Sekilas tentang Tanaman Delima

Buah delima merupakan salah satu tanaman dari jenis Punica dan dari keluarga punicaceae dengan nama ilmiah Punica granatum. Buah ini mempunyai ciri morfologi berbentuk bulat dengan diameter 5-12 cm. Warna kulit buahnya beraneka ragam. Ada yang yang berwarna merah, cokelat tua, hijau keunguan maupun kehitaman. Biji buah delima banyak dan berukuran kecil. Warna biji inilah yang berwarna merah.

Bentuk bijinya bukan bulat tapi persegi, ada yang berbentuk kubus atau balok pipih. Sejarah mencatat, buah delima pada awalnya berasal dari negara-negara Timur
Tengah khususnya Iran. Namun, perkembangbiakannya telah lama dilakukan di negara-negara sepanjang Mediterania. Tanaman delima juga banyak ditanam di Cina Selatan dan Asia Tenggara.

Buah delima merupakan buah yang banyak manfaatnya untuk kesehatan. Hal ini disebabkan kandungan-kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Di dalam buah delima terkandung potasium atau ion kalium yang tinggi, asam folic dan vitamin A, C, serta E. Tidak hanya untuk kesehatan di dalam tubuh saja, dengan kandungan-kandungan tersebut, delima juga bermanfaat untuk kecantikan. 

source: http://www.tevi-s.com/natures-gift/

Manfaat Delima untuk Kulit Wajah

Khusus untuk perawatan kulit wajah, kamu dapat menjadikan buah delima sebagai salah satu bahan alami pembuatan masker wajah yang ampuh. Apa saja manfaat buah delima untuk perawatan wajah?

  1. Sebagai antioksidan. Memiliki kandungan vitamin C, buah delima berperan sebagai antioksidan bagi kulit. Anti oksidan bertugas untuk mencegah masuknya radikal bebas pada kulit. Radikal bebas tersebut mencakup kotoran, debu serta bakteri-bakteri penyebab jerawat dan infeksi pada kulit.
  2. Melembapkan kulit wajah. Banyak faktor yang menyebabkan kulit menjadi kering. Selain karena sinar matahari, kurangnya konsumsi buah dan sayur, kulit kering juga bisa disebabkan oleh penggunaan produk kosmetik yang tidak cocok. Untuk mengembalikan kelembapan kulit, memanfaatkan masker wajah dari buah delima merupakan salah satu pilihan. Hal ini karena buah delima akan melembapkan kulit dengan kandungan asam punicic-nya.
  3. Mengurangi minyak pada wajah. Minyak tidak hanya membuat wajah menjadi kusam namun juga membuat wajah menjadi rentan berbagai masalah kulit seperti jerawat dan komedo. Jika tidak ingin hal ini terjadi, kamu dapat memanfaatkan masker wajah delima sebagai solusi karena buah ini akan membantu menstabilkan kadar minyak pada kulit wajah.
  4. Mencerahkan kulit wajah. Delima juga mempunyai kemampuan untuk mempercepat regenerasi kulit. Kulit mati yang masih bertengger di kulit berupa bekas jerawat, flek hitam akan diangkat dan diganti dengan kulit baru yang lebih cerah. Dengan demikian, delima mempunyai kemampuan untuk mencerahkan kulit wajah.
source: http://m.bello2.com/aqua-shine-face-rejuvenation-treatment

Cara Membuat Masker Wajah dari Buah Delima

Itulah empat manfaat yang akan didapatkan ketika merawat wajah dengan buah delima. Kamu bisa membuat masker wajah ekonomis dan praktis dari buah delima tersebut sendiri di rumah. Untuk membuat masker wajah dari delima, kamu bisa memanfaatkan kulitnya yang tebal. Caranya sangat sederhana yaitu:

  • Siapkan beberapa kulit buah delima.
  • Parut atau haluskan kulit buah delima tersebut.
  • Jika punya, bisa juga menambahkan satu sendok teh air mawar untuk menguatkan manfaatnya.
  • Jadikan hasil parutan sebagai masker wajah. 
  • Diamkan selama 20 menit dan cuci dengan air hangat.

Bagaimana, tertarik mendapatkan manfaat buah delima di atas untuk perawatan wajah alami? Jika malas mengolah buah delima mentah, kamu dapat membeli masker buah delima yang sudah jadi. Salah satu merek yang bisa dipertimbangkan adalah Punica Granatum Emollient Face Mask. Selamat mencoba, ya.
 

source: http://www.kingirlsgarden.com/products_info/en_US/106