Ya, keduanya dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin maupun mineral serta zat gizi lainnya. Bahkan sayur dan buah mengandung serat, vitamin, mineral serta air yang terkadang tidak bisa kita dapatkan dari sumber makanan lainnya. Ahli Gizi Jansen Ongko juga menyebutkan bahwa makan buah dan sayuran dengan berbagai warna sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Harapannya agar fitonutrisi penting yang terdapat di dalamnya bisa kita dapatkan. Setiap warna sayur dan buah memiliki zat gizi yang berbeda-beda pula. Namun, kamu tidak bisa mengganti semua makanan hanya dengan buah dan sayur saja. Cara mengonsumsinya tak harus dimakan biasa sebagai sayuran yang dihidangkan di meja seperti saat makan pagi atau siang. Berikut cara mudah untuk mengonsumsi sayuran dan buah.

1. Salad

Coba ganti camilan seperti keripik kentang dan choco chip cookies dengan salad sayuran dan buah. Perhatikan juga cara pengolahannya agar nutrisi dapat terserap dengan baik. Sayuran bahkan perlu didampingi dengan sedikit lemak agar mikronutrisinya bersifat fat soluble (larut lemak) sehingga lebih mudah terserap di dalam tubuh. Kamu bisa menambahkan dressing olive oil pada salad atau bumbu kacang seperti pada gado-gado. Jika tidak suka dengan salad hambar bisa tambahkan yoghurt tanpa rasa.

Menurut Jansen, sayuran perlu sedikit didampingi lemak agar mikronutrisi bersifat fat soluble (larut dalam lemak) agar bisa diserap oleh tubuh secara maksimal.
source: http://www.femina.co.id/article/mengolah-buah---sayuran
source: http://cathe.com/to-absorb-more-nutrients-from-a-garden-salad-choose-the-right-salad-dressing

2. Tambahkan ke Menu Sarapan

Jika kamu membuat sereal sebagai menu sarapan, tambahkan buah. Strawberry, raspberry, blueberry dan kiwi bisa dikombinasikan dengan seral atau oatmeal. Bila tidak suka buah yang memiliki rasa asam kamu bisa menggantinya dengan pisang. Buah berwarna kuning ini bahkan cukup populer di kalangan para atlet yang dikenal sebagai sumber energi.

source: http://www.recipeshubs.com/healthy-fruit-oatmeal/37910

3. Kombinasi dengan Menu Makanan

Bila biasanya saat makan siang atau malam hanya mengonsumsi satu jenis sayuran, tambahkan sayuran lainnya ke dalam piring. Setidaknya kamu perlu menyediakan minimal dua jenis sayuran berbeda seperti kombinasi lalapan sayuran mentah yaitu tomat, terung atau mentimun. Namun pastikan sayuran sudah dicuci bersih. Perhatikan juga cara pengolahan makanan yang tepat agar kandunga gizinya tidak hilang. Seperti tidak memasak sayuran terlalu lama atau berubah warna. Selain itu, perhatikan juga karena ada sumber makanan yang tidak boleh dikonsumsi mentah. Karena masih mengandunga zat gizi yang berbahaya untuk tubuh seperti kacang merah, kacang kedelai dan bayam.

source: https://smartdetoxid.com/bagaimana-cara-menurunkan-berat-badan-dengan-cepat-dan-aman/

4. Smoothie

Kamu bisa membuat smoothie yang lebih mengenyangkan. Beberapa sayuran yang bisa digunakan sebagai smoothie seperti bit, selada, bayam, daun mint, seledri. Biasanya beberapa diantaranya menambahkan chia seed atau flax seed untuk tambahan nutrisi.
 

source: http://www.wogibtswas.at/t/smoothie-selber-machen

5. Jus

Jus menjadi cara yang tepat untuk kamu yang tidak suka mengonsumsi sayuran dengan cara biasa. Kamu bisa menambahkan sayuran atau buah yang lebih bervariasi. Mengonsumsi sayuran dan buah dalam bentuk jus akan mempermudah untuk mendapatkan nutrisi harian lebih cepat daripada mengonsumsi secara sendiri-sendiri. Namun sebaiknya hindari menambahkan gula ataupun susu kental manis untuk mencegah penambahan kalori. 

source: http://delitefulmeals.com/2016/04/03/what-you-dont-serve-fruit-juice/