Tentang Dokter

Dr. Kurniawan, S.IP, B.MedSc (Aus), M.Biomed (AAM), Dipl. Aest Med, Cert. ABAARM merupakan dokter spesialis estetika atau kecantikan yang telah mendapatkan sertifikat resmi dari American Board of Anti Aging and Regenerative Medicine (ABAARM). Selain tersertifikasi oleh ABAARM. Dr. Kurniawan juga telah mendapatkan Post-graduate Diploma in Dermatology dari salah satu universitas di Inggris, yaitu Cardiff University, United Kingdom.

Pria yang pada tahun ini genap berusia 40 tahun telah menggeluti dunia kesehatan dan kecantikan sejak tahun 2002, dan saat ini beliau menjabat sebagai direktur sekaligus owner dari klinik kecantikannya sendiri, yaitu Skin & Slimming Lifestyle Clinic, Jakarta. Dengan background pendidikan dan pengalamannya, Dr. Kurniawan saat ini berfokus kepada slimming treatment, skin care, dan anti-aging treatment.  

Gejala Kulit Kering yang Perlu Kamu Waspadai

Kulit kering adalah kondisi yang terjadi pada kulit bagian luar ketika kekurangan cairan. Bagian tubuh yang rentan mengalami masalah kulit kering biasanya adalah bagian tubuh yang terbuka, seperti lengan, tangan, dan kaki. 

Menurut Dr. Kurniawan, kulit kering yang dalam dunia medis disebut dengan xerosis atau xeroderma biasanya ditandai dengan munculnya permukaan kulit yang terlihat dan terasa kasar ketika dipegang. Kulit kering biasanya juga disertai dengan rasa gatal dan munculnya warna kemerahan pada kulit. 

Gejala lainnya yang menandai kulit kering adalah munculnya garis-garis halus, kulit bersisik, dan terjadi pengelupasan pada kulit. Jika keadaan kulit kering semakin parah, bisa terjadi keretakan (crack) yang cukup dalam di kulit. Kamu harus mulai waspada kalau kamu menemukan tanda-tanda itu di kulit kamu. 

source: http://sweetspotnaturals.com/portfolio-item/treat-dry-skin/

Faktor Penyebab Kulit Kering

Pada interview yang kami lakukan beberapa waktu lalu, Dr. Kurniawan mengungkap beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab kulit kering. Faktor-faktor itu ternyata bisa berasal dari faktor dalam seperti gen, pigmen kulit, dan hormonal, serta faktor dari luar seperti gaya hidup yang kurang sehat. 

“Kulit kering bisa disebabkan karena beberapa faktor. Pertama adalah gen, kedua karena pigmen kulit, ketiga karena hormonal, dan keempat gaya hidup.”

Kulit Kering Karena Faktor Genetik dan Pigmen Kulit

Faktor keturunan atau genetik ternyata bisa menjadi salah satu penyebab dari kulit kering, lho. Kalau kamu memang berasal dari keturunan yang memiliki kulit kering, maka bisa jadi kulit kering kamu bisa disebabkan oleh faktor genetik. Faktor pigmen kulit juga bisa menjadi salah satu penyebab dari masalah kulit kering. 

"Memang kulit kering bisa terjadi karena faktor keturunan dan pigmen kulit. Biasanya orang-orang yang berasal dari ras kaukasoid atau orang-orang Eropa cenderung memiliki kulit yang cenderung lebih kering dibandingkan ras mongoloid seperti Asia."

source: http://www.fashionlady.in/treatment-for-dry-skin-acne-how-to-protect-acne-prone-skin/53674

Kulit Kering Karena Faktor Hormonal

Kulit kering juga bisa disebabkan oleh faktor hormonal ketika terjadi gangguan pada kelenjar tiroid dalam tubuh. Jika kadar hormon tiroid dalam tubuh menurun atau rendah, maka kemampuan tubuh untuk mengeluarkan keringat dan minyak pada kulit juga akan menurun sehingga kulit akan menjadi kering dan kasar. 
 

"Kalau hormon tiroid dalam tubuh rendah, maka tubuh akan sulit memproduksi keringat dan minyak pada kulit yang sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit." 

source: https://www.youtube.com/watch?v=xLzx63dELSg

Kulit kering Karena Faktor Gaya Hidup

Gaya hidup ternyata memiliki peranan yang sangat penting dalam menyebabkan kulit kering. Menurut Dr. Kurniawan, gaya hidup perkotaan yang sibuk membuat orang-orang tidak memenuhi cairan dalam tubuh yang merupakan kunci untuk kulit yang lembap. Dr, Kurniawan juga memaparkan bahwa penggunaan kosmetik dan konsumsi obat-obatan juga bisa membuat kulit menjadi kering. 
 

"Gaya hidup ini bisa disebabkan karena dia aktif dalam bekerja atau beraktivitas sehingga tidak memenuhi cairan dalam tubuh dan kulit bisa menjadi kering. Minuman yang seharusnya dikonsumsi sehari-hari itu seharusnya 4 liter kalau di bawah 1 setengah liter bisa menyebabkan dehidrasi dan kulit menjadi kering. Selain itu bisa dikarenakan kosmetik yang digunakan dan obat-obatan yang dikonsumsi mengandung kandungan tertentu sehingga kulit menjadi kering. Contohnya adalah penderita jerawat yang mengonsumsi obat golongan isotretinoin yang bisa membuat kulit kering, atau kosmetik yang mengandung kadar alkohol tinggi, resorsinol atau tretinoin dengan presentase tinggi."

source: http://gethelponline.org/home-remedies-for-dry-skin-on-face/

Beautynesian, itulah faktor-faktor penyebab kulit kering dari Dr. Kurniawan. Dari pemaparan tersebut, kamu bisa mengenali penyebab dari masalah kulit kering kamu. Jika kulit kering kamu disebabkan oleh gaya hidup, kamu mungkin bisa merubah gaya hidup kamu menjadi lebih sehat dengan meminum air putih lebih banyak. Selain itu menghindari menggunakan kosmetik atau obat-obatan yang mengandung bahan-bahan tertentu yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Simak artikel selanjutnya ya untuk solusi lebih lanjut tentang mengatasi kulit kering dari Dr. Kurniawan!