Belakangan ini pecinta kosmetik di Indonesia dihadapkan pada kondisi booming-nya beberapa produk lipstick lokal. Sebenarnya sebagian besar brand-brand produsen lipstick ini adalah brand yang sudah ada sejak jaman dahulu namun kira-kira apa yang menjadi penyebab produk lipstick mereka baru booming sekarang?

"Yang membuat lipstik lokal ini booming juga karena banyak beauty blogger yang review. Makanya para pembacanya jadi penasaran mau cobain juga" - Shella Sanjaya, beuaty blogger.
source: http://wolipop.detik.com/read/2015/09/25/091513/3027804/234/ini-alasan-di-balik-bangkitnya-lipstik-lokal-bertekstur-matte

Jadi tidak heran apabila setelah ada beauty blogger yang memberikan review produk maka produk tersebut akan seketika menjadi pusat perhatian apalagi jika seluruh review tersebut bernada positif. Lalu apakah yang menjadi pertimbangan seseorang dalam membeli lipstick?

"Rata-rata wanita suka dengan lipstik matte apalagi yang warnanya nude. Menurutku setiap brand kosmetik pasti ada lipstik matte, jadi mereka bisa pilih aneka ragam lipstik, salah satunya termasuk brand dari Indonesia yang harganya masih terjangkau." - Ryan Ogilvy, professional makeup artist
source: http://wolipop.detik.com/read/2015/09/25/091513/3027804/234/ini-alasan-di-balik-bangkitnya-lipstik-lokal-bertekstur-matte

Nah menurut Ryan Ogilvy, pecinta lipstick di Indonesia belakangan ini lebih mencari lipstick dengan hasil akhir matte dan berwarna nude. Benar saja hal tersebut membuat beberapa lipstick berikut ini menjadi pusat perhatian. Apa saja lipstick tersebut dan warna apa saja yang menjadi best seller?

Purbasari Matte Lipstick

Siapa yang tidak mengenal lipstick yang satu ini? Harganya yang murah, review yang selalu bagus, dan warnanya yang cantik cukup menjadi alasan mengapa lipstick ini booming di akhir tahun 2015. Sebenarnya lipstick ini sudah ada sejak tahun 1990-an, hanya saja baru booming belakang ini setelah tren matte lipstick masuk ke Indonesia.

source: http://www.stronglola.com/lipstik-purbasari-matte/

Nah bicara soal warna, awalnya lipstick ini hanya tersedia dalam 10 varian warna saja. Pada saat awal kemunculannya banyak yang mengatakan bahwa shade nomor 89 dan 90 adalah shade yang paling susah dicari karena banyak peminatnya. Shade 89 sendiri memiliki warna pink dan menjadi satu-satunya shade dengan undertone pink dalam produk purbasari. Sedangkan shade 90 adalah warna nude dengan hint warna peach.

Namun di bulan Agustus 2016, Purbasari mengeluarkan 5 shade terbarunya yaitu Opal, Rose, Beryl, Azotic, dan Amber. Keseluruhan warna terbaru Purbasari ini memiliki undertone pink to red.

Mineral Botanica Soft Matte Lip Cream

Jauh sebelum banyaknya produk lip cream lokal yang dibuat oleh indie brand di Indonesia, lip cream dari Mineral Botanica ini cukup menyita perhatian pecinta lipstick di Indonesia sejak awal tahun 2016. Alasannya sederhana karena pada saat itu lip cream yang sedang booming di Indonesia hanyalah produk dari brand Amerika yang dijual dengan harga yang cukup mahal yaitu sekitar Rp115.000, sedangkan Mineral Botanica Soft Matte Lip Cream muncul dengan harga yang jauh di bawahnya yaitu hanya sekitar Rp50.000 saja.

Mineral Botanica sendiri sebenarnya adalah brand lokal yang masih terbilang baru, pada saat lip cream ini booming saja produknya belum masuk ke toko-toko kosmetik dan lebih banyak dijual oleh reseller resminya via online.

source: https://www.bukalapak.com/p/perawatan-kecantikan/makeup/wajah/1uaj5s-jual-lip-cream-mineral-botanica-soft-matte


Awal kemunculannya, lip cream ini tersedia dalam 12 varian warna. Konon katanya shade yang nomor 02 (champagne beige) dan nomor 08 (pinky beige) adalah shade yang paling best seller. Shade champagne beige sendiri memiliki warna nude dengan hint pink pucat, sedangkan shade pinky beige memiliki warna nude dengan hint warna coklat dan pink. Namun baru - baru ini mineral botanica kembali meluncurkan warna terbarunya sehingga total keseluruhan shade nya berjumlah 20 warna. Banyak sekali bukan?

Sariayu Duo Lip Cream

Beberapa bulan setelah hebohnya Mineral Botanica Soft Matte Lip Cream, munculah produk liquid lipstick dari Sariayu yang juga mencuri perhatian yaitu Sariayu Duo Lip Cream. Wajar saja para pecinta lipstick menggemari produk ini karena lipstick ini terbilang unik yaitu dalam satu kemasan terdapat dua jenis lipstick dengan dua finishing yang berbeda, yaitu glossy dan matte namun dengan satu warna yang sama untuk keduanya. Dengan harga sekitar Rp99.000 tentunya produk ini worth to try.

source: https://www.tokopedia.com/springfield/best-seller-sariayu-duo-lip-color-matte-vs-glossy-trend-krakatau

Sariayu Duo Lip Cream ini tersedia dalam 12 varian warna, shade K-05, K-07, K-08, dan K-10 menjadi warna best seller. Shade K-05 sendiri memiliki warna magenta yang sedikit gelap, shade K-07 memiliki warna peachy brown, shade K-08 memiliki warna pink mauve dengan sedikit hint coklat, sedangkan shade K-10 memiliki warna nude orange. Namun warna selain 4 shade tersebut juga layak dicoba karena Sariayu Duo Lip Cream memiliki warna mulai dari bright red sampai dengan warna bright fuschia.

Wardah Intense Matte Lipstick

Lipstick ini baru saja launching di bulan Agustus kemarin dan seketika langsung menjadi pusat perhatian. Banyak beauty blogger Indonesia yang berlomba-lomba memberikan review terhadap produk ini dan hampir keseluruhannya memberikan review yang positif.

Kemasan box yang menarik membuat orang penasaran untuk mencoba ditambah lagi varian warna nude-nya yang begitu banyak pilihan. Sebenarnya ini bukan matte lipstick pertama yang dikeluarkan oleh Wardah. Sebelumnya terdapat varian Wardah Matte Lipstick dan Wardah Long Lasting Lipstick yang juga memiliki hasil akhir matte. Namun yang membuat produk ini digemari banyak orang adalah klaim dari Wardah yang mengatakan bahwa varian ini adalah produk pengembangan dari seri long lasting dengan tambahan moisturizer di dalamnya.

source: http://www.sociolla.com/journal/info/makeup-info/review-wardah-intense-matte-lipstick

Tersedia dalam 12 varian warna, shade nomor 1-6 memiliki warna yang cenderung nude walaupun dengan tone berbeda-beda sedangkan nomor 7-12 memiliki warna yang cenderung bright dan bold. Untuk saat ini warna yang menjadi best seller adalah nomor 2 (Blushing Nude) yaitu warna nude dengan tone pinkish dan nomor 3 (Peach Perfect) yaitu warna nude dengan tone peachy brown, kedua warna ini agak susah dijumpai sekalipun di beberapa online shop.


Apakah kamu termasuk orang yang mengikuti tren lipstick di Indonesia? jika iya pasti kamu memiliki salah satu dari keempat produk diatas, atau bahkan semuanya? Tapi jika tidak, tidak ada salahnya juga kamu mencoba salah satu produk tersebut dan buktikan sendiri mengapa produk tersebut worth the hype. Sudah saatnya kita mencintai produk dalam negeri.