Banyak orang mulai menyadari betapa pentingnya melakukan gaya hidup sehat untuk mendapatkan tubuh sehat dan bebas penyakit hingga hari tua. Salah satunya dengan memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Smoothie bisa menjadi pilihan yang tepat karena selain memiliki banyak manfaat kesehatan, smoothie dapat menambah asupan buah dan sayuran setiap hari.  
 

Sangat penting mengonsumsi buah dan sayuran dari berbagai warna. Setiap warna tentu memiliki zat gizi yang berbeda-beda. Setidaknya kamu perlu mengonsumsi lima macam warna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Rainbow smoothie akan mempermudah kamu dalam mengonsumsi buah dan sayuran dalam satu kali makan. 
 

Smothie memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yaitu melancarkan pencernaan. Kandungan serat pada buah dan sayuran dapat melunakkan feses sehingga dapat memperlancar pembuangan. Smoothie bukan hanya berperan sebagai minuman tapi juga makanan pengganti. Asupan yang masuk ke dalam tubuh dapat memberikan energi lebih lama saat beraktivitas. Kandungan seratnya bisa menyeimbangkan kalori dan gula dalam darah. Kamu bisa lebih mudah membuat smoothie di rumah dengan cara berikut. 
 

source: https://twitter.com/blogilates/status/771758713958862848

Bahan:

Red Layer  
1 cup stroberi beku, ceri, dan raspberries
3 sdm yoghurt vanilla
3 sdm susu kacang mete
 
Orange Layer
3/4 cup mangga beku
1 buah jeruk yang telah dikupas
4 sdm puree wortel dan apel
 
Yellow Layer
1/3 cup nanas beku
4 potong buah peach
2 buah pisang yang sudah dipotong-potong
1/4 cup susu kacang mete
 
Green Layer
3/4 cup anggur hijau beku
1/2 cup bayam
3 sdm yoghurt vanilla
¼ cup susu kacang mete
 
Purple Layer
3/4 cup blueberry beku
2 buah pisang yang sudah dipotong-potong
1/4 cup susu kacang mete
 
Pink Layer
1 buah naga merah
2 buah pisang yang telah dipotong-potong
3 sdm susu kacang mete 
 

Cara Membuat

  1. Cuci bersih semua buah dan sayuran yang akan dibuat. Blender semua bahan untuk setiap layer sesuai dengan warnanya.
  2. Lapisan pertama campurkan stroberi, ceri, raspberries, yoghurt vanilla, dan susu kacang mete. Cuci bersih blender setelah membuat satu warna agar tidak terkontaminasi untuk warna berikutnya sehingga menghasilkan warna yang menarik. Blender kembali untuk tahapan selanjutnya seperti cara tadi hingga lapisan terakhir.
  3. Tuang satu-persatu warna smoothies ke dalam gelas mulai dari warna merah, orange, kuning, hijau, ungu dan pink hingga menyerupai lapisan rainbow.
  4. Tambahkan irisan buah segar sebagai topping. Sebelum dihidangkan, masukkan smoothie ke freezer selama beberapa menit agar lebih segar. Nikmati smoothie selagi dingin. Selamat mencoba. 
youtube:2tk_fSNMV80
source: https://www.youtube.com/watch?v=2tk_fSNMV80
How to Make a Rainbow Smoothie! Healthy Smoothie Recipe