Tentang Dokter

source: https://www.instagram.com/p/BIo62rljnT71_H93lqANSB5YCz-KOxQLc2EHU40/?taken-by=dr.kurniawan.m

Dr. Kurniawan, S.IP, B.MedSc (Aus), M.Biomed (AAM), Dipl. Aest Med, Cert. ABAARM merupakan dokter spesialis estetika atau kecantikan yang telah mendapatkan sertifikat resmi dari American Board of Anti Aging and Regenerative Medicine (ABAARM). Selain tersertifikasi oleh ABAARM, Dr. Kurniawan juga telah mendapatkan Post-graduate Diploma in Dermatology dari salah satu universitas di Inggris, yaitu Cardiff University, United Kingdom. Pria yang pada tahun ini genap berusia 40 tahun telah menggeluti dunia kesehatan dan kecantikan sejak tahun 2002, dan saat ini beliau menjabat sebagai Direktur sekaligus Owner dari klinik kecantikannya sendiri, yaitu Skin & Slimming Lifestyle Clinic, Jakarta. Dengan background pendidikan dan pengalamannya, Dr. Kurniawan saat ini berfokus kepada slimming treatment, skincare dan anti-aging treatment. 

Dr. Kurniawan: Lipstick Matte Bukan Penyebab Bibir Kering

source: https://www.etsy.com/listing/227535190/dirty-secret-dna-liquid-lipstick-matte

Memang ada beberapa kandungan di dalam lipstick matte yang bisa menyebabkan bibir menjadi kering, tapi jangan sampai kamu memukul rata jika semua lipstick matte itu membuat bibir kering, ya, Beautynesian. Ada beberapa lipstick matte yang tidak membuat bibirmu kering ketika digunakan. Kamu hanya perlu hati-hati ketika memilih lipstick matte, terutama untuk kamu yang memiliki bibir sensitif.
 
Menurut Dr. Kurniawan, Beautynesian harus lebih selektif ketika memilih lipstick matte dan memperhatikan kandungan aktif di dalam lipstick matte. Biasanya, lipstick matte yang membuat bibir kering itu mengandung kadar alkohol yang tinggi atau mengandung bahan aktif yang tidak cocok dengan kulit bibir kamu yang sensitif. Jadi, kamu harus lebih memerhatikan kandungan aktif di dalam lipstick.
 

“Lipstick matte bisa juga menjadikan bibir menjadi kering, namun bisa dilihat dari kandungannya juga. Bukan berarti semua lipstick matte mengakibatkan bibir menjadi kering. Bibir menjadi kering biasanya diakibatkan lisptick itu mengandung kadar alkohol yang terlalu tinggi sehingga bisa menyebabkan bibir menjadi kering. Bibir menjadi kering juga bisa disebabkan karena bibir sang pemakai memang sensitif terhadap kandungan bahan lipstick itu.”

Lalu, selain disebabkan oleh penggunaan lipstick matte, Dr. Kurniawan mengatakan bahwa bibir kering juga bisa disebabkan oleh penggunaan obat jerawat yang memiliki kandungan Isotretinoin yang memang bisa mengurangi kelembapan air pada kulit.  
 

“Selain itu juga, bibir kering bisa disebabkan karena faktor yang telah dijelaskan sebelumnya yaitu obat-obatan untuk mengatasi jerawat. Jadi, bukan karena lisptick mattenya itu.”

source: http://www.huffingtonpost.com/2013/10/29/prevent-chapped-lips-balms_n_4168682.html

Dr. Kurniawan: Wanita Tetap Harus Berhati-Hati Ketika Memilih Lipstick Matte

Walaupun tidak semua lipstick matte menyebabkan bibir kering, Dr. Kurniawan mengajak para wanita untuk harus tetap waspada dan berhati-hati dengan zat-zat yang terkandung di dalam lipstick dan obat-obatan yang digunakan untuk menghindari masalah bibir kering. Dr. Kurniawan menyarankan untuk selalu mencoba melakukan swatch lipstick di tangan sebelum membelinya untuk melihat reaksi yang ditimbulkan pada kulit.  
 

“Anda harus lebih teliti melihat kandungan dari lipstick sebelum membeli atau mencobanya pada bagian tangan supaya terlihat reaksinya bagaimana di kulit Anda. Terlebih, sekarang setiap produk memiliki kandungan rahasia pada lipstick, sehingga bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, Anda harus berhati-hati ketika memilih lipstick. Obat jerawat Isotretinoin selain mengakibatkan bibir kering, juga bisa mengakibatkan cacat janin. Oleh sebab itu, bagi Anda yang sedang hamil juga harus berhati-hati ketika menggunakan obat jerawat."

source: http://beauty.onehowto.com/article/how-to-use-lip-gloss-step-by-step-102.html

Dr. Kurniawan: Lip Balm Belum Tentu Bisa Mengobati Bibir Kering

Lip balm memang dikenal sebagai produk lip care yang ampuh untuk mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah. Namun, menurut Dr. Kurniawan tidak semua jenis lip balm bisa melembapkan bibir dan menjadi solusi untuk masalah bibir kering. Beautynesian tetap harus lebih cermat ketika memilih lip balm dan melihat isi kandungan yang ada di dalam lip balm itu. 

“Lip balm belum tentu bisa mengobati bibir yang kering. Harus dilihat lagi kandungan di dalamnya. Lip balm tidak boleh mengandung alkohol, dan bagusnya mengandung seramit, urea. Sebaiknya, Anda jangan menggunakan lip balm yang ada pewangi, pewarna, dan perasa. Terlebih, bila Anda pergi ke daerah yang terlalu dingin dan terlalu panas, jangan menggunakan lip balm yang mengandung mint karena bibir memerlukan moisturizer yang cukup banyak.”

source: http://caaantik.com/13693/diy-cara-membuat-lip-balm.html

Nah, Beautynesian, ternyata bibir kering tidak semata-mata disebabkan oleh lipstick matte, lho. Ternyata ada banyak faktor lain yang bisa menyebabkan bibir kamu kering. Kamu bisa mengikuti saran yang diberikan oleh Dr. Kurniawan untuk lebih teliti dalam memilih lipstick dan memerhatikan kandungan yang ada di dalamnya. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!