Tentang Dokter

Dr. Kurniawan, S.IP, B.MedSc (Aus), M.Biomed (AAM), Dipl. Aest Med, Cert. ABAARM merupakan dokter spesialis estetika atau kecantikan yang telah mendapatkan sertifikat resmi dari American Board of Anti Aging and Regenerative Medicine (ABAARM). Selain tersertifikasi oleh ABAARM, Dr. Kurniawan juga telah mendapatkan Post-graduate Diploma in Dermatology dari salah satu universitas di Inggris, yaitu Cardiff University, United Kingdom. Pria yang pada tahun ini genap berusia 40 tahun telah menggeluti dunia kesehatan dan kecantikan sejak tahun 2002, dan saat ini beliau menjabat sebagai Direktur sekaligus Owner dari klinik kecantikannya sendiri, yaitu Skin & Slimming Lifestyle Clinic, Jakarta. Dengan background pendidikan dan pengalamannya, Dr. Kurniawan saat ini berfokus kepada slimming treatment, skincare dan anti-aging treatment. 

Kenali Obat-Obatan yang Menyebabkan Kulit Kering

Obat-obatan ternyata bisa membuat kulit kamu menjadi kering, lho, Beautynesian. Beberapa obat-obatan mengandung beberapa bahan aktif yang bisa mengurangi kemampuan kerja kelenjar minyak pada tubuh sehingga kemampuan tubuh untuk memproduksi minyak akan berkurang. Jika produksi minyak pada tubuh berukurang, kulit kamu otomatis akan menurun kadar kelembapannya dan menjadi kering. Selain membuat kulit tubuh menjadi kering, obat-obatan juga bisa membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah karena kekurangan kadar minyak pada bibir.

Menurut Dr. Kurniawan, jenis obat-obatan yang memiliki efek samping bisa menyebabkan kulit kering adalah Isotretinoin yang sering digunakan para wanita untuk mengobati jerawat. Selain Isotretinoin, antibiotik juga merupakan salah satu obat yang bisa membuat kulit menjadi kering. Kedua jenis obat ini bisa menyebabkan kulit kamu kering karena kemampuannya yang bisa menekan daya kerja kelenjar minyak pada tubuh. 

"Kulit kering bisa disebabkan karena mengonsumsi obat yang berguna untuk mengobati jerawat, contohnya Isotretinoin. Obat pada jerawat bisa mengakibatkan kulit atau bibir kering karena sifat bekerjanya membuat kelenjar minyaknya kurang aktif. Dan akibatnya bibir akan menjadi lebih kering dan pecah-pecah. Selain obat jerawat, antibiotik juga sering menjadi penyebab kulit kering."

Dr. Kurniawan juga menghimbau kepada Beautynesian untuk selalu berhati-hati ketika mengonsumsi obat-obatan tersebut mengingat obat-obatan ini bisa dengan mudah didapatkan di pasaran. Sebaiknya, jika kamu ingin mengonsumsi obat-obatan ini, kamu harus berkonsultasi dengan dokter dan mengonsumsi sesuai dosis yang direkomendasikan dokter.

"Obat Isotretinoin ini sekarang banyak sekali dijual di online shop, jadi Anda harus berhati-hati dan harus mengonsumsinya sesuai dengan rekomendasi dokter."

source: http://www.cdc.gov/features/antibioticresistance/

Waspadai Kosmetik yang Bisa Menyebabkan Kulit Kering

Fakta yang perlu kamu tahu, ternyata beberapa kandungan kosmetik bisa menyebabkan kulit kamu kering, Beautynesian! Ada beberapa kandungan pada kosmetik yang menekan minyak pada kulit yang bisa menyebabkan kulit kamu kering. Biasanya jenis kosmetik yang bisa membuat kulit kering ini dikhususkan untuk wanita dengan kulit berjerawat.

Menurut Dr. Kurniawan, kosmetik yang bisa menyebabkan kulit kering biasanya mengandung Benzoyl Peroxide (BPO) yang memiliki efek samping mengurangi kadar minyak pada kulit. Jadi, kamu harus berhati-hati ketika membeli kosmetik yang memiliki kandungan Benzoyl Peroxide (BPO) di dalamnya ya, Beautynesian. Selain itu waspadai juga kandungan kosmetik di bawah seperti yang dijelaskan oleh Dr. Kurniawan.

"Kosmetik yang menyebabkan kulit kering ini bisa diakibatkan dari kosmetik yang mengandung Benzoyl Peroxide (BPO). Lalu, sabun yang digunakan kandungan pH-nya lebih dari 7 juga bisa menyebabkan kulit menjadi lebih kering.  Cream wajah yang mengandung Benzoyl Peroxide (BPO) atau kadar pretenoin-nya tinggi juga bisa menjadi penyebab kulit kering. Lalu, kulit kering juga bisa diakibatkan karena toner kecantikan yang digunakan mengandung kadar alcohol yang terlalu tinggi,  jadi para wanita harus berhati-hati pada kandungan tersebut pada cream dan sabun pembersih wajah karena akan menyebabkan kulit menjadi kering."

source: http://www.webmd.com/beauty/face/ss/slideshow-skin-beauty

Demikian ulasan dari Dr. Kurniawan mengenai kosmetik dan obat-obatan yang menyebabkan kulit kering. Selalu lebih berhati-hati dan lebih cermat dalam memilih kosmetik dengan memperhatikan bahan-bahan aktif yang disebutkan oleh Dr. Kurniawan tersebut untuk menghindari masalah kulit kering. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk kamu ya, Beautynesian. Yuk, sharing pendapatmu dan tinggalkan komentarmu di bawah ini!