Mandi di pagi hari dan secangkir kopi hangat mungkin dapat menghilangkan rasa kantuk dengan cepat. Namun kamu tidak dapat menyembunyikan rasa lelah yang terlihat dengan munculnya lingkaran hitam di bawah mata. 

source: http://weheartit.com

Kelelahan dapat menyebabkan kulit menjadi kusam dan mengalami dehidrasi. Hal ini menyebabkan area di bawah mata terlihat lebih cekung dan membuat pembuluh darah gelap serta jaringan di bawah kulit tampak di permukaan. Kurangnya waktu tidur juga dapat menyebabkan penumpukan cairan di sekitar mata sehingga membengkak dan menciptakan bayangan hitam di bawah mata.

Trik makeup tertentu mungkin bisa menjadi alternatif untuk atasi mata panda dengan cepat. Namun jika kamu menginginkan hasil terbaik untuk atasi mata panda, natural treatment bisa menjadi salah satu opsi untukmu. 

Kentang

source: http://www.mnn.com/lifestyle/natural-beauty-fashion/stories/how-to-get-rid-of-under-eye-bags-and-dark-circles

Kentang mengandung bahan pemutih alami yang mampu membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Parut kentang mentah, peras dan ambil airnya. Celupkan kapas ke dalam air perasa kentang, letakan kapas pada kedua mata kurang lebih selama 15 menit. Setelah itu kamu bisa membasuhnya dengan air hangat. Kamu bisa melakukan treatment ini secara rutin, setidaknya seminggu 3 kali.

Mentimun

source: http://weheartit.com

Penggunaan mentimun mungkin menjadi salah satu trik kuno yang sering digunakan untuk atasi mata yang bengkak. Kamu bisa gunakan irisan mentimun dingin untuk menyegarkan mata yang lelah. Antioksidan alami dan kandungan flavonoid di dalam mentimun dapat mengurangi iritasi dan pembengkakan yang terjadi di sekitar mata. Setelah selesai mengompres mata dengan mentimun, bilas dengan air lalu keringkan.

Teh

source: http://tribune.com.pk/story/688381/best-home-remedies-to-wash-away-dark-circles-life-style/

Sama halnya dengan mentimun, teh juga kaya akan antioksidan. Selain itu, beberapa orang juga berpendapat bahwa kandungan kafein yang terdapat di dalam teh mampu memperlancar peredaran darah di sekitar mata, sehingga sangat efektif digunakan saat mata lelah dan bengkak. Rendam kantung teh ke dalam air dingin, peras sampai tidak terlalu menetes, lalu letakkan pada area mata kurang lebih selama 5-10 menit. Bilas dengan air setelah selesai melakukan treatment ini.

Minyak Almond

source: http://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-almond-oil-for-skin-hair-and-health/

Kaya akan vitamin E, penggunaan minyak almond juga bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mencerahkan serta menghidrasi bagian bawah mata. Gunakan minyak almond untuk memijat area di bawah mata sebelum tidur dan pijatlah secara perlahan. Kamu bisa membilasnya dengan air hangat pada keesokan harinya. Treatment ini bisa kamu lakukan secara rutin karena teksur minyak almond sangat ringan dan baik untuk kulit sensitif.

Lemon

source: https://unsplash.com

Air perasan lemon kaya akan kandungan vitamin C dan dapat digunakan sebagai bahan pencerah alami untuk atasi mata yang lelah. Celupkan kapas ke dalam air perasan jeruk lemon, peras sedikit, lalu oleskan secara perlahan di area bawah mata. Biarkan hingga mengering lalu bilas menggunakan air hangat. Kandungan asam dalam perasan lemon dapat membuat kulit kering. Oleh karena itu sebaiknya oleskan under-eye cream setelah melakukan treatment ini.

Beberapa bahan di atas mungkin memberikan sedikit efek samping bagi jenis kulit tertentu, seperti misalnya rasa perih atau gatal. Jika hal itu terjadi, segera bilas dengan air bersih. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan percobaan terlebih dahulu untuk menentukan bahan mana yang paling cocok untuk kulitmu.
source: http://thesecretyumiverse.wonderhowto.com/how-to/8-home-remedies-thatll-get-rid-those-dark-circles-under-your-eyes-0148393/
Selain melakukan treatment secara rutin, pastikan untuk selalu menjalani gaya hidup sehat agar dapat meminimalkan munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Pastikan untuk tidur cukup, memperhatikan asupan makanan, serta cukupi kebutuhan tubuh akan air setiap harinya.