source: http://blog.fabletics.com/2016/04/blog-the-cleaning-eating-challenge/

Apa itu Clean Eating?

Clean eating adalah pola makan sehat di mana kamu dituntut untuk mengonsumsi "whole food" atau makanan yang terbuat dari bahan makanan alami yang tidak melalui banyak proses pengolahan sehingga tidak mengandung bahan pengawet, pestisida, atau zat-zat beracun lainnya yang sering ditemukan di makanan olahan. Jadi, kamu harus menghindari makanan olahan, seperti sosis, ham, buah kaleng, dan makanan olahan lainnya  jika kamu ingin menerapkan clean eating.

Kamu juga dianjurkan untuk mengolah atau memasak makanan kamu sendiri dengan catatan tidak memasak bahan makanan dengan lama dan tidak menggunakan banyak bumbu perasa makanan, seperti gula, garam, dan minyak. 

At its simplest, clean eating is about eating whole foods, or "real" foods — those that are un- or minimally processed, refined, and handled, making them as close to their natural form as possible – Fitness Magazine
source: http://www.fitnessmagazine.com/weight-loss/plans/diets/clean-eating/
source: http://thefithousewife.com/2013/08/clean-eating.html/

Clean Eating Is Not A Diet

Perlu kamu tahu, clean eating itu berbeda dengan diet. Clean eating memiliki konsep dan tujuan yang berbeda dengan diet. Jika diet lebih terfokus kepada menurunkan berat badan, clean eating lebih menekankan pada lifestyle tentang memilih jenis makanan yang lebih sehat dan mengolahnya sendiri, sehingga kesehatan tubuh kamu bisa meningkat karena berkurangnya zat-zat beracun yang masuk melalui makanan. Jadi, clean eating bisa dikatakan sebagai cara menjaga gaya makan agar tubuh menjadi lebih sehat, bukan menjadi kurus.

The soul of eating clean is consuming food the way nature delivered it, or as close to it as possible. It is not a diet; it’s a lifestyle approach to food and its preparation, leading to an improved life – one meal at a time.
source: http://www.cleaneatingmag.com/food-health/food-and-health-news/what-is-clean-eating/

Cara Menerapkan Clean Eating

Jika kamu tertarik untuk hidup sehat dengan menerapkan clean eating, berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Berhenti mengonsumsi junk food dan fast food, seperti pizza, hamburger, soda, dll.
  2. Makan secara teratur sebanyak 5-6 kali dalam sehari. Kamu bisa mengonsumsi makanan berat sebanyak 3 kali dan diselingi mengonsumsi camilan atau snack sebanyak 3 kali. Asupan makanan yang teratur pada tubuh akan membuat tubuhmu tetap bertenaga dan bisa membakar kalori lebih baik.
  3. Pilih bahan makanan organik setiap kali berbelanja.
  4. Hindari memilih bahan makanan olahan dan kemasan.
  5. Pilih sumber protein melalui ayam, ikan, telur, dan daging tanpa lemak.
  6. Meminum 2 liter air setiap hari untuk mempercepat proses metabolisme dan membuang racun pada tubuh.
  7. Jika kamu memasak, hindari menggoreng makanan dan utamakan mengolah makanan dengan cara merebus, mengukus, dan memanggang.
source: http://elevationfitnessclub.com/nutrition/

Itulah penjelasan mengenai trend clean eating yang saat ini tengah popular di Indonesia. Dengan menerapkan clean eating, kamu bisa hidup lebih sehat dan tampil lebih cantik dengan tubuh sehat dan enerjik. Kamu bisa mencoba menerapkan clean eating dengan cara-cara yang telah disebutkan sebelumnya. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Ayo tinggalkan komentarmu!