Seperti gaya hidup vegetarian pada umumnya, vegan kosmetik tidak melibatkan hewan dalam proses pembuatan ataupun testing. Melibatkan hewan dalam produk kecantikan kita dianggap sebagai hal yang kejam. Seperti pernyataan dalam blog petaasiapacific.org berikut, Minasan :
"Meat is murder. Leather and fur kill. Animal experimentation is evil. We all know these things, but we need to beware of cruel animal ingredients even in our beauty and body-care products. We don稚 want to hurt animals for our taste buds, so why would we want to put dead animals on our skin and hair?,"
source: http://blog.petaasiapacific.com/animal-experimentation/beauty-and-the-vegan
Untuk mengetahui apakah sebuah produk kosmetik vegan atau tidak, Minasan sebagai konsumen harus cerdas. Bisa diawali dengan googling informasi tentang bahan baku yang ada dalam kosmetik kita atau riwayat perusahaan tersebut. Apakah dia vegan? Nah, untuk mempermudah Matome kasih beberapa petunjuk, apa saja bahan baku kosmetik yang terbuat dari bahan baku hewani.
source: http://www.beautylish.com/a/vxycr/how-to-tell-if-your-makeup-is-truly-vegan
・Beeswax : Biasanya ada di produk perawatan atau kecantika bibir ・Carmine : Ada di serangga jenis cochineal atau serangga yang dibunuh dan menghasilan warna merah untuk lipstik dan pink untuk blush on; ・Allantoin : Terbuat dari uric acid yang ada pada sapi atau hewan mamalia lainnya. Allantolin biasanya digunakan untuk mineral make up. ・Collagen : Bahan kosmetik yang satu ini biasanyan terbuat dari plasenta hewan atau manusia. ・Elastin : Ada dalam maskara yang biasanya terbuat dari salah satu organ sapi.
source: http://www.onegreenplanet.org/lifestyle/the-ultimate-vegan-makeup-guide/
Bahan-bahan kosmetik lainnya yang terbuat dari hewan, bisa Minasan cek disini ya :

I'm not vegan
URL:   http://www.beautylish.com/a/vxycr/how-to-tell-if-your-makeup-is-truly-vegan

Peruasahaan yang memiliki produk vegan kosmetik mengganti bahan-bahan hewani tersebut dengan bahan sintetis atau tumbuh-tumbuhan. Tidak perlu membunuh kan Minasan untuk menjadi cantik? Mau tahu brand apa saja yang terkatagorikan sebagai vegan kosmetik? Nih ada listnya buat Minasan..
source: https://sunipink.wordpress.com/tag/vegan-cosmetics/

I'm vegan!
URL:   http://www.peta.org/living/beauty/12-great-vegan-makeup-products-10/

Minasan harus tetap update dan kritis untuk mengetahui, apakah list perusahaan yang produknya termasuk vegan kosmetik ini benar-benar vegan atau sudah tidak termasuk dalam vegan kosmetik. Caranya, aktif dalam komunitas-komunitas atau baca banyak literatur. Peta, salah satu organisasi non pemerintah yang memberi perhatian khusus terhadap perlindungan hewan, juga menyediakan list perusahaan yang produknya termasuk vegan lho, Minasan.

Peta's vegan cosmetics search
URL:   http://features.peta.org/cruelty-free-company-search/index.aspx

Bisa juga meniru banyak beauty blogger yang langsung mengirim surat elektronik pada perusahaan kosmetik. Ngga ada salahnya lho kritis untuk menyelamatkan bumi.
Sekarang, ambil salah satu kosmetik Minasan . Search, apakah dia termasuk vegan?