1. Kurang Tidur

Kurang tidur merupakan salah satu penyebab berat badan sulit turun padahal sudah melakukan diet dan olahraga. Pada dasarnya, manusia tidur minimal 7 atau 8 jam setiap harinya. Jika setiap hari kita tidur kurang dari 7 jam, dapat menyebabkan naiknya produksi kortisol, gula darah, dan produk insulin. Hal ini dapat membuat tubuh merasa lebih cepat lapar dan memicu tubuh menyimpan lebih banyak lemak.

source: http://littlehawke1702.tumblr.com

2. Kurang Minum Air Putih

Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Ada sekitar 60-70% bagian tubuh kita adalah air. Hal ini menunjukkan bahwa air putih sangatlah penting bagi tubuh kita. Air putih yang kita konsumsi dapat dimanfaatkan tubuh untuk membantu membakar lemar, membentuk otot, hingga mengeluarkan racun yang terdapat di dalam tubuh. Oleh karena itu, cukupi kebutuhan air di dalam tubuh dengan banyak minum air putih atau minimal sebanyak 8 gelas setiap hari. Selain itu, dengan banyak minum air putih juga dipercaya dapat memicu untuk makan lebih sedikit.

source: http://blog.doctoroz.com/oz-experts/how-to-make-sure-your-drinking-water-is-safe

3. Sengaja Makan Terlambat

Mungkin masih banyak diantara kamu yang mengira bahwa dengan menunda waktu makan dapat membantumu menurunkan berat badan. Sengaja menunda waktu makan justru dapat merusak program diet yang sedang kamu jalankan. Mengapa? Karena dengan kamu telat makan, tentu dapat membuatmu merasa lebih lapar sampai ketika makan, kamu merasa kesulitan menahan diri sehingga makan dengan porsi yang tak terkontrol. Mungkin terdengar sepela namun sangat fatal akibatnya.

source: http://www.femside.com/health/diet-fitness/6-dieting-myths-to-bust-right-now/

4. Balas Dendam

Selain telat makan, kebiasaan tak disadari seperti ‘balas dendam’ bisa menjadi kesalahan besarmu saat sedang menjalani program diet. Setelah semangat melakukan olahraga, sangat wajar tubuh merasa lelah dan lapar. Yang menjadi tidak wajar adalah setelah lelah berolahraga dan merasa sangat lapar kemudian melampiaskannya dengan makan secara berlebihan. Apabila jumlah kalori yang dikonsumsi lebih banyak dari jumlah kalori yang dibakar atau dikeluarkan, tentu bukannya berat badan semakin turun, melainkan akan semakin naik. Dengan kata lain, diet yang kamu jalani gagal total.

Nah, itu dia 4 kesalahan yang sering terjadi dan dapat menggagalkan dietmu. Hindari keempat kebiasaan tersebut untuk membantu kelancaran dan keberhasilan program diet yang sedang kamu jalani.