Gunakan Sunscreen sebagai Base

Karena cuaca yang panas dan terik, sebaiknya kamu jangan menggunakan makeup dengan base yang terlalu berat karena kamu akan mudah berkeringat sehingga menjadi luntur. Sebaiknya gunakan sunscreen sebagai base makeup kamu. Pony menggunakan sunscreen Avene dengan SPF 50+ yang dapat memberikan efek glowy pada wajah. Gunakan sponge untuk mengaplikasikannya pada wajah agar dapat halus dan merata.
Pastikan bibirmu juga ter-cover oleh sunscreen.

Gunakan Cream Blush

Pony menggunakan Giorgio Armani Blush Fabric #01 Petal Choral. Blush ini memiliki jenis semi gloss, sehingga warnanya bisa tampak matte pada wajah dan lembut seperti primer. Sebenarnya jika kamu memiliki blush jenis powder kamu bisa memakainya, tapi jika kamu ingin tampilan yang lebih segar dan translucent kamu bisa menggunakan cream blush. 

Gunakan warna selain warna pink, seperti scarlet atau fuchsia dan aplikasikan tipis-tipis pada wajah. Aplikasikan mulai dari bawah mata, kemudian baurkan ke kiri dan ke kanan menggunakan jari. Jika kamu menggunakan base makeup, gunakan blush sebelum menggunakan concealer agar merata. Jika kamu kehabisan cream blush kamu bisa menggunakan lipstik dengan shade yang sama.

Gunakan Concealer

Pony menggunakan VDL Brightening Tone Concealer #A201. Gunakan concealer untuk menutupi dark circle di bawah mata dan bagian yang tidak rata pada wajah. Kamu juga bisa menggunakan concealer untuk menutupi pori-pori yang di hidung. Meskipun cuaca yang terik, menggunakan concealer cukup penting untuk menutupi kekurangan pada wajah karena base makeup yang digunakan hanyalah sunscreen.
 

Contour

Bronzer jenis powder di cuaca yang panas akan lebih mudah luntur karena keringat. Untuk mengakalinya, gunakan produk untuk alis, yaitu Makeup Forever  Aqua Brow #15 Blond. Baurkan sedikit pada tangan lalu baurkan kuas dengan brow tadi di bagian yang paling tipis. Aplikasikan pada samping hidung agar terlihat mancung. Melalui cara ini meskipun wajahmu berkeringat, contour tidak luntur karena keringat. Gunakan pada kelopak mata secara tipis, bawah hidung, dan bawah bibir. 

Bentuk Alis

Gunakan kuas untuk membentuk alis, kamu bisa menggunakan Makeup Forever  Aqua Brow #15 Blond, sama seperti untuk contouring. Untuk membuat alis, Pony menggunakan brush dari Benefit Brow Zings yaitu Hard Angle Brush. Untuk hasil yang natural, ikuti bentuk alismu. Kamu bisa menge-blend alis dengan menggunakan jari, agar warnanya bisa rata dengan warna alis asli kamu. Gunakan warna alis yang senada dengan warna alismu agar penampilanmu bisa terlihat natural.

Gunakan Bedak

Pony menggunakan Etude House Zero Sebum Drying Powder untuk wajah. Aplikasikan merata pada wajah dan jangan terlalu tebal untuk mendapatkan hasil yang natural. Bedak ini tidak memiliki warna dan coverage wajah. Namun, di cuaca terik, bedak ini dapat menyerap minyak berlebihan di wajah dengan baik.

Bagian Kelopak Mata

Pony menggunakan Etude House Play 101 Pencil #33. Gunakan pada kelopak mata dan baurkan dengan jari. Mulai dari bagian ujung mata dan buat garis lurus, kemudian baurkan. Kelopak matamu akan tampak merah muda natural. Karena bentuknya cream, kamu bisa menggunakan Mac Eye Shadow #Soba untuk menyerap minyak pada cream tadi. Gunakan pada bagian atas kelopak mata dan baurkan kembali dengan jari. Jangan lupa untuk menggunakan pada bagian bawah mata agar mata tampak segar.

Gunakan Eyeliner

Pony menggunakan BBIA Last Auto Gel Eyeliner #B5 Soul Brown, efek yang dihasilkannya akan membuat eyeliner pada mata tampak samar, ikuti garis bulu mata dan lakukan gerakan zig zag untuk membuat eyeliner tersebut. Kali ini Pony tidak membuat wing tip pada eyeliner, melainkan membuat wing tip secara natural dengan cara menidurkan pensil alis di ujung mata dan membiarkan pencil liner membuat wing secara natural. Melalui cara ini, eyeliner bisa tampak natural.

Gunakan Maskara

Karena cuaca yang panas, sebaiknya kamu tidak memakai bulu mata palsu karena terlalu berat dan mengganggu. Sebaiknya gunakan maskara dengan tepat. Kamu bisa menggunakan Aritaum Micro Mascara #1 Noir Black. Jangan lupa untuk menggunakan penjepit bulu mata agar bulu mata tampak lentik, kemudian aplikasikan maskara dengan arah yang berbeda agar bulu mata menyebar.

Terakhir, Bibir

Pony menggunakan Seventeen Berry Crush Lip Stain karena memiliki warna yang natural dengan warna bibir. Lip stain ini tidak berat pada bibir sehingga tidak mengganggu dalam cuaca yang panas dan terik. Mulanya aplikasikan lipstik dari dalam kemudian baurkan keluar. Hal ini agar warna yang dihasilkan tidak terlalu berlebihan untuk natural makeup.

Sebaiknya jangan gunakan lipstik dengan coverage yang terlalu tebal dan membuat bibir kering karena di bawah cuaca terik, bibir akan lebih mudah pecah-pecah dan berdarah. Jika memang bibirmu mudah kering, kamu bisa menggunakan lip balm sebelum menggunakan lipstik.

Nah, bagaimana Beautynesian? Tidak sulit, kan untuk mencobanya? Jika kamu ingin melihat tutorial lengkap makeup natural Pony kamu bisa melihatnya di bawah ini. Selamat mencobanya!

youtube:tRUGnDVnI60
source: https://www.youtube.com/watch?v=tRUGnDVnI60
Natural Make up (With subs) 내추럴 메이크업