantu dalam proses penyembuhan jerawat. 

 
source: http://khasiatmanfaatsehat.blogspot.sg/2014/04/20-manfaat-daun-kemangi-yang-mengagumkan.html


Caranya membuatnya:
1. Ambil 2 genggam daun kemangi yang masih segar.
2. Haluskan dengan blender, kemudian tambahkan 1 gelas air lalu peras.
3. Beri sedikit garam lalu aduk, kemudian minum ramuan ini.
 

Jadikan Sebagai Es Batu

Daun kemangi bisa dijadikan sebagai es batu daun kemangi. Hal ini memudahkan kamu dalam menggunakan daun kemangi juga membuat daun kemangi lebih awet jika disimpan dalam bentuk es. Kamu juga bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus dari perawatan ini lho. Es batu memiliki manfaat untuk mengecilkan pori-pori wajah serta menyegarkan kulit wajah seketika. Lalu, daun kemangi juga memiliki manfaat menghilangkan jerawat dan bekasnya. Jadi kamu bisa menghilangkan jerawat sekaligus mengecilkan pori-pori wajah.
 
source: http://www.ngegas.com/11-rahasia-manfaat-dan-khasiat-es-batu-bagi-kecantikan-kulit/

Cara membuat es batu daun kemangi :
Siapkan daun kemangi secukupnya dan 2 gelas air. Setelah itu, blender semua bahan, lalu masukkan kedalam tempat es batu. Ramuan ini bisa kamu gunakan setiap hari.
 

baca juga

Jadikan Sebagai Lalapan

Selain digunakan diluar tubuh, kamu bisa gunakan daun kemangi sebagai lalapan. Jika kamu tidak terlalu suka baunya, kamu bisa mengolahnya dengan makanan lain, asal jangan terlalu banyak menggunakan minyak. Namun, lebih baik makan mentah dengan sambal kesukaan. Hal ini membantu proses penyembuhan jerawat dari dalam tubuh.
 

source: http://food.detik.com/readfoto/2015/02/11/192740/2830446/484/3/sedapnya-pepes-ikan-mas-duri-lunak-buatan-ceu-emi