Memasak

Tentunya kamu nggak asing dengan berbagai online shop yang menjual makanan, hidangan penutup, hingga jasa katering sehat. Nah, kalau kamu hobi berkreasi di dapur, bidang usaha ini boleh kamu coba.

Awalnya, coba bawa hasil kreasimu untuk disajikan ke tetangga, teman kuliah, meeting di kantor, atau di arisan mama. Setelah itu, mulailah sounding bahwa kamu menerima pesanan. Jangan lupa siapkan daftar harga lengkap dengan foto, agar calon pembeli mendapat gambaran ya!

source: https://www.thepennyhoarder.com/jobs-making-money/how-to-start-a-cake-business-side-hustle/


 

baca juga

Make Up

Kalau kamu hobi makeup, tentunya menjadi freelance makeup artist adalah pilihan yang tepat untukmu. Mubazir kan, mengoleksi berbagai jenis eyeshadow palette dan lipstik, padahal hanya kamu sendiri yang menggunakannya?

Awalnya, tentu kamu harus mencari pengalaman terlebih dahulu. Kontak teman-teman terdekatmu untuk makeover gratis, dan mulailah merancang portofolio. Tawarkan jasa makeup kamu ke keluarga atau teman-teman terdekat untuk menghadiri acara-acara penting. 

source: https://www.qcmakeupacademy.com/2015/01/how-to-get-freelance-makeup-artist-jobs/


 

Menulis

Menulis, baik fiksi maupun non-fiksi, akan meningkatkan wawasan dan pemahamanmu dalam berbagai hal. Hobi ini dapat kamu 'sulap' menjadi penghasilan tambahan, lho. Coba kirim artikel atau cerpen buatanmu ke koran atau majalah setempat.

Hobi menulis blog atau membuat video di Youtube? Kalau kamu rajin membuat konten yang menarik, jumlah pengikutmu akan bertambah, dan banyak perusahaan akan melirikmu sebagai partner untuk beriklan.

source: https://justagirlandherblog.com/my-blogging-story/


 

baca juga

Menari dan Berolahraga

Kini banyak perempuan yang hobi menjaga kebugaran tubuh lewat menari dan berolahraga. Mulai dari balet, hip hop, hingga pilates dan yoga. Apabila kamu menyenangi hal-hal tersebut, kamu dapat mempertimbangkan menjadi guru les. Mayoritas orang dengan jadwal yang padat tidak sempat menghadiri kelas-kelas tari atau olahraga di gym, sehingga mereka lebih suka belajar secara privat. 
source: http://rxvt.org/yoga-class-explanations-for-beginners/

Good luck, ladies!