Apa Itu Blackhead?

Memahami apa itu sebenarnya komedo menjadi salah satu bagian yang penting sebelum memulai treatment untuk menghilangkannya. Pada dasarnya komedo adalah pori-pori yang tersumbat dengan campuran sel-sel kulit mati, minyak, dan Propionibacterium acnes (P. acne), bakteri yang berkembang pada protein dan minyal dalam pori-pori kulit penyebab jerawat.

source: http://www.refinery29.com/get-rid-of-blackheads#slide-1

Komedo itu sendiri dibedakan menjadi dua tipe, yaitu blackhead (komedo terbuka) dan whitehead (komedo yang tertutup). Blackhead biasanya muncul di permukaan kulit, terpapar oleh udara sehingga teroksidasi dan berubah menjadi kehitaman. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa blackhead mengganggu penampilan.

1. Andalkan Asam Salisilat

Asam salisilat merupakan opsi terbaik untuk menghilangkan balckhead, dan bisa kamu temukan di beberapa counter untuk acne treatment. Cara terbaik untuk menggunakan asam salisilat adalah dengan cara dioleskan setidaknya dua hari sekali pada permukaan wajah. Asam salisilat dapat membantu pergantian sel-sel kulit, membuka pori-pori kulit yang tersumbat. Kamu bisa memulainya dengan penggunaan facial wash yang dilengkapi dengan kandungan asam salisilat.

Neutrogena Oil-Free Acne Wash
Clinique Anti-Blemish Solutions Clinical Clearing Gel

2. Eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi secara rutin juga menjadi salah satu cara agar wajah terbebas dari blackhead. Scrubing dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menjadi penyebab tersumbatnya pori-pori. Pilihlah face scrub yang lembut dan gunakan setidaknya sekali atau dua kali dalam seminggu. Terlalu sering melakukan eksfoliasi juga tidak disarankan.

Garnier Clean + Blackhead Eliminating Scrub

3. Coba Retinoid

Retinoid juga menjadi salah satu bahan yang disarankan untuk membantu menghilangkan blackhead. Seorang dermatologis bernama Rebecca Kleinerman pun juga mengatakan bahwa retinoid merupakan treatment yang baik untuk blackhead. Meskipun mungkin para pemilik kulit sensitif lebih memilih untuk menghindarinya, ada beberapa pilihan produk dengan kandungan retinoid yang tidak terlalu kuat. 

Olay Regenerist Intensive Repair Treatment

4. Jangan Pencet Blackhead dengan Jari

Mengatasi blackhead dengan cara dipencet dan dikeluarkan dengan jari sangat tidak disarankan oleh para ahli dermatologis, karena adanya risiko terjadinya infeksi atau meninggalkan bekas luka. Jika kamu memiliki permasalahan yang cukup serius, sebaiknya kunjungi ahli kecantikan untuk lakukan treatment khusus. 

source: http://915blog.com/beauty/flawless-skin-with-dmk/

Perawatan yang ditawarkan biasanya dengan cara mengaplikasikan enzyme mask yang dikombinasikan dengan steam untuk membuka pori-pori kulit wajah, kemudian blackhead dikeluarkan dengan memberikan sedikit tekanan menggunakan alat khusus.

5. Jangan Lupakan Pelembap

Metode dan produk perawatan yang ditujukan untuk menghilangkan blackhead memiliki kecenderungan membuat kulit menjadi kering. Oleh karena itu, melembapkan kulit menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan. Jika retinoid membuat kulitmu kering, cobalah untuk aplikasikan setelah menggunakan pelembab. Selain itu, pastikan untuk memilih produk dengan formula non-comedogenic dan non-acnegenic yang telah terbukti tidak menyebabkan pori-pori kulit tersumbat dan munculnya jerawat.

Clean & Clear Advantage Acne Control Moisturizer
Aveeno Clear Complexion Daily Moisturizer