1. Pilih Jilbab Berbahan Katun atau Kaos

Bahan hijab yang kamu gunakan ternyata sangat mempengaruhi kondisi rambut. Hijab berbahan katun atau kaos akan lebih mudah menyerap keringat dan tidak membuat kepala berkeringat. Bahan katun memiliki pori-pori yang bisa melancarkan sirkulasi udara dengan baik sehingga keringat tidak menumpuk dan mencegah rambut lepek. 

source: http://remaja.suaramerdeka.com/2016/01/12/hijab-tutorial-gaya-simple-dengan-katun-scarf/

2. Keramas Minimal Tiga Kali Seminggu

Rambut yang tertutup lebih cepat berkeringat dan kotor terutama saat cuaca panas. Setidaknya kamu perlu keramas tiga kali seminggu agar rambut tetap terjaga kebersihannya. 

source: http://travel.kompas.com/read/2016/07/13/210500827/.Bad.Hair.Day.Saat.Liburan.Jangan.Panik.Lakukan.5.Hal.Ini

3. Pilih Sampo Sesuai dengan Jenis Rambut

Pilih sampoo yang sesuai dengan jenis rambut dan kondisi kulit kepala. Bila kamu memiliki masalah terhadap rambut rontok carilah produk perawatan untuk rambut kering dan rontok. Jangan lupa juga mengimbangi perawatan rambut dengan pemakaian kondisioner, vitamin, maupun serum. Sampo saja terkadang belum cukup merawat kesehatan rambut secara optimal. 
 

source: https://www.youtube.com/watch?v=tXyelvmH6Fw

4. Pilih Jilbab Berwarna Soft

Warna jilbab bukan hanya mempengaruhi penampilan dan menyesuaikan dengan busana yang digunakan, namun warna jilbab yang lembut ternyata mampu memberikan efek sejuk di kulit kepala. Folikel rambut juga tidak mudah terhambat saat pertumbuhan rambut berlangsung. 

source: http://lc.imtas.web.id/index.php?id=8&module=news

5. Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Wanita berhijab juga dianjurkan merawat rambutnya menggunakan bahan alami seperti lidah buaya, urang aring, maupun daun mint. Lidah buaya mengandung aloin untuk memperkuat akar rambut serta menjaga kesuburan rambut. Selain lebih mudah didapat kamu juga bisa melakukannya sendiri di rumah. 
 

source: http://www.sgbuyersguide.com/

6. Pastikan Rambut Kering Saat Berhijab

Keramas sebaiknya dilakukan beberapa jam sebelum kamu beraktivitas. Hal ini agar tidak mengganggu aktivitas karena harus terburu-buru memakai jilbab saat rambut belum kering. Bila memang tidak memungkinkan kamu boleh mengeringkan rambut menggunakan hair drayer dengan panas paling rendah. Tapi sebaiknya jangan terlalu sering, ya. 
 

source: http://www.suara.com/lifestyle/2015/12/24/152827/mengeringkan-rambut-dengan-handuk-berbahaya

7. Membuat Rambut Kepang

Memiliki rambut panjang, cara terbaik saat memakai hijab yaitu dengan diikat. Pilih ikat rambut yang nyaman dan sedikit lebih longgar agar tidak membuat sakit kepala. Alternatif lainnya yaitu kamu bisa membuat rambut kepang agar rambut tidak membentuk cepol besar sehingga menghalangi kepala saat bersandar. 
 

source: http://bebas-yah.blogspot.com/2015/06/31-gaya-rambut-wanita-yang-bikin-cantik.html