1. Memulai Program Lari

Jika Minasan masih sangat baru untuk memulai kebiasaan lari, Minasan dapat mencoba membuat training plan.

2. Ceritakan pada Orang Lain

Ceritakan kebiasaan baru Minasan pada orang lain, atau dengan update di media sosial dapat membantu Minasan dalam membangun kebiasaan lari. Dengan menceritakan pada orang lain membuat Minasan semakin terpacu untuk berlatih ketika ada orang-orang yang menanyakan kelanjutkan dari kebiasaan Minasan.

3. Berlatih untuk Sebuah Race

Dengan menantang diri Minasan untuk mengikuti sebuah run race dapat membantu Minasan untuk terpacu dalam berlatih. Mulailah dari race dengan jarak paling dekat seperti 5K atau fun race.

4. Membuat Catatan Lari

Catatan lari membuat Minasan mengerti seberapa besar progres lari yang sudah kamu lakukan. Minasan dapat mencatatnya di sebuah buku catatan, atau menggunakan aplikasi lari seperti Endomondo atau Nike+.

5. Jangan Terlalu Berlebihan

Segala sesuatu yang berlebihan memang kurang baik ya, Minasan. Jangan terlalu cepat 'panas' ketika melihat orang lain sudah mencapai jarak lari yang jauh. Jangan pula terlalu memaksakan diri untuk berlatih berlari 10K setiap hari jika Minasan masih pemula. Dengan berlatih berlebihan sangat mudah bagi Minasan untuk cedera.
Ketika memulai latihan lari, perlu diperhatikan bagi Minasan untuk memilih sepatu lari yang tepat dan melakukan pemanasan untuk menghindari cedera.

6. Punyai Rencana Cadangan

Kondisi cuaca kadangkala sulit untuk diprediksi. Ketika cuaca buruk, misalnya hujan lebat, sedangkan seharusnya Minasan memiliki jadwal lari di hari yang sama, Minasan bisa membuat rencana cadangan apabila terpaksa tidak bisa lari. Saat ini sudah banyak treadmill atau berlari di ruangan indoor bisa menjadi pilihan saat cuaca tidak mendukung.

7. Hadapi Kebosanan

Akan ada saatnya Minasan mengalami kebosanan ketika lari. Minasan bisa mencoba rute baru atau mencari teman lari baru untuk tetap bertahan pada jadwal yang sudah ditetapkan.

8. Nikmati!

Ketika berlari, cobalah Minasan menikmati setiap langkah dan rute yang dilewati. Pikiran positif akan memotivasi Minasan untuk tetap berlari.