Tentang Dokter

Dr. Kurniawan, S.IP, B.MedSc (Aus), M.Biomed (AAM), Dipl. Aest Med, Cert. ABAARM merupakan dokter spesialis estetika yang telah mendapatkan sertifikat resmi dari American Board of Anti Aging and Regenerative Medicine (ABAARM). Selain tersertifikasi oleh ABAARM, Dr. Kurniawan juga telah mendapatkan Post-graduate Diploma in Dermatology dari salah satu universitas di Inggris, yaitu Cardiff University, United Kingdom.

Pria berusia 40 tahun ini telah menggeluti dunia kesehatan dan kecantikan sejak tahun 2002, dan saat ini beliau menjabat sebagai direktur sekaligus owner dari klinik kecantikannya sendiri, yaitu Skin & Slimming Lifestyle Clinic, Jakarta. Dengan background pendidikan dan pengalamannya, Dr. Kurniawan saat ini berfokus kepada slimming treatment, skin care, dan anti-aging treatment. 

Dr. Kurniawan: Ini Bahan-Bahan Alami yang Bisa Atasi Kulit Kering

1. Minyak Zaitun

Dr. Kurniawan merekomendasikan minyak zaitun untuk pemilik kulit kering karena kandungan antioksidan pada buah zaitun sangat tinggi. Antioksidan sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit karena bisa menetralisir zat radikal bebas dari polusi dan debu yang bisa menyebabkan kulit kering. Selain itu, dalam minyak zaitun juga terkandung vitamin A dan vitamin E yang bisa menutrisi kulit dan membantu kulit dalam meregenerasi sel.

Jika kamu tertarik untuk mencoba minyak zaitun, kamu bisa menggunakannya pada malam hari sebelum tidur dengan mengoleskannya pada kulit wajah yang kering. Setelah itu, pijat-pijat wajahmu dengan lembut dengan gerakan melingkar. Jika sudah selesai memijat, kamu bisa membilas minyak zaitun dengan air hangat.

source: https://www.tokopedia.com/ciptakimia/repack-minyak-zaitun-borges-extra-virgin-olive-oil-500ml

2. Susu

Susu ternyata sangat baik untuk melembapkan kulit, lho. Susu memiliki kandungan asam laktat yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan juga membantu kulit menjaga kelembapannya. Tidak hanya itu, susu juga bisa bekerja sebagai anti-inflamasi, sehingga bisa kamu gunakan untuk meredakan inflamasi dan rasa gatal pada kulitmu akibat kering. Karena inilah Dr. Kurniawan merekomendasikan susu untuk melembapkan kulit yang kering.

source: https://www.bebeautiful.in/all-things-skin/everyday/beauty-secrets-from-around-the-world

3. Madu

Rekomendasi bahan alami selanjutnya dari Dr. Kurniawan adalah madu. Ya, madu memang terkenal mampu melembapkan kulit dengan sangat baik. Di dalam cairan madu terkandung antioksidan dan antimikroba yang bisa melembapkan kulit kering dengan cepat. Selain membuat kulit menjadi lembap, madu juga bisa membuat kulit menjadi halus karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk kulit. Dengan kata lain, madu adalah bahan alami yang tepat untuk kamu gunakan pada kulit keringmu.

source: http://fairtradeusa.org/products-partners/honey

4. Yogurt

Di dalam Yogurt terkandung banyak antioksidan dan anti-inflamasi yang bisa melembapkan kulit kering dan meredakan inflamasi. Inilah yang membuat yogurt sebagai agen hydrating yang sangat baik untuk kulit yang perlu nutrisi. Lalu, kandungan asam laktat dalam yogurt bisa membunuh bakteri yang dapat menyebabkan kulit kering dan juga mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di permukaan kulit. Inilah mengapa Dr. Kurniawan merekomendasikan yogurt untuk wanita yang mengalami masalah kulit kering.

source: http://www.stylecraze.com/articles/10-amazing-beauty-benefits-of-yogurt-for-skin-and-hair/

5. Minyak Kelapa

Bahan alami terakhir yang direkomendasikan oleh Dr. Kurniawan untuk melembapkan kulit adalah minyak kelapa. Minyak kelapa kaya akan asam lemak yang bisa menutrisi dan menjaga kelembapan alami kulit. Teksturnya yang lembut dan cair membuatnya sangat mudah diserap oleh kulit. Nah, jadi minyak kelapa ini bisa menjadi pilihan untuk melembapkan kulitmu secara alami.

source: https://coconut-merchant.com/uses-and-benefits-of-coconut-oil/

Itulah 5 rekomendasi bahan alami dari Dr. Kurniawan yang bisa menjadi solusi untuk masalah kulit keringmu. Sudah pasti bahan-bahan alami ini terbukti ampuh untuk melembapkan kulit dan mengusir kulit kering. Bahan alami mana yang paling menarik perhatianmu? Ayo, tinggalkan komentarmu di bawah ini!