Honey Garlic Shrimp

Honey garlic shrimp adalah menu olahan sehat dari udang kupas dengan siraman saus garlic di atasnya yang dibuat hanya dengan 4 bahan saja yaitu madu, bawang putih, garam, dan cayenne pepper.

Cayenne pepper adalah cabai yang dapat membantu mengurangi berat badan karena mengandung zat yang bernama capsaicin yang menimbulkan rasa pedas dan panas sehingga membantu meningkatkan suhu tubuh untuk membakar lemak.

source: http://rasamalaysia.com/honey-garlic-shrimp/

Resep ini terbilang sederhana karena dapat dibuat hanya dalam waktu 15 menit saja (10 menit untuk persiapan dan 5 menit untuk memasak).

Bahan yang digunakan:

1 1/2 sendok makan madu
1 sendok teh sari lemon
1/4 sendok teh garam
cayenne pepper secukupnya
1 1/2 sendok makan olive oil
4 siung bawang putih yang sudah dicacah
12 ons udang, kupas dan buang bagian ekor
1 sendok makan mentega
1 sendok teh daun piterseli yang sudah dicincang

Cara memasak:

Campurkan madu, sari lemon, garam, dan cayenne pepper dalam mangkuk, kemudian aduk hingga tercampur merata. Panaskan skillet dan masukkan olive oil. Tumis bawang putih hingga harum dan masukkan udang yang sudah dikupas. Aduk sebentar kemudian masukkan campuran bahan yang sudah dibuat sebelumnya. Tunggu hingga udang tampak kuning keemasan. Jika sudah, tambahkan mentega dan aduk hingga mentega terserap sempurna ke dalam udang. Tambahkan daun piterseli kemudian matikan kompor dan siap dihidangkan.

Mango Mandarin Sesame Shrimp Salad

Merupakan olahan salad yang tidak hanya lezat namun juga menyehatkan karena menggabungkan jeruk, mangga, alpukat, paprika merah, dan edamame di dalamnya. Tambahan udang yang sudah direndam dengan saus yang terbuat dari campuran jahe dan wijen memberikan sensasi rasa manis gurih yang menambah kenikmatan salad ini.

Lalu mengapa resep ini bisa membantu program diet kamu?
1. Di dalam 100 gr buah jeruk mandarin memiliki kandungan sekitar 3 gr serat pangan. Serat pangan bisa menjadikan perut terasa kenyang lebih cepat serta lebih lama.
2. Buah mangga memiliki kandungan glycemix index yang rendah yaitu sekitar 41-60 sehingga buah mangga akan membuat kadar gula naik secara perlahan seta membuat perut merasa kenyang dalam waktu lama.
3. Alpukat mengandung lemak tak jenuh sejumlah 14,66 gram/100 gram. Lemak tak jenuh akan membantu tubuh menyerap nutrisi dengan baik sehingga terhindar dari rasa lapar dalam waktu yang lebih lama.
4. Dalam secangkir paprika, hanya terdapat sekitar 45 kalori di dalamnya. Mengonsumsi paprika secara rutin dapat mempercepat metabolisme dan membantu membakar lebih banyak kalori dalam tubuh.
5. Edamame adalah makanan tinggi protein namun rendah lemak sehingga cocok digunakan sebagai camilan bagi yang sedang menjalankan diet.

source: http://www.lecremedelacrumb.com/2016/08/mango-mandarin-sesame-shrimp-salad.html

Resep ini dapat dibuat hanya dalam waktu 30 menit saja (15 menit untuk persiapan dan 15 menit untuk memasak).

Bahan yang digunakan:

700 - 900 gram udang mentah yang sudah dikupas (ekor boleh tidak dipotong)
8 cup daun selada cincang
1 alpukat, iris tipis
1 mangga ukuran besar, potong kotak
1/2 cup jeruk mandarin
1 paprika merah, potong kotak
1/3 cup edamame yang sudah dikupas
1/4 cup daun ketumbar, cincang kasar
wijen untuk taburan

Salad dressing
1/2 cup minyak (minyak sayur, minyak canola, atau minyak kacang lebih baik)
1/3 cup cuka beras
1/4 cup saus asin
2 sendok makan minyak wijen
1 sendok makan gula
3 sendok teh bawang putih cincang
1/2 sendok teh bubuk jahe (semakin banyak semakin berasa)

Cara memasak:
Campurkan seluruh bahan untuk membuat salad dressing ke dalam blender, hancurkan hingga seluruh bahan menjadi halus. Tuangkan 1/3 dari campuran yang sudah di-blender ke dalam plastik, tambahkan udang, tutup plastiknya dan dinginkan selama 10-30 menit. Kemudian simpan sisanya untuk digunakan sebagai saus.

Ambil plastik yang berisi udang, buang saus sisa rendaman dan panggang udang di atas skillet selama 4-8 menit dengan api sedang. Susun selada, alpukat, mangga, jeruk, paprika, dan edamame di atas piring. Letakkan udang yang sudah dimasak di atasnya, siram dengan sisa saus kemudian taburi daun ketumbar dan wijen sebagai pelengkapnya.
 

Spicy Garlic Sun Dried Tomato Shrimp

Hidangan bercita rasa pedas dan beraroma bawang putih dengan sentuhan rasa manis yang diciptakan dari campuran tomat kering dan tomat anggur. Hidangan ini sangat mudah digunakan karena hanya perlu proses menggoreng, mengaduk, dan langsung memakannya.

Tomat dapat mengatur hormon ghrelin dalam tubuh. Kandungan ghrelin yang rendah bisa membuat perut kenyang. Tomat juga mengandung lycopene (pemberi warna merah pada tomat) yang berguna untuk mengusir selera makan. Pengeringan tomat dengan menggunakan sinar matahari ini bertujuan untuk menjaga kandungan dalam tomat yang bermanfaat bagi tubuh agar tidak hilang.

source: http://cafedelites.com/2016/05/04/spicy-garlic-sun-dried-tomato-shrimp-recipe/

Resep ini dapat dibuat hanya dalam waktu kurang dari 10 menit saja.

Bahan yang digunakan:
4 sendok teh minyak hasil pengeringan tomat (bisa diganti olive oil atau minyak lainnya)
700 gram udang mentah, kupas dan biarkan ekor menempel
1 sendok makan bawang putih, cacah atau hancurkan
3,5 ons tomat kering
1 cup tomat anggur atau ceri, belah menjadi dua
3/4 sendok teh garam
1 sendok teh bubuk cabe
2 sendok makan bubuk daun basil

Cara memasaknya:
Panaskan 2 sendok teh minyak tomat kering di atas skillet dengan api sedang. Masukkan udang sedikit demi sedikit dan masak selama 1-2 menit hingga udang benar-benar matang. Jangan terlalu lama dalam memasak karena udang akan bertekstur seperti karet. Panaskan kembali 2 sendok teh minyak di atas skillet. Masukkan bawang putih dan tumis hingga harum. Masukkan tomat kering dan tomat ceri/anggur, garam, dan bubuk cabe. Masak hingga tomat menjadi lebih lembut sekitar 2-3 menit. Masukkan kembali udang yang sudah dimasak dan aduk hingga merata, tambahkan daun basil diatasnya. Matikkan api dan sajikan di atas nasi, pasta, atau sayur yang akan dimakan.